googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Oli Q8 Formula 5w 40 Di Honda Verza, PCMO dengan JASO MA !

Oli Q8 Formula 5w 40 Di Honda Verza, PCMO dengan JASO MA !




Halo Brosis
Sudah 6 bulan lebih sejak terakhir kali ganti oli bersamaan dengan ganti kampas kopling Oktober 2018 lalu, dan odometer juga sudah menunjukkan jarak tempuh pemakaian oli kurang lebih 7500 an km (kalau gak salah, ane juga agak lupa, hehehe),

Yang pasti 6 bulan lebih motor benar-benar dipakai seperti biasa rute ala-ala sehari-hari sidoarjo-Surabaya muatan juga bervariasi mulai sendiri-boncengan sampai muat barang dagangan.

Yang pasti seringan-ringannya muatan ya sendiri 96 kg bersih, sih, kalau khilaf sama barang dagangan bias hamper 2 kwintal, maklum bukan motor manja apalagi rumahan, hehehe.Review 

ADO setelah 6 bulan lebih pemakaian
Peforma amsoil diesel turbo diesel truck (ADO) memang sudah tidak perlu diragukan lagi, istilahnya masa oli dieser hamper top tier harga lebih dari 100 ribu (130 ribuan) gak enak dipakai di motor, puas lah sesuai harganya.



Saat saya drain dengan pemakaian 6 bulan lebih penyusutan ada sekitar 200 ml dari 900ml yang saya tuang dari kapasitas normal oli mesin 1000ml. jadi isi botol amsoil 946ml, 46-50ml dulu saya buat rendem kampas kopling dan 900ml sisanya ane cemplungin ke bak oli tentu dengan ambang batas 100ml kekurangan dan kelebihan dari kapasitas normal 1000ml adalah 900ml dan 1100ml.

Q8, Oli Kuwait Made In Eropa sudah JASO MA !
Karena dua kali pemakaian amsoil Ado sudah puas, next saatnya memang harus mencoba oli lain, kebetulan akhir tahun lalu saya beli oli Q8 formula 5w-40 dengan harga yang sangat menarik dan valuable.

Q8 sendiri merupakan oli dari produsen oli dari Negara timteng yaitu Kuwait ya masih saudaraan dengan oli wahabi lain macam Adnoc dan sjenisnya. Namun yang unik adalah ini oli produksi Belgia, ya Belgia yang terletak di eropa Sana.


Jadi ini oli dijual di Indonesia merk Kuwait Made In belgia, hmmm unik sekaleee
Berikutnya yang unik adalah dimana oli ini sudah ada sertifikasi JASO MA2 yang merupakan standart motor kopling yang dikeluarkan Jepang. Jadi q8 Formula 5w-40 API SN adalah satu-satunya oli PCMO (mobil bensin) yang memiliki sertifikasi JASO MA2 yang otomatis membuatnya halal digunakan di motor kopling celup,
Tapi hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang aneh, oli PCMO lain pun tidak menutup kemungkinan memenuhi standart JASO namun ya namanya oli PCMO sertifikasi JASO tentu mubazir, mengingat hanya orang edan saja yang pakai oli PCMO/HDEO di sepeda motor, dasar sesat, hehehe.

Oli q8 formula 5w-40 ini synthetic dengan base full VHVI bukan PAO apalagi Ester, kadar VI nya sekitar 160-an dengan TBN sebagaimana normalnya PCMO sejenis yaitu ada di angka 8 saja tentu jauh dibandingkan dengan ADO yang di atas 11.

Impresi, Khas PCMO
setelah pemakaian 1200an km tentunya afdol dong untuk saya menuliskan impresi pemakaian oli ini, dengan parameter pembanding oli sebelum-sebelumnya dengan viskositas yang sama yaitu Tq9k dan Amsoil ADO, test rute perkotaan saja non touring karena sudah vakum touring cukup lama, hehehe

Akselerasi, akselerasi q8 formula ini mumpuni seperti halnya tq9k yak has PCMO dengan gaya nglenyir, lebih cepat disbanding Ado tapi tidak terlalu signifikan perbedaannya tentu entengnya akselerasi harus dibayar (kompensasi) di sector lainnya.

Shifting Persneleng, smooth sama halnya seperti Ado shifting gigi persneleng q8 formula ini juga halus, tidak ada gejala miss gear selip , ceklik-ceklik

Top Speed, tidak ada perbedaan signifikan alias sama, hanya dengan karakter PCMO tentu lebih cepat memperoleh top speed.

Suhu, entahlah viskositas lebar 5w-40 baik q8,ADO, atau tq9k sejauh yang pernah saya pakai amat sangat-sangat baik dalam menjaga suhu mesin jadi untuk sector ini khas oli sebelumnya adem tidak ada masalah.

Engine Break, ini adalah kompensasi yang terasa karena entengnya akselerasi, yap, engine break PCMO q8 formula ini sama halnya dengan tq9k yaitu minim walhasil saya yang sebelumnya terbiasa dengan engine break HDEO Amsoil ADO yang manusiawi kini kembali harus kembali harus effort lebih ke kopling dan rem, alamat kampas rem cepet habis ini, hehehe


Bonus, sertifikasi JASO MA entah hanya sugesti atau memang begitulah adanya, memang sedikit banyak menambah gigitan kopling alias lebih nyakot (menggigit) dibanding saat memakai ADO maupun tq9k, tapi ini masih butuh riset dan telaah lebih untuk merasakan kebenarannya ya mungkin di pemakaian ke-2.

So, q8 formula untuk impresi awal sangat memuaskan dan hamper sama bagusnya seperti oli sebelumnya yang saya pakai, apalagi dengan harga kurang dari 100 yang saya dapatkan (harga normal lebih dari 100 ribu) tentu sangat worth it, tentu dengan JASO MA sudah tidak ada alas an lagi menyebut pemakai PCMO adalah kaum sesat , masih ngotot haros JALOS tutuk botol oli, hehehe

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment