googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Histori Yamaha Jupiter Z Series, Bebek Sporty Yamaha

Histori Yamaha Jupiter Z Series, Bebek Sporty Yamaha



Yamaha Jupiter Z Series
Jupiter bagi yamaha adalah nama yang ikonik dari sebuah lineup produk motor, ikoniknya sama halnya Honda dengan supra-nya begitulah Yamaha dengan jupiter-nya. Bahkan sampai saat ini masih dipakai sampai saat ini.

Mulai diperkenalkan Yamaha sejak akhir 2002 yang saat itu masih “Jupiter” doang alias Jupiter tanpa embel-embel Z yang baru beberapa tahun kemudian hadir. Jupiter z saat itu diposisikan sebagai motor bebek di atas vega series alias sebagai line up tertinggi motor bebek Yamaha saat itu.
Posisi Jupiter z lalu bergeser sebagai bebek mid alias kelas menengah, hal itu karena Yamaha mengeluarkan Jupiter mx sebagai top of the line alias flagship motor bebek Yamaha. Meski begitu Jupiter z tidak lantas kalah pamor. Di pertengahan tahun 2000-an bisa di bilang Yamaha Jupiter z motor bebek idola anak muda tentu seiring betumbuhnya pasar roda dua Yamaha Jupiter z hadir sebagai motor yang disukai kaum milenial saat itu.


Generasi,
Sejak diperkenalkan tahun 2002 yamaha Jupiter z series telah mengalami beberapa perubahan dalam tiap serinya, tercatat sudah 5 kali Yamaha mengevolusi Jupiter z series

  1. Yamaha Jupiter (2002-2004), hanya tersedia dengan pilihan velg jari-jari dengan 1 tone warna dengan strip tulisan Jupiter di body samping, warna yang tersedia hitam, orange, silver, dan merah mesin 102 cc
  2. Yamaha Jupiter z (2004- 2006), sebagai opsi upgrade dari Jupiter dengan embel-embel z dengan penambahan varian cast wheel palang 5 bewarna silver. Plus desain striping yang lebih inovatif dengan kombinasi dual tone warna seperti merah-hitam, biru-hitam, silver-biru, kuning-silver sedangkan kapasitas mesin naik menjadi 110 cc
  3. Yamaha Jupiter Z (2006 akhir-2009 akhir), seri Jupiter z ini akrab di masyarakat Indonesia dengan sebutan Jupiter burung hantu (burhan) karena headlamp depannya menyerupai mata burung hantu, desainnya mengalami perubahan mencolok di beberapa bagian seperti headlamp yang makin sporty, shroud depan dengan beberapa lekukan, dan pada bagian buritan Yamaha sedikit merevisi stoplamp dengan desain crystal lamp tajam desain secara keseluruhan lebih lancip dan sporty dibanding sebelumnya, warna velg palang berubah menjadi hitam, tapi mesin masih sama 110 CC hanya ditambah AIS agar lolos emisi euro 2.
  4. Yamaha Jupiter Z (2010-2013), pada gen ke 4 yamaha melakukan perombakan besar di jupiter z, bisa di bilang ini adalah all new karena mulai dari rangka, body, dan mesin semua berbeda dengan generasi sebelumnya. Kapasitas mesinnya meningkat menjadi 115 cc, desain bodynya bisa di bilang di seri ini adalah Jupiter z dengan shape paling tajam. Lampu depan masih dual head lamp tapi dengan skat hidung ditengah, shroud samping 3 dimensi, dan desain stoplamp belakang menyerupai salip.
  5. Yamaha Jupiter  Z1 (2013- sekarang), Yamaha akhirnya merevisi Jupiter z di tahun 2013, tidak semua dirubah. Lampu depan hanya mengalami sedikit revisi speedometer juga direvisi dari yang tadinya bulatan kembali ke aksen segitiga terbalik, desain shape depan 3dimensi dipertahankan akan tetapi desain stoplamp belakang direvisi karena desain Jupiter salib (sebelumnya) kurang disukai, mesinnya tetap 115 cc tetapi sudah dilengkapi dengan system pengkabutan injeksi.
Desain, Nungging Dan Tajam
Jupiter z dilahirkan Yamaha sebagai bebek yang sporty dan agresif, bisa di bilang Yamaha seakan emoh memaksakan desain sporty kalem macam Honda supra di jupiter , seakan Yamaha memang mengemas jupiter sebagai motor bebek yang mempunyai jatidirinya sendiri.

Langkah diferensiasi desain Yamaha ini pun tergolong konsisten mulai  dari jupiter lahir sampai saat ini mulai masa keemasan sampai masa kelam pun bahasa desain jupiter z tidak berubah sporty dan agresif.
Setidaknya bahasa desain sporty agresif jupiter tercermin dari dua aspek yaitu nungging dan tajam. Nungging di bagian buritan alias kontur jok meinggi dari depan ke belakang inilah yang disukai abg tahun 2000-an, disaat kompetior masih flat jok jupiter sudah nungging abis.

Lalu facia desain berikutnya adalah tajam, yap jupiter z bukan hanya nungging tapi juga tajam mulai shroud body samping depan sampai belakang harus ada sudut-sudut tajamnya sampai seri paling tidak laku yaitu jupiter z 115 2010 pun Yamaha konsisten dengan desain tajamnya.

Jenis Mesin
Sporty agresif sudah pasti harus kenceng, setidaknya begitulah jupiter z , ciri khas mesin jupiter z series adalah long stroke untuk mengejar akselerasi yang mumpuni. Mesin Yamaha jupiter z ada 4 jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Jupiter kode mesin 5LM 49mmx54mm dengan tenaga 8,3 PS@8000rpm dan torsi 8,8 nm@6500rpm
  2. Jupiter z 2004-2009 kode 5TP 110,3cc 51mmx54mm,  6,5kW @8000rpm dan torsi 9nm @5000rpm
  3. Jupiter z 2010-2013 kode 5D9 113cc 50x57,9 dengan tenaga 6kw@7500rpm dan torsi 8,3nm @4500rpm
  4. Jupiter z1 kode 1DY/2SU 113cc 50x57,9 dengan tenaga 7,4kW@7750rpm dan torsi 9,8nm@6750rpm
Jupiter z dengan Kode mesin 5TP sering di bilang sebagai mesin terbaik karena beberapa hal seperti mudah di oprek karena masih karburator, sparepart nya bejibun, dan tangguh tidak heran sampai saat ini mesin 5TP adalah favorit di dunia balap.

Sedangkan, meski bukan yang terbesar mesin jupiter z1 terbaru adalah yang terbesar tenaga dan torsinya tidak mengherankan memang karena mesin ini sudah menggunakan forget dan diasil cylinder alhasil meski kapasitas nya 115 cc sudah bisa menyamai bahkan melebihi mesin konvensional 125 cc yang notabene secara kapasitas lebih besar.



Sedangkan mesin paling kentang di seri jupiter adalah 5d9 yang secara kapasitas lebih besar dibandingkan pendahulunya (5TP) akan tetapi memiliki muntahan tenaga dan torsi yang inferior. Sedangkan mesin 5LM adalah yang paling lama dan memiliki keluaran paling kecil hal itu wajar mengingat kapasitasnya yang hanya 102 cc tapi soal ketangguhan bisa dikata 5LM yang paling tangguh karena masih turunan mesin Yamaha crypton.

Karakter Mesin & Handling
Satu persamaan dari beberapa jenis mesin Yamaha jupiter z adalah semuanya memiliki langkah stroke yang panjang alias long stroke. Mesin jenis long stroke dikenal memiliki akselerasi yang lebih bagus dibanding mesin overbore bahkan square sekalipun.

Hal tersebut menjadikan sesuai dengan karakter jupiter z yang agresif di putaran bawah dan menengah. Karakter nafas per gigi- nya cenderung pendek-pendek karena rasio giginya nya close, hal inilah yang menjadikan jupiter z menjadi motor dewa road race Indonesia sesuai dengan karakter pasar sengol yang tidak membutuhkan top speed tapi cenderung akselerasi yang cepat.
Sedang handling jupiter z sendiri khas motor bebek sporty , sampai saat ini jupiter z series terkenal akan handling yang superb dibanding kompetitornya. Salah satu kelemahan adalah saat digunakan berboncengan jupiter z menurun drastis baik tenaga dan handlingnya begitu juga saat digunakan untuk rute tanjakan yang terasa underpower.



Masalah & konsumsi bbm
sudah malang melintang hampir 20 tahun tidak banyak issue atau masalah yang dikeluhkan oleh pengguna  jupiter z. Hanya masalah kampas kopling di seri tahun 2010 dan stoplamp jupiter z 2010 yang sering oblak hal itu tak lepas dari desain yang terlalu nungging shape stoplamp terlalu lancip dan kurang kokoh pada seri 2010. Lainnya hampir tidak ada masalah atau keluhan yang fatal.

Sedang untuk konsumsi bbm Yamaha jupiter z tidak bisa dibilang irit namun tidak juga di bilang boros, alias sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan.

Seri Terbaik
Masa Keemasan Yamaha Jupiter adalah dengan Jupiter Z (2006 akhir -2010 awal) mengapa demikian ?, simple karena ini jupiter z terbaik. Desain sporty bisa di terima dan banyak yang suka, mesin tangguh dan mumpuni serta mudah dioprek dan pastinya masih karburator.

Bukan isapan jempol memang mengingat di serie paling ini jupiter z adalah yang paling laku dan harga jual kembalinya pun tergolong masih tinggi bahkan dibanding serie yang lebih muda/ baru sekalipun.

+ Desain Sporty dan Agresif
+ Handling Superior
+ Sparepart Melimpah
+ Part Modif Bejibun
+ Tangguh
- Loyo di tanjakan
- Underpower (tahun 2010-2012)


Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Salah satu bebek tangguh pada masanya, dulu sempat punya Jupiter Z putih hitam lansiran 2005

    ReplyDelete