googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Corsa Cross S, Ban Dual Purpose Murah Peforma Lumayan

Impresi Corsa Cross S, Ban Dual Purpose Murah Peforma Lumayan


Halo Brosis

Ban belakang verza sejak pergantian terakhir saya pakai IRC NR25,di samping terjangkau juga saya tidak ada masalah berarti dengan ban bawaan verza ini. Grip cukup, handling lumayan karena profilnya yang tinggi soal keawetan 20-25 ribu km sangguplah sebenarnya ban ini, tercatat sampai saat ini saya sudah pakai 3 kali ini.

Yang pertama tentu bawaan motor, kedua 2,5 tahun lalu hingga saya ganti karena getas (produksi lama), dan yang terakhir setahun yang lalu.

Namun, bencana menghampiri ini ban sejak Agustus lalu, dimana hampir tiap bulan sampai bulan Desember awal ini rutin terkena ranjau paku, jiangkrek tenan kok pancen. Padahal di pemakaian sebelumnya selama setahun pemakaian lebih tidak pernah ada paku yang menancap. Kalau ini sudah pasti apes banget.


Sampai awal Desember jumlah tambalan sudah mencapai 5 buah tentu buanyak ranjau yang nancap mulai dari paku kecil, potongan seng, paku payung, sekrup komplit lah otomatis juga besar tambalan bervariasi, yang paling parah tentu pecahan seng dimana membuat ban terluka melebar otomatis di double cacing tambalan tublles, sampai pada akhirnya menyerah di awal bulan Desember ini dimana bocor alus di bekas tambalan.
Pesan penambal ban, toh percuma di tambal nggak akan bertahan lama, “mending ganti saja pak” ujar tukang pompa ban. Sayang memang mengingat ban masih lumayan tebal mungkin setahun lagi masih sanggup, tapi apa daya harus GANTI !

Corsa Cross S.
Langsung melipir ke bengkel penjual ban, clingak clinguk lihat berbagai merk ban, irc coret (bosan pakai), fdr (hmmm nanti dulu skip), aspira premio (depan aspira belakang aspira ? skip dulu), corsa s123 (skip terlalu keras, heheh), sampai akhirnya menatap ban dengan bungkus unik lah ini Corsa Platinum Cross S Ban semi TAHU !.
255 ribuan
Lalu pilih ukuran, sempat bimbang meminang antara 120/80 atau 110/80 sampai pada akhirnya saya pilih 110/80 mengingat inilah ukuran ban “paling ideal” untuk namplok di velg belakang verza yang punya ukuran 250 inch nggak donat nggak ngotak alias  PAS !

Langsung tanya harga ke penjual “255 mas”, juangkrik murah men, padahal saya cek di online shop yang tidak punya toko fisik saja masih 300 ribuan , tanpa tudung aling2 langsung bayar cash (yakale beli ban kredit :I), langsung pasang ke tukang ban langganan cuma 15 ribu rupiah , nggak takut velg boncel ? tenang tinggal bisiki “pak, dilemek I nggeh nek nyukil”. Dan ternyata saya dapat ban produksi 3118 artinya minggu ke 31 di tahun 2018 tergolong fresh disamping cross S baru dilaunching corsa di awal tahun 2018 ini.

fresh 2018
First Look
Pandangan pertama setelah di pasang, lebih ngepas dan lebih enak di lihat. Dari samping buritan motor tidak terkesan terlalu tinggi malah ini dengan komposisi depan pakai ban 90/80 dari samping ini paling cakep dan enak di lihat di verza.

sedikit agak rendah dibanding nr25 100/90
Beda saat pakai ban ukuran 100/90 yang tingginya minta ampun karena memang profil ban dengan tinggi 90 adalah untuk mengincar durability. Cek ban dengan bibir velg pun terlihat ngepass banget
Saat lihat dari belakang barulah ternyata tampak luas bidang 110 hampir sepenuhnya menapak sempurna layaknya ban 100/90 alias nggak ada istilah ngedonat, malah jika ban 100/90 terlihat kotak ban 110/80 di roda belakang verza lebih nampak proporsional secara tampilan.

Impresi
Impresi saat di naiki surprisingly tidak seperti dugaan saya, ternyata malah “sedikit” agak lebih pendek malah dibanding ban 100/90 perlu di catat tipis banget bedanya paling setengah sampai 1 cm, an, kaki saya yang biasanya jinjit kini agak mendingan.

Soal peforma, setelah 1000 km pemakaian awal yang saya rasakan bisa saya rangkum sebagai berikut
Handling motor lebih stabil baik di jalan lurus atau saat menikung, mungkin karena center of gravity motor lebih pendek jadi handling motor sedikit banyak naik.

Grip Lumayan, bukan yang superb atau istimewa kalau menurut berdasar feeling saya grip Cross S sesuai dengan harganya nggak beda jauh dengan NR25 tapi cenderung sedikit lebih baik. Untuk digunakan sehari-hari baik di jalan kering atau basah sudah mencukupi.

Bantingan agak keras, yap di jalan mix atau dengan simulasi melewati polisi tidur bantingan bagian belakang agak sedikit lebih keras (stif) tentu saja masih jauh lebih baik dibanding saat memakai ban 110/70 yang ceper. Corsa cross S ini sedikit lebih keras dibanding ban standart 100/90.

Akselerasi sama saja, tidak ada perbedaan yang berarti dibanding saat memakai ban dengan ukuran 100/90.

Kondisi Hujan Lebat so so, saya coba riding di jalan basah saat hujan lebat grip ban masih lumayan terjaga, tidak lengket seperti Michelin pilot yang dulu saya pakai, tapi dengan irc nr25 saya yakin saat hujan sedikit lebih baik. Tidak ada gejala selip belebih saat di jalan basah, tentu saja untuk hal ini asal rider tahu batas kemampuan ban tidak akan masalah.

Jalan Mix lumayan hajar, bukan jalan hutan belantara bebatuan, tapi kalau mix aspal, beton pasir atau bahu jalan pun corsa cross S ini lumayan terjaga gripnya, patern semi tahu nya lumayan mampu mengurai kontur jalan yang campur aduk.

nggak kotak atau ngedonat, PAS !
So untuk impresi dan kesan pertama lumayan memuaskan corsa cross S ini, apalagi dengan harga 255 ribu untuk ukuran 110/80-17 yang saya pakai. Soal keawetan tentu saja hanya waktu yang membuktikan , tapi untuk ban dengan compound medium dengan profil semi tahu untuk digunakan sehari-hari sudah lebih dari cukup, sedikit  di atas ban OEM bawaan motor namun tetap jangan berekspektasi terlalu tinggi.

 Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. wew kasih alamatnya dong masjoru , cross s nya bli dimana?

    miring harganya

    ReplyDelete