googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Kampas Kopling Verza, Bawaan Dengan Substitusi GL Series Beda Karakter

Kampas Kopling Verza, Bawaan Dengan Substitusi GL Series Beda Karakter



Halo Brosis
Seperti yang saya tulis di penutup artikel lalu mengenai fell perbedaan kampas kopling Honda verza asli dengan substitusi GL series. Kali ini lebih spesifik saya akan menjabarkan perbedaan utama keduanya, ya namanya beda harga beda juga impresinya ternyata.

Kampas kopling original verza ada 2 macam kampas yang terdiri atas 2 kampas kopling MR8-001 (bukan judger spring kecil macam tiger/mp) dengan dimensi yang sama dengan 3 kampas kopling kode KPM, perbedaan keduanya adalah tonjolan tapak gigi MR8 sedikit lebih lebar dengan selisih harga keduanya 8 ribu rupiah saja.



Kampas kopling ini sejatinya digunakan sejak new megapro sejak 2010 silam untuk kemudian digunakan di verza sejak 2013 dimana pertama kali verza lahir. Jadi jika brosis hendak membeli kampas kopling verza dikasih punya new megapro sebenarnya memang keduanya sama dari segi mesin, yang perlu diingat hanya kode kampas kopling saja MR8-001 sebanyak 2 biji dan KPM-850 sebanyak 3 biji.

Sedangkan kampas kopling substitusi yang banyak di temui di pasaran adalah milik GL series dengan kode 001 (kode tengah) yang banyak di jumpai di bengkel / penjual sparepart di jual satu set/ paket berisi 5 biji kampas kopling.


Dimensi dengan kamkop verza sama persis dengan jumlah kaki sebanyak 8 inilah solusi hemat dan cepat jika hendak mengganti kamkop verza. Hemat karena harganya hanya 90 ribuan saja untuk satu set berisi 5 biji kamkop, cepat karena bisa dipastikan semua toko/sparepart juga jual.

Berbeda Bahan
Setelah saya perhatikan kedua kampas kopling tersebut memang memiliki perbedaan khususnya dari segi bahan.

Kampas kopling gl series bahannya lebih ke asbes hitam dengan sedikit campuran resin terlihat ada bulir bewarna kuning emas seperti tembaga seperti kampas rem /disk pad original ahm. Bobot kampas kopling ini terasa lebih berat dibanding kampas kopling original verza baik dalam kondisi kering maupun setelah di celup oli.



Sedangkan kampas kopling original bawaan verza terasa lebih ringan, hal itu karena bahan yang diaplikasikan juga berbeda dimana kampas bawaan verza ini tonjolan bintiknya dari bahan semi kain dengan sedikit campuran asbes.

Impresi, Beda karakter !
Untuk memudahkan saya tulis karakter untuk setiap kampas kopling saja biar para pembaca tidak bingung jika di campur aduk menjadi satu.

Kamkop GL Series
Sudah 2 kali saya memakai kampas kopling GL series ini di Honda verza, 1 kali 5 lembar 1 kali 4 lembar, kok 4 lembar ? yap karena saya pakai punya grand yang secara fisik sama plek dengan punya GL series hanya jumlah hanya 4 biji.

Jadi bisa di bilang 1 kali pakai pure 1 set , 1 nya oplos pakai 1 kamkop bawaan, tapi yang saya rasakan dalam pemakaian karakter pemakaian keduanya sama.


Keunggulan utama atau benefit yang di rasakan menggunakan kampas kopling seharga 90 ribuan ini adalah tarikan yang lebih responsif di putaran bawah. Akselerasi paling terasa bedanya digunakan crusing di 0 sampai 60 km / jam memakai kamkop ini jelas lebih terasa responsif, tarikan ngisi dan kinerja kopling serasa lebih menggigit.

Tapi semua buyar saat menginjak putaran atas atau di atas 70 km/ jam , disini tarikan tidak segalak kamkop bawaan verza. Kemudian soal ketahanan saat panas kinerja kopling menurun drastis kadang juga mulai selip dan miss gear. Kehalusan saat shifting pun tidak sehalus kamkop bawaan verza bagi saya pakai kamkop GL series shifting agak kasar tapi masih dalam batas toleran untuk digunakan sehari-hari, sempat kepikiran setelan kopling yang kurang pas tapi setelah dicoba beberapa kali setelan kopling hasilnya sama saja, toh lama-lama akan terbiasa.


Terakhir adalah soal durability, setahun pakai saat bongkar lalu kamkop sudah hampir habis dan gosong, begitu juga dengan impact-nya ke plat kopling yang juga tergerus lumayan dari semua plat kopling berjumlah 4 buah semuanya sudah menghitam tanda tergerus kampas kopling. Jadi pada intinya

+ harga murah
+ mudah di dapat
+ tarikan bawah responsive

- putaran atas (up to 70) flat
- cepat habis
- shifting agak kasar
- saat panas peforma menurun

Kamkop Bawan Verza
2 kali memakai kamkop ini, 1 kali bawaan motor sampai berumur 3 tahun, dan 1 kali barusan saya pasang setidaknya 2 kali tersebut menghasilkan impresi yang identik.


Dengan harga yang lebih mahal, nyatanya untuk putaran bawah atau akselerasi dengan kampas bawaan tidak segalak dibanding kamkop GL series tapi nggak pakai banget kok bedanya, tapi lumayan terasa adalah 0-70 km perjam dengan kamkop bawaan verza terasa lebih flat.

Tapi rasa flat akselerasi awal tersebut dibayar lunas saat dipakai dalam kondisi apapun, termasuk bermacet-macet ria dengan cuaca panas selama berjam-jam peforma kopling terasa konsisten tidak ada gejala selip atau drop, shifting gigi persneleng pun lebih smooth baik pakai setelan kopling apapun hasilnya tetap sama saja alus caak.

Apalagi buat yang demen touring yang memerlukan durability dan konsistensi kinerja kopling kamkop ini lebih baik berdasarkan impresi saya. Putaran atas terutama di atas 70 km/jam pun masih terasa bisa ngisi sampai top speed 110-115 km/ jam , juga soal keawetan tentu saja kamkop bawaan ini lebih awet, setidaknya degradasi/ penurunan kamkop selama 3 tahun dibanding kamkop GL selama 1 tahun hampir sama. jadi pada intinya

+ Power Merata
+ Awet
+ Peforma Stabil
+shifting halus 

- harga lebih mahal
- Akselerasi Bawah inferior
- tidak semua toko/ bengkel jual (inden)

Kesimpulan, Pilih Yang Mana ?
2 kampas kopling di atas tentu masing-masing memiliki plus dan minus yang dibawanya. Tapi agar lebih afdol sederhananya begini saja.

Buat yang demen tarikan responsif  tapi umur tidak terlalu lama bisa pilih pakai kamkop GL series. Tapi, jika demen riding standart bawaan verza dan lebih mementingkan keawetan umur kamkop bisa pilih kampas original bawaan verza. Tentu saja faktor harga dan ketersediaan barang bisa dikesampingkan mengingat letak tempat dan budget setiap user berbeda-beda.

Info tambahan
kabarnya untuk kampas kopling gl series satu set yang tersedia di pasaran adalah versi oem dengan label Honda karena motor yang sudah discontinue, untuk motor yang masih diproduksi masih menggunakan versi pack bijian dengan bungkus plastik.

Lantas apakah versi satu set dengan bungkus karton adalah palsu ?, tidak brosis , saat saya tanya di ahass part kampas kopling motor yang sudah discontinue seperti kamkop grand,sufit, karisma/suprax 125, gl max, tiger, megapro primus,  memang saat ini hanya tersedia tersedia versi satu set kemasan karton (kecuali kampas kecil/judger spring tetap kemasan plastik terpisah) jadi fix kemasan karton satu set adalah sparepart asli yang dijual Honda tapi untuk motor keluaran lama yang sudah discontinue.


Ada juga yang menginfokaan jika kemasan plastik / bijian adalah versi impor japan dengan produsen fcc, dan kemasan karton adalah versi lokal (Indonesia), tapi ini masih info simpang siur dan saat saya tanya orang ahass pun tidak mengiyakan juga tidak menampik.

Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment