googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Akankah Semua Matic Hijrah ke Roda 12 inch ? Nanti Dulu

Akankah Semua Matic Hijrah ke Roda 12 inch ? Nanti Dulu


Halo Brosis

Sudah lama motor matic yang beredar di Indonesia kebanyakan menggunakan kaki-kaki dengan diameter roda 14 inch, tentu saja tidak hanya 14 inch , ada juga lingkar yang lebih besar seperti 16 inch meski saat ini sudah tidak ada lagi, tercatat hanya piagio liberty , suzuki skywave, dan suzuki hayate yang menggunakan lingkar roda terbesar untuk matic mainstream.

Lalu ada yang menggunakan lingkar roda kombinasi depan-belakang berbeda seperti Xmax dimana depan 15 inch dan belakang 14 inch. Yang lebih kecil ? ada yamaha nmax dengan lingkar roda 13 inch.


Lingkar kaki 12 ada juga di motor piagio yang sebenarnya segmented sebagai motor matic semi premium, baru honda dengan new Scoopy LED di 2017 lalu kembali booming roda 12 inch lalu, yang fresh ada yamaha freego dengan diameter yang sama 12 inch.
Sebenarnya matic dengan roda 12 inch bukanlah sesuatu yang wah banget, bahkan di luar negeri gak usah jauh-jauh tengok negeri nongpoy (Thailand) sudah lazim menggunakan diameter roda 12 inch, bahkan tidak hanya matic, motor bantet kecil seperti monkey ksr dan sejenisnya pun juga menggunakan lingkar roda yang mini loh, 

Antara Feel Berkendara, Ikut Desain, dan Tampil Beda Saja
Lantas apa alasan digunakannya di motor matic semi mainstrem di skutik Jepang macam Scoopy dan Freego. Sebenarnya jawaban sahih/teknisnya tidak ada, tapi dari apa yang saya cari penggunaan roda 12 inch dengan rasio yang lebih lebar (biasanya juga tebal) memberi fell berkendara yang baik entah itu kestabilan atau handling.


Lalu ada yang berakar karena desain mau tak mau harus memakai roda 12 inch ini sekaligus sebagai sesuatu untuk mengemas produk yang tampil beda saja dari kacamata saya, seperti new scoopy yang mencari desain se-compact mungkin untuk tampil semenarik mungkin dan freego yang mengincar bagasi bawah jok yang lebih luas keduanya tentu dibantu dengan roda 12inch toh untuk mencapai apa yang diinginkan dari motor tersebut.

Tidak mencolok perbedaan  
Secara perbedaan dengan 14 inch sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan mencolok dengan 12 inch, seperti soal tinggi atau segitiga berkendara, terbukti di honda scoopy 12inch malah lebih tinggi (ground clearance) sedikit dibanding versi lama 14 inch (selisih 3mm). Begitu juga freego yang meski tampil padat dan bantet sekalipun motor tersebut jauh dari kata pendek.
Semua perbedaan yang harusnya kentara tersebut sebenarnya hanya soal bagaimana pabrikan mengatur geometri sasis dan suspensi saja, diameter roda 12 inch ya mau tidak mau sasis nggak boleh sama dengan motor diameter roda 14inch bisa tenggelam tuh motor, begitu juga suspensi pun tidak bisa sama.

Diameter lebih kecil tapi lebih lebar dan tebal sebagai kompensasi
Jika old scoopy hanya butuh kombinasi lebar velg dan ukuran ban 185inch (depan) ban 80/90 dan 215 (belakang) ban 90/90, maka new scoopy butuh lebar velg lebih lebar 215 depan dan 250 belakang dengan kombinasi ban lebih lebar yaitu 100/90 depan dan 110/90 belakang.

Jadi semakin kecil diameter roda wajib hukumnya memperlebar ukuran ban untuk mendapatkan ground clearance yang minimal sama, tidak lupa profil ban juga diperhatikan rasio lebar x tingginya dimana baik new scoopy maupun freego menggunakan profil tinggi rasio 90% dari lebar bannya. 

Lalu Apakah Semua matic mainstream akan pakai roda 12 inch

Sepertinya sulit untuk berkata iya, tapi sukar juga untuk mengatakan tidak, hal itu tentu akan berkaitan dengan segela aspek seperti akan digunakan seperti apa motor tersebut, bagaimana kondisi jalan yang dilalui, dan apakah harus/urgent hijrah dari roda 14 ke 12 inch.

Dilihat dari medan jalan yang dilalui, design dan target pangsa motor, dan urgensi hijrah keputusan untuk memakai diameter roda 12 inch masih belumlah tepat untuk motor matic mainstream di Indonesia seperti beat,vario,mio,addres, nex dan sejenisnya.

Medan jalan di Indonesia tentu masih jauh dari kata nyaman untuk bikers roda dua terutama matic, motor sport saja terbantu dengan diameter roda 17/18 inch plus kombinasi travel fork/ suspensi depan yang lebih panjang serta pilihan lebar ban yang bervariatif untuk setidaknya meminimalisir efek buruknya kondisi jalan.

Dengan diameter 14inch sebenarnya adalah batas limit untuk nyaman di segela medan, itupun sebenarnya nggak nyaman-nyaman banget alias ngepas, ada nmax dengan dimensi 13 itupun sudah terbantu dengan dengan geometri sasis dan suspensi depan plus dimensi yang bongsor.

Kemudian seberapa urgentnya untuk beralih dari 14 ke 12 inch , tidak adalah alasan mainstrem sebenarnya, toh jika dulu di diameter 18 atau 16 inch terbentur oleh minimnya variasi pilihan ban, tapi di diameter 14 inch saat ini pilihan ban justru melimpah ruah . mau ukuran berapapun ada mulai lebar cungkring seperti 70 atau gambot sampai up to 140 pun ada, bisa di bilang diameter roda 14inch adalah paling banyak variasi ukuran setelah 17 inch.

Meski begitu sukar jika menaifkan tidak akan beralih ke 12 inch untuk matic mainstream, tentu jika ada alasan kuat seperti pabrikan akan berorientasi global sehingga membuat sama persis di setiap negara tentu alasan itu sebenarnya perkara lain, tapi toh alasan kuat seperti itu bisa dimentahkan karena pangsa motor matic mainstream yang terbesar adalah di Indonesia, jadi untuk matic mainstream sepertinya pabrikan akan menyesuaikan input dari bikers tanah air terkecuali untuk segmen matic tertentu ,

biarlah pasar akan menyeleksi mana yang layak untuk dibeli,     

Semoga Bermanfaat

Sumber Gambar

No comments:

Post a Comment