googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Filter Udara Aspira, Lebih Murah Kualitas Genuine

Filter Udara Aspira, Lebih Murah Kualitas Genuine




Halo Brosis

Pada sektor perawatan kendaraan khususnya verza tunggangan keseharian saya filter udara adalah yang patut mendapat perhatian, karena bisa dibilang nyawa untuk motor tetap dalam kondisi sehat adalah filter udara yang mumpuni dalam menyaring udara sebelum memasuki ruang bakar.

Di Honda verza, saya sudah melalukan beberapa kali pergantian filter udara tercatat setiap 8 bulan saya mengganti filter udara verza yang menggunakan model kertas. Model kertas pada filter udara diyakini sebagai model filter yang paling mampu menyaring udara paling bersih dibanding filter udara busa.
Bukan filter udara model busa tidak bagus, namun untuk perawatan alias free maintenance filter udara model kertas lebih bebas perawatan, namun kelemahannya sudah pasti hanya sekali pakai alias tidak bisa (dianjurkan) untuk di cuci.

Tentu saja hal itu amat memberatkan bagi sebagian orang, khususnya yang berbudget cekak, mau di modif model busa seperti yang pernah saya lakukan tentu ada plus minus, plus lebih murah, minus harus rajin membersihkan dan tentu rasa tidak sama, ada rasa ompong saat menarik thortle gas.

Selain itu alternative lain ada memakai filter udara aftermarket alias KW, saya juga pernah mencoba filter udara seharga lebih dari 1/3 harga filter original merk HGP, hasilnya, tetap ada sedikit rasa ompong saat menarik gas, dan juga kertas filter udara juga kering dengan jarak antara kertas renggang, alhasil penyaringan udara kurang maksimal yang tentu saja akan membuat thortle body lebih cepat kotor.

Merk Aspira
Ternyata ada juga solusi lebih hemat belasan ribu daripada membeli filter udara genuine, yap pakai merk Aspira beli dengan harga 33 ribu saja, selisih 17 ribu lumayan kan. Tentu saja tidak hanya pertimbangan merk yang bukan kaleng-kaleng toh aspira memang ditujukan untuk pasar satu tingkat pas di bawah sparepart Genuine pabrikan.

Tidak percaya dengan merk, mari dibandingkan dengan filter udara genuine HGP, setelah di jejerkan , ternyata jumlah dan kerapatan kertas udara sama, dan dimana filter udara merk aspira juga agak sedikit basah guna menangkap dan menyaring kotoran di udara.

serat kertas sama persis jumlahnya
Jadi setelah di teliti, sebenarnya aspira lebih agak overkill, terlebih selain dengan harga yang lebih murah juga packaging lebih niat dibanding genuine yang tidak menyertakan kardus kemasan dalam penjualan, sedangkan aspira ada kardus kemasan dan dibungkus plastic di dalamnya, bukan sesuatu yang penting tapi jujur lebih meyakinkan dan menarik.

plus kardus kemasan lebih bagus dibanding hgp 
Minus.
setelah dipasang, ternyata ada sedikit permasalahan yaitu tidak PNP 100 persen masuk ke box filter udara, ada bagian sisi yang harus dipaksakan masuk, hal ini karena plastic body filter yang terlalu lebar dimensinya, solusinya Cuma dua paksa masuk dengan menekan atau dibakar body plastic agar sedikit lentur dan mau masuk rata dan sempurna di box filter udara.

perlu di tekan agar rata
Impres
Setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian dengan jarak kurang lebih 5 ribu km impresi yang di dapat bisa di bilang sama saja dengan filter udara genuine Honda genuine parts. Tarikan motor sama tidak ampang (kosong) dan loss tanda filter udara bekerja sebagaimana mestinya yaitu menyaring udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Setelah dicek pasca 5 ribu km pun filter juga kotor normal layaknya filter udara genuine tanda mampu menangkap kotoran sebagaimana mestinya (maaf kelupaan foto)

So selain pemasangan yang memang harus sedikit dipaksa selebihnya saya no complain memakai filter udara Aspira ini, selisih belasan ribu memang tidak seberapa tapi lumayan sedikit menghemat TANPA harus mengorbankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a comment