googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Pilihan Bohlam Lampu Depan Honda Verza, Bervariasi Banyak Pilihan

Pilihan Bohlam Lampu Depan Honda Verza, Bervariasi Banyak Pilihan



Halo Brosis
Sudah 5 tahun Honda verza di pasarkan di Indonesia, dan ini motor saat ini tergolong lumayan popular di segmen sport. Ya meski tampangnya sederhana dan fitur apa adanya, setidaknya kini nasibnya lebih baik di banding motor sekelas yang lebih gagah seperti byson dan new megapro,  market share nya pun nggak malu-maluin bahkan bersaing dengan yang lebih mahal macam ncb dan vixion.

Tapi nyatanya meski lampu bulat berkesan retro dan sepertinya lebih di sukai, tapi sector penerangan ini mengalami downgrade dari yang sebelumnya memakai 35 Wat tipe halogen HS1 kini menjadi non halogen, padahal penerangan verza lama amat mumpuni ya sekelas dengan new vixion sebelum di facelift LED.

Pilihan bohlam lampu
Di verza lama untuk penerangan menggunakan bohlam lampu tipe halogen HS1 dengan daya 35 Wat yang selama saya memakai 5 tahun ini mumpuni saat digunakan di malam hari. Tipe bohlam halogen lebih ampuh dalam menyinari dan focus cahayanya lebih optimal dibanding bohlam biasa.

Saat putus pun , ini bohlam juga saat ini lumayan banyak tersedia di toko-toko alias nggak ribet hampir sama seperti lampu socket h14 25 w. Harganya pun bervariasi mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu.  So untuk yang kebingungan mencari referensi bohlam HS1, setidaknya pilihan berikut bisa di pilih,

HGP, Tercatat sampai saat ini merk hgp alias Honda genuine parts ini yang terawet di Honda verza yang saya pakai. Harganya 50 ribuan dan relatif mudah di dapat di ahass. Merk bohlam-nya (oem) Osram. Peformanya ya khas standart bawaan verza sama persis cahayanya terang cenderung tebal dan focus di satu titik, 2 kali memakai bohlam ini kompak mati saat umur 1,5 tahunan.

Yamaha 1PA, jika mengincar peforma yang sama dengan bawaan verza tapi dengan harga yang lebih murah bisa memakai punya Yamaha new vixion dengan kode 1PA. bohlam oem bawaannya sama dengan verza yaitu osram, tapi dengan harga yang lebih murah yakni 37 ribuan saja.


Yamaha 3CI, Jika menilik merk oem yang lebih baik bisa lirik punya Yamaha vixion dengan kode 3ci. Dimana bohlam seharga 69 ribu ini memiliki keluaran sinar yang lebih soft dibanding osram dan pendaran cahaya yang lebih merata tidak heran karena bohlam ini keluaran Philips made in germany.

Aspira HS1, bohlam hs1 termurah yang pernah saya pakai, harganya nggak mahal Cuma 18 ribuan saja. Keluaran aspira dengan produksi PRC (china) tak heran harganya murah. Kaluaran cahayanya pun hampir mirip dengan osram oem verza tapi masih sedikit dibawahnya, hanya saja umurnya ketika saya pakai hanya berkisar 5-7 bulanan saja, cocok buat yang suka murah tapi nggak cocok buat yang nggak suka ribet ganti bohlam tiap 6 bulan.



Osram, NPP, NPR, di rentang harga belasan ribu sampai maksimal 25 ribuan ada 3 merk ini yang banyak di temui di pasaran. Teman bengkel pun juga menuturkan alternatif jika aspira kosong kebanyakan akan beralih ke 3 bohlam tersebut. Cahaya yang dihasilkan pun mirip2 begitu juga umur bohlam yang hanya berkisar maksimal 10 bulan.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment