googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Ban Aspira Premio Sportivo di Honda Verza, Manteb

Impresi Ban Aspira Premio Sportivo di Honda Verza, Manteb




Halo Brosis

Setelah 29 ribu km memakai ban depan corsa s123 yang saya tulis full review pemakaian di artikel sebelumnya, selanjutnya untuk menggantikannya saya memutuskan untuk menggunakan aspira premio sportivo RS  ukuran 90/80, atau kembali mengggunakan yang sama dengan dulu saat saya memakai fdr genzi.

Sebenarnya alasan utama saya memilih ban ini bukan karena apa, akan tetaoi karena kebetulan dapat hibahan dari bengkel teman yang tutup, dan saya tebus dengan harga (sangat terjangkau) ya selisih 50 an ribu dengan corsa s123 dengan ukuran yang satu tingkat lebih besar, worthed ? banget , karena harga normal di toko ban berkisar 190-210 an ribu.

Ban Aspira premio ini sebenarnya ban keluaran baru dari aspira yang baru dilaunching sekitar awal 2016 lalu kalau tidak salah (cmiiw). Seri ban aspira premio tentu berbeda dengan serie ban sebelumnya seperti seri AT yang lebih ekonomis, seri premio ini lebih ditujukan setingkat di atasnya. Asyiknya ban aspira premio ini hampir banyak tersedia dengan buanyak varian ukuran, mulai ukuran yang normal atau ukuran yang jarang seperti 100/90, 110/80 atau 150/70 yang tidak banyak ditemui di produsen ban lain.

Mengusung teknologi Pro GD (grove design) alias alur ban terbalik antara ban belakang dengan depan, istilah jowo-nya alur belakang dengan depan “kuwalik”. Ban belakang alur lurus ke depan, sedangkan ban depan back rotated (alur kebbalik) yang diklaim memberi impact yang maksimal dalam berkendara.

First look & yang harus diperhatikan
Tampilan ban sebenarnya bukan sesuatu yang baru terutama alurnya, alur tapak ban bertipe guratan memanjang yang tidak simetris alurnya dan hanya ada di sisi kanan kiri tapak ban alias ban ini tidak ada guratan alur tengahnya ya seperti layaknya fdr genzi, pengalaman saya tipe alur begini kurang enak digunakan santai tapi soal grip dan manuver agak ekstrem seperti saat berbelok juara.

Aspira premio rs ini berjenis soft compound karena ada kode RS yang merujuk dari yang saya dapatkan memang ban lunak bukan hard compound seperti ban bawaan motor atau seperti corsa s123 lalu. Akan tetapi setelah saya amati aspira premio ini nggak soft-soft amat saat disentuh, dengan ban zeneos dengan yang sama2 bercompound soft aspira lebih keras dikit, tapi bagian sidewall (dinding ban) kokoh dan keras sama seperti corsa s123.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasang ban aspira premio sportivo ini terutama bagian depan seperti yang saya pakai ini :

tanda merah ban aspira
tanda merah, sejajar lubang pentil velg
Pertama adalah indikator warna merah yang ada di dinding ban, tanda merah tersebut adalah tanda ban yang harus di paskan dengan bagian pentil velg/ban alias harus sejajar, menurut informasi hal ini untuk mendapatkan traksi dan hasil yang maksimal. Ingat ! beberapa tukang ban menganggap hal ini gak pengaruh dan hanya akal2 an, terserah mau percaya tukang ban atau insinyur ban.
arah alur ban depan aspira premio sportivo
perhatikan alur rotasi ban
Kedua, arah putaran ban, yap sesuai jargon pro dg arah putaran ban depan dan belakang berbeda dengan asumsi ban tipe yang sama maka alur ban depan pemasangannya terbalik. Cara mudahnya lihat jarum anak panah arah putaran ban. Sekali lagi tukang ban yang pasang biasanya heran (terutama tukang ban generasi tua), tapi terserah mau percaya tukang ban atau insinyur ban

Noted: bukan maksud menjelekkan tukang pasang ban, karena memang gak semua tukang pasang ban demikian, yang update dan terima pembaharuan pasti terima kok, dan yang kudet (kebanyakan yang generasi tua) kebalikannya, really sebenarnya ini yang saya alami dimana tukang pasang ban tua (berumur tua) agak gak terima saat saya beritahu indikator merah sejajar lubang pentil velg dan alur ban depan yang terbalik, katanya “indikator merah sejajar lubang pentil velg gak ngefek mas” dan saat saya bilang alur ban terbalik bilang “loh salah iku (itu) mas, gak penak loh pas di tumpak’I (nggak enak loh saat dinaiki)”, toh saya tetep keukeh pasang sesuai petunjuk pabrikan ban, meski pun kompensasinya biaya pasang lebih mahal sedikit karena ngedumel saat saya beritahu perihal pemasangan alur dan indikator yang benar bagaimana.

First look in whell
Saat selesai dan di lihat, ehhhm sama saat memakai ban fdr genzi dulu gambot dan lebih lebar dari sebelumnya (corsa s123), tapi aspira premio sportivo di bagian tepinya lebih mengkotak dibanding fdr genzi, entah ini efek sidewall aspira premio yang keras dan kokoh atau faktor lain.

ban aspira premio sportivo
alur ban depan kebalik, memang begini yang benar 
\Alur yang terbalik memang agak kurang sreg jika di lihat dari depan secara tampilan, akan tetapi ya memang begini adanya dan harusnya sesuai dengan anjuran produsen ban. Mungkin, (mungkin) alur yang grove design ini untuk menhindari gejala keausan ban yang tidak rata, seperti saat saya memakai fdr genzi yang lama kelamaan kontur ban menjadi tidak rata atau istilahnya ngrenjel-ngrenjel.

Impresi Pemakaian 1000 km
Kurang lebih 1000 km pemakaian rasanya sudah afdol untuk saya menulis impresi pemakaian, karena 200-300 km pertama masih adaptasi pemakaian dan masih ada sedikit lapisan lilin yang rawan dan mengganjal untuk merasakan secara maksimal, dan angka 1000 km pemakaian rasanya adalah impresi pemakaian awal yang pas.

Lantas bagaimana review pemakaian ban aspira premio sportivo rs di honda verza

Berat, yap khas karakter ban 90/80, dibandingkan ban sebelumnya yang berukuran 80/90 jelas aspira premio sportivo rs ini terasa lebih berat saat dikemudikan. Hal ini lumrah mengingat bidang lebar tapak ban yang menempel di jalan juga lebih lebar, tapi nggak terlalu drastis sih beratnya, dan hanya butuh sedikit penyesuaian beberapa hari saja. Akselerasi juga sedikit lebih berat dibanding sebelumnya, tapi sedikit.

Grip mantab !, grip ban terasa sempurna menurut saya, sedikit lebih baik dibanding ban fdr genzi dengan ukuran yang sama, dan jauuh lebih baik dibanding corsa s123, compound ban jelas pengaruh mengingat sportivo RS adalah soft compound (meski saya yakini ini medium compound). Tidak ada gejala loss grip saat dibuat berkendara, saat menikung pun ban depan teasa stabil, gejala membuang ? tidak ada sama sekali, malah saat menikung tajam ban belakang yang terasa kedodoran mengimbangi kestabilan ban depan.

Grenjel, istilahnya sedikit bergetar saat menikung dengan kecepatan rendah atau ada sesuatu dengan bagian bidang pinggir, mungkin ini pengaruh coakan alur ban yang hanya ada di sisi sampaing, mengingat dengan ban sebelumnya corsa s123 terjaga berkat alur tengah ban yang menjaga keseimbangan tapi entahlah ini masih praduga. Tapi overall nggak sebegitu pengaruh.

Fleksibel dan Stabil, di corsa s123 keluhan saya adalah tekanan ban yang harus berbeda untuk aktivitas yang brbeda, di sportivo rs ini ternyata lebih fleksibel dan stabil menurut saya. Dengan tekanan angin standart baik digunakan sendiri, boncengan maupun mengangkut barang pun tidak ada perbedaan mendasar di bagian roda depan.

ban aspira premio sportivo
overall sih manteb !
Overall,, untuk impresi 1000 km pemakaian ban aspira premio sportivo rs ini saya sangat puas, hanya sedikit keluhan yang minor seperti grenjel di kecepatan rendah. Sisanya okelah untuk ban lokal seharga 200 ribuan (harga normal) dibanding fdr genzi dengan harga yang sama menurut saya dari impresi awal ini premio sportivo sedikit lebih baik, hanya tinggal jangka pemakaian dan kondisi fisik ban saja apakah bisa menjaga konsistensi peforma saat di gunakan dalam jangka waktu lama, kalau hal itu biar waktu yang membuktikan.

Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment