googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Pemakaian 5500 km Oli Total Quartz 9000 di Honda Verza

Review Pemakaian 5500 km Oli Total Quartz 9000 di Honda Verza




Halo Brosis
Sudah 4 bulanan lebih sejak pertama kali tuang oli total quartz 9000 di Honda verza, pada impresi pertama di 1500km pemakaian lalu jelas tq9k dengan viskositas 5w-40 ini sesuai harapan, meskipun sudah pasti dengan beberapa catatan.

Lantas setelah 4 bulanan pemakaian dengan jarak tempuh lebih kurang 5500 km apakah ada perubahan?, sudah pasti yang namanya dipakai seiring berjalannya waktu pasti sedikit banyak ada perubahan.
Parameter tes masih sama seperti yang saya tulis pada impresi awal pemakaian lalu, motor verza, rider sudah pasti saya sendiri, rute dalam kota sidoarjo-surabaya terkadang sesekali di akhir bulan ke luar kota. Kadang boncengan tapi lebih sering sendi  rian, riding style tentu saja semaunya tangan, hehehe, tapi akhir-akhir ini lebih condong agresif maklum cuaca panas suka gerah dan naik darah terlebih pas di jalan ada yang sruntulan.

O iya bbm sudah pasti pertalite forever, jangan Tanya kenapa nggak pertamax apalagi kenapa nggak pertamax turbo.
Tetap Irit  dan Responsif Plus Suhu Stabil
Dimulai dari yang tidak berubah, yap selama pemakaian peforma tq9k yang saya rasakan amat sangat sangat konsisten selama pemakaian. Setidaknya 2 hal yang terjaga alias tidak berubah dari awal sampai akhir pemakaian adalah soal efek konsumsi bahan bakar & responsifitas.

Soal konsumsi bahan bakar di impresi awal sampai akhir konsisten ada di rentang 70-83 km untuk setiap bar indicator bbm di verza (BAR BUKAN LITER), untuk angka persis setiap liternya mohon maaf saya kurang tahu tapi perkiraan ada di angka 50-55 km. angka ini jelas lebih irit dibanding pakai oli viskositas lain seperti 10-30,10-40 atau bahkan 15-40.

Jika dibandingkan dengan amsoil ADO dengan viskositas yang sama saya rasa mirip2 alias nggak jauh beda konsisten paling boros 70 km untuk setiap bar indicator bbm. Inilah salah satu factor keunggulan oli dengan viskositas 5w apalagi dengan rentang viskositas yang lebar (5-40) bisa dibilang panas dingin oke.\


Soal responsifitas pun juga tetap konsisten alias tanpa perubahan berarti, menjelang 5000 km an lebih pemakaian pun di verza akselerasi tetap terjaga tentu khas pcmo dengan engine brake yang minim yang sebenarnya karakter yang tidak saya suka.

Kemudian soal ketahanan meredam panas mesin, tq9k menurut feeling saya sudah sama dengan ADO pasca impresi awal pemakaian, saat digunakan bermacet-macet ria baik di pagi, siang, maupun sore hari nggak ada gejala ngempos karena kepanasan, hal ini sebenarnya yang membuat surprisingly  karena ini bukan hdeo yang perkasa di kala panas, mengingat juga saat pemakaian ini suhu cuaca sedang terik-teriknya musim panas, walhasil untuk kestabilan peforma & terjaganya suhu mesin tq9k saya acungi jempol.

Suara agak kasar, oper gigi persneleng terkadang miss&selip

Pada impresi awal pemakaian tq9k saya amat sangat memuji suara mesin yang halus dan ngebas di motor saya. Tapi selang 4000km pemakaian ke atas suara tidak sehalus di awal pemakaian bahkan dibanding amsoil ADO suara tq9k sedikit agak kasar di atas 4000km pemakaian, tapi tenang itu hanya saat jalan konstan dan stationer, tapi saat di kick down lalu gas pol suara ngebasnya tetap ada.

Kemudian saat oper gigi persneleng juga demikian tidak sehalus di impresi awal pemakaian, sama seperti amsoil ADO di atas 4000km oper gigi persneleng tidak sehalus di awal pemakaian, tapi masih lebih halus dibanding mco oem pabrikan loh. Oh iya gejala miss& selip juga kadang2 ditemui , tapi note ini masih bisa diperdebatkan bisa saja kondisi kopling entah setelan atau daleman yang (kemungkinan) kurang sehat dan kurang pas setelannya.

Kesimpulan

Dengan harga 25 ribuan, eh ralat 110-130 ribuan tq9k 5w-40 saya rasa masih sangat pas dan worthed untuk dipakai setidaknya bagi saya yang merasakan dan tuang demikian. Tentu saja meski begitu t9k masih ada sisi minus/kekurangan seperti yang saya sebutkan di atas.


Tapi strength paling kuat menurut saya dari oli dari pabrikan Prancis ini dari kestabilan peforma dan suhu yang sangat stabil selama pemakaian, plus tentu saja yang susah untuk menolak dan menghindarinya adalah konsumsi bbm yang lebih hemat dibanding memakai oli visko lain, so buat yang cari oli yang jos di kondisi panas dingin plus sensasi nglunyur saat tutup gas khas pcmo tq9k ini bisa dipertimbangkan.

Hanya memang nggak semua toko jual, hehehe

Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Mantap Om.
    Ditunggu review oli lainnya Om.... Hehe

    ReplyDelete
  2. Om, coba review oli elf vent vert hehe . Gmn impresinya?

    ReplyDelete