googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti SSD, Upgrade Realistis Notebook Jadul

Ganti SSD, Upgrade Realistis Notebook Jadul




Halo Brosis 

Beberapa waktu lalu ketika sedang ngobar (ngopi bareng) seorang teman curhat menganai laptopnya yang mengalami beberapa trouble saat digunakan. Masalahnya ada beberapa seperti software photoshop yang tidak bisa digunakan, layar terkadang blue screen dan sekaligus yang paling menjengkelkan menurutnya yaitu laptopnya yang kini lemot.

Sebenarnya laptop teman saya ini tergoong cukup mewah (dulu) saat pertama kali beli, yaitu Asus NJ46V dengan procesor Intel core i7 generasi ke-4 yang dulu ia beli waktu kuliah, kebetulan juga teman saya ini berkecimpung di dunia desain dan editing video jadi saat itu laptop dengan spesifikasi tersebut wajib hukumnya bagi mahasiswa jurusan dkv, berbeda dengan saya yang untuk urusan kerjaan di depan komputer/laptop hanya berkutat di software tulis-menulis dan editing gambar ringan saja, hehehe.


Kembali ke topik, lantas teman saya ini menanyakan kepada saya, diagnosa pertama tentu bisa saja hardisk karena sudah barang tentu piringan cakram yang berisi data ini semakin uzur semakin menurun peformanya, kemudian persoalan blue screen (kemungkinan) besar dari ram yang mengalami gejala kerusakan.

Saran saya tentu ganti yang rusak dan upgrade yang mulai lamban, yap ganti dan upgrade ram dan upgrade storage dengan SSD, karena di zaman  now hampir tidak ada gunanya lagi tetap stay menggunakan hardisk di laptop, apalagi laptop yang digunakan untuk kerja produktivitas.


Oke awalnya teman saya ini sempat bimbang dengan pemilihan menggunakan SSD mengingat kapasitas yang tergolong kecil, tapi saya yakinkan cukup dan bisa, terlebih hardisk tetap bisa digunakan dengan dua pilihan pakai hdd caddy dengan mengorbankan slot dvd atau dijadikan hdd eksternal dengan membelikan case hardisk.

Setelah  ditimang dan di pilih kelebihan dan kelebihan akhirnya teman saya memutuskan untuk menjadikan hardisk laptopnya menjadi hardisk eksternal dengan membeli case. Segera pesan ram soddim ddr3 upgrade dari 4gb ke 8gb, lalu tak lupa SSD A data 240GB, total biaya Ram soddim ddr3 8gb, ssd 240gb, dan case hardisk kurang lebih 1,1 jutaan saja.

Untungnya laptop asus nj46V ini amat sangat mudah soal upgrade mengupgrade RAM dan storage, hanya membuka satu baut yang ada di bagian bawah untuk melepas casing bagian bawah setelah itu tarik ke bawah maka slot Ram dan storage sudah nongol.

Lepas ram bawaan, sebenarnya ada 2 slot ram di laptop ini, tapi mengingat ini laptop intel yang nggak perlu 2 slot ram  untuk working maksimal terisi seperti layaknya AMD, jadi konfigurasi 1x8gb dengan 2x4gb tidak akan berbeda secara signifikan, tinggal klik pengunci ram lepas dan pasang selesai.
lepas hardisk, cukup lepas 3 baut pengunci (lingkaran kuning)
Ganti ke sektor storage, untuk melepas hardisk 2,5 inch nya juga hanya perlu melepas 3 baut pengunci di setiap sisinya, kemudian tarik perlahan dari slot satanya dan lapaslah hardisk beserta 4 baut pengunci case-nya, lepas dan pasang ssd kemudian pasang seperti urutan melepas.

Lebih Cepat, Pastilah
Setelah proses penggantian yang tidak begitu lama, lalu dilanjut instalasi windows dan driver kemudian BAAAM !, teman saya yang punya kaget untuk soal kecepatan laptopnya, hehehe.

Bagaimana tidak dari yang sebelumnya booting windows hampir satu menitan sampai siap digunakan, kini setelah upgrade SSD cukup 10 detik saja. Pun demikian ketika buka tutup aplikasi juga otomatis lebih cepat, hampir tak ada lagging saat buka tutup aplikasi.

Last memang untuk laptop berumur yang belum familiar ssd dulu, cara upgrade ssd adalah pilihan yang worthed dari pada jual dan ganti baru, setidaknya kecepatan SSD yang 5x lebih cepat dibanding hardisk bisa membantu meringankan fungsi kerja laptop dalam menjalankan OS dan buka tutup aplikasi.

Lantas adakah kekurangan ? tentu ssd tidak akan bisa menyaingi hardisk dalam hal value kapasitas per gb nya dari segi harga, namun ssd saat ini yang semakin terjangkau dibanding saat dahulu pertama kali dikeluarkan sudah cukup untuk digunakan menjadi media penyimpanan yang rasional saat ini.

240 gb apakah cukup di laptop ? untuk software photosop, corel, AI, Adobe , dan Emu PUBG mobile sudah sangat cukup, setidaknya untuk menyimpan beberapa gambar dan video-video pendek lebih dari cukup, kalau kurang ya tinggal colok hardisk laptop yang kini jadi hdd eksternal beres, gitu aja kok repot.

Semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment