googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Kampas Kopling Verza, Bawaan Lebih Pas

Ganti Kampas Kopling Verza, Bawaan Lebih Pas



Halo Brosis
Setidaknya sudah 2 kali saya mengganti kampas kopling Honda verza saya, yang pertama adalah menggunakan milik Honda grand di usia motor yang kurang lebih 3 tahun. Lalu setahun berikutnya saya ganti, saat itu saya gunakan kampas kopling Honda gl series.

Memang kampas kopling verza itu bisa saling substitusi dengan motor lain, karena bentuk dan dimensi nya memang identik dengan kampas kopling motor Honda lain yang penting kaki 6 masuk tuh di rumah kopling verza.
Selang setahun pasca menggunakan kampas kopling Honda gl series, tepatnya beberapa waktu yang lalu saya merasakan tarikan motor agak loyo dan gejala sering selip dan miss gear saat oper gigi persneleng lumayan sering terasa, tentu ini bukan sesuatu yang mengenakkan.


Ganti Bawaan Verza
Kampas kopling verza teridiri atas 5 keping, dengan rincian kode MR8-001 sebanyak 2 biji dan k ode KPM-850. Total harga kelima keeping kampas kopling tersebut adalah 139 ribu dengan rincian MR8-001 dibanderol dengan harga 32 ribu setiap keping nya dan KPM-850 25 ribu rupiah setiap kepingnya.

Mengapa berbeda ?, setelah saya amati adalah kamkop MR8 memiliki yang sedikit lebih tebal dan lebar dimensi bintik yang akan bergesekan dengan plat kopling. Jadi fix bukan perbedaan harga 7 ribu bukan asal beda, tapi memang ada bedanya.

Plat Gesek juga sekalian saya ganti, mengingat juga umur plat gesek ini sudah 75 ribu km dan sudah mengalami 3 kali gesek kampas kopling yang berbeda. Harga plat gesek verza cukup terjangkau yaitu 7500 rupiah saja untuk setiap kepingnya tinggal dikali 4, kode part KPS-900 awas jangan sampai beli mengingat tidak sama dengan punya GL, toh harganya murah nggak perlu substitusi.


Per Kopling juga sekalian saya ganti juga memakai bawaan verza/new megapro kode part KRM-840 , harga per bijinya juga cukup terjangkau yakni 12 ribuan saja.

Jika di total 139+28+48= 215

Kampas Kopling Gosong, Plat Kopling Kegerus
Setelah di bongkar ternyata kondisi kampas dan plat kopling memang waktunya ganti, jadi tidak mengherankan saya sering mengalami selip kopling saat oper gigi. Yang sedikit mencengangkan tentu plat kopling yang baret dan tergerus lumayan dalam terlihat dari kondisi yang baret dan warna lempengan besinya samar-samar bewarna hitam.
plat sudah tergerus
Tips Urutan pasang,
Tentu saat memasang harus diperhatikan urutan pemasangan kampas kopling verza ini, karena berbeda jika menggunakan kampas kopling gl series yang semua kampas koplingnya sama semua.
urutan pasang
Pertama adalah MR8-Plat Besi-KPM-Plat Besi-KPM-Plat Besi-KPM-Plat Besi-MR8 sederhanyanya kampas kopling MR8 mengapit KPM, dan jangan lupa kelima kampas kopling menghadap yang sama agar habisnya merata satu dengan lainnya.

Oh iya jangan lupa olesi kampas kopling dengan oli terlebih dahulu sebelum di pasang, hal ini agar saat pertama kali bekerja kampas kopling tidak kaget dan mudah aus.

Setelah pasang tentu impresinya sudah pasti jauh lebih baik dibanding sebelumnya, oper gigi tidak selip lagi, dan yang saya suka karakter kopling sama seperti saat dulu saya menaiki verza, memang pakai kamkop GL series berbeda karakter ? sudah pasti berbeda, next artikel akan saya bahas perbedaan keduanya.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment