googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Naked Bike Cc Kecil Eksotis Sulit Laris Di Indonesia, Wajar Ini Penyebabnya

Naked Bike Cc Kecil Eksotis Sulit Laris Di Indonesia, Wajar Ini Penyebabnya



Halo Brosis

Di tengah jenuhnya pasar motor sport, 2016 lalu yamaha berani melahirkan Xabre yang saat itu memang digadang-gadang mengisi kelas nakedbike premium di kelas 150cc, dibanderol 30 jutaan yang bisa dikatakan sebagai naked bike 150cc termahal di Indonesia.

Hal itu wajar mengingat seabrek tampilan perlentenya juga dibekali piranti yang tidak biasa untuk kelasnya. Swingarm aluminium, Suspensi Depan USD, dan desain yang bukan termasuk katagori biasa, setelah kurang dari 3 tahun kiprahnya dilanjutkan oleh MT15 yang masih anget diluncurkan awal tahun lalu.


Namun, meski di awal peluncurannya xabre sampai sekarang angka penjualannya tidaklah tinggi, pantas saja honda yang di Thailand adem ayem dengan cb150exmotion-nya tidak gegabah nyemplung di segmen ini.

Tentu layunya segmen motor ini bukan tanpa sebab, ada beberapa hal yang menyebabkan segmen ini tidak akan berkembang, meski jika laku pun tetap akan laku, yaitu sebagai berikut.

Kurang Fungsional,
Tampilan perlente bukan jaminan akan laku loh apalagi ini motor 150cc naked lagi, tentu tidak semua orang suka akan motor jenis ini, terlebih masih ada kaum fungsionalis di segmen ini.

Loh bukannya motor sport tidak pernah fungsional secara maksimal, yap tentu namun naked eksotis ini tentu tidak akan fungsional seperti jok boncenger xabre/mt15 atau juga cb exmotion yang kurang user friendly, bahkan ada joke yang menyebut jok boncenger xabre adalah jok boncenger paling tidak manusiawi diantara motor naked lain, sudah tinggi-sempit-kecil” walhasil ketika duduk di atasnya sudah seperti duduk penuh derita hehehe (this joke).

Itu baru bicara jok, hal lain seperti behel yang sebenarnya fungsional juga terkadang menjadi alasan,

Pricing (Harga),
Xabre di awal peluncuran di banderol 30 jutaan, mt15 kini nangkring di angka 34 jutaan dan cb exmotion kabarnya di Thailand lebih mahal dari harga xabre dan mt15 di Indonesia.

sumber
Harga motor jenis ini memang termasuk tricky atau stigma bagi sebagian bikers Indonesia yang “mending-mending” tentu jadi momok tersendiri. Selisih dibanding naked entry yang menggunakan basis mesin sama pun terlalu jauh, vixion-mt15 selisih hampir 7-8 jutaan,ncb-cb exmotion juga kalaupun di pasarkan (kemungkinan) ada di selisih yang sama seperti yang dilakukan Yamaha.

Motor Kapasitas lebih besar dengan Harga Tidak Jauh Beda
Itu bicara motor yang sejenis sama-sama naked, di kisaran harganya bercokol sport fairing 150cc bahkan kalau mau up 3-4 juta kawasaki sudah menyediakan RR mono untuk di pinang, untung saja z250sl belum di pasang oleh kawasaki di bawah rr mono secara harga, kalau mau tentu akan semakin gencet saja motor naked eksotis ini.

Itu baru bicara harga jika dibandingkan dengan motor yang sama-sama baru, dan di Indonesia itu juga tidak akan lepas dibanding-bandingkan dengan barang second (motor second), tentu di 34-35 jutaan akan langsung ada kompetitor hebat di motor second seperti z250, ninja 250, r25,mt25 yang sudah pasti jika konsumen beli barang “tidak harus baru” bikers  tersebut akan galau segalau-galaunya.


Memang Segmented
Jadi dari beberapa alasan di atas, bisa dikata simpulan sederhana adalah pangsa motor ini memang bukan segmen yang gemuk atau potensial, dan cenderung masuk ke motor hobby yang tidak semua bikers suka dan butuhkan”.

Konsumennya tentu bukanlah pemuja kecepatan, pemuja 2 silinder second yang mengharapkan eargasme karena suara deru knalpotnya. Tapi memang di harga 35 jutaan untuk naked dengan tampilan dan fitur perlente hanya orang yang demen (suka pakai banget) hanya karena tampilan tanpa peduli alasan tetek mbengek seperti alasan-alasan yang saya kemukakan di atas.

Semoga bermanfaat





No comments:

Post a Comment