googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review 29 ribu km Pemakaian Corsa S123 di Honda Verza, Awet parah !

Review 29 ribu km Pemakaian Corsa S123 di Honda Verza, Awet parah !




Halo Brosis

41 ribu – 70 ribu = 29 ribu km

Yap angka tersebut adalah angka pemakaian ban depan ban corsa tipe s123 yang namplok di Honda verza saya. Kebetulan saat dulu memilih pakai s123 pertimbangan utama adalah harga dan pure ingin mencoba kombinasi yang beda yakni 80/90.

Harganya tergolong murah, kalau tidak salah ingat nggak lebih dari 150 ribu ukuran 80/90 ring 17. Setelah pemakaian hamper 2 tahun dengan jarak tempuh 29 ribu km rasanya nggak afdol jika tidak dibuatkan full review pemakaian ban ini, ya itung-itung ngisi ini warung daripada kurang bahan tulisan, hehehe.

Grip Cukupan
Yap sedari awal sampai saat tergantikan oleh ban baru yang nanti akan saya tulis impresinya, corsa s123 ini konsisten untuk soal grip. Cukup adalah kata yang pas, nggak ngegrip banget macam fdr genzi tapi disbanding irc nf bawaan verza tentu s123 sedikit lebih baik. Tapi nyatanya dengan grip cukup Alhamdulillah belum ada accident yang menimpa saya selama memakai corsa s123 ini selama 29 ribu km.
Kuncinya adalah adaptasi, ya pada awalnya dulu sempat kaget saat sebelum pakai s123 saya pakai fdr genzi yang ngegrip banget lalu ganti ke s123 tentu gaya riding perlu adaptasi lagi mulai dari saat berbelok, mengerem, atau saat hujan tapi really no problem sama sekali, kuncinya adaptasi karena setiap ban memiliki karakter yang berbeda.


Badak & Awet
Tanpa bocor, yap selama pemakaian tidak pernah bocor atau kehilangan/kekurangan angin mendadak seperti yang pernah saya alami di fdr genzi. Fisik ban setelah 29 ribu pemakaian pun tidak timbul kecacatan secara berarti hanya minor bekas goresan hard braking, berbeda dengan genzi di 27 ribu pemakaian sudah bergelombang dan sobek di beberapa bagian, mungkin compound ban berpengaruh kalau tidak salah s123 ini hard compound.

review ban corsa
setelah 29 ribu km pemakain, masih tebal dan berbulu !
Tingkat keausan ban pun tergolong awet, bahkan bulu-bulu ban di sisi sampaing masih ada, dan sebenarnya masih layak pakai perkiraan saya dengan gaya riding saya 35-37 ribu sebenarnya s123 ini masih sanggup.

Perlu tekanan angin yang pas
Hal paling tidak mengenakkan menurut saya saat pakai s123 ya ini, kalau grip cukupan sih bias di imbangi dengan merubah gaya riding, kalau yang satu ini bias di bilang sudah karakter dari sononya. Saat memakaia corsa s123 ini perlu penyesuaian tekanan angin yang pas.

Maksudnya adalah saat motor di buat boncengan, mengangkut barang berat, atau riding sendirian ketiga peruntukan tersebut perlu penyesuaian tekanan angin yang pas. Pakai tekanan angin standart pun saat sendiri terkadang juga kurang enak terlalu keras menurut saya, tak jarang saat isi nitrogen saya kurangi tekanan angin untuk mendapatkan grip yang pas.
Lalu saat digunakan boncengan atau mengangkut beban berat dengan tekanan angin standart ban terasa kemps seperti kekurangan angin. Sampai 29 ribu pemakaian saya belum menemukan tekanan angin yang playable untuk digunakan riding sendiri, boncengan, maupun mengangkut beban berat.

Overall selama 29 ribu pemakaian sih untuk ban seharga 150 ribu saya puas, (nggak pakai banget), sangat worthed sesuai harganya. Terlebih nggak ada gejala atau kekurangan yang fatal mendera ini ban.

Noted, review di ban belakang bisa saja berbeda.

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. klo sy pake corsa s123 nya di ban belakang ukuran sm ama bawaan... baru beberapa bulan jd gak tau awet kagaknya...
    oh iya ni bjr, mau tanya klo bli bohlam depan online kan 20rb tuh, tp klo ditambah ongkir, indomaret+parkir (gak punya atm sih), sm ongkos pasang bsa jd 45rb... klo beli osram dibengkel pinggir jalan selisih berapa sih ? lbh murah gak jatohnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. corsa s123 awet parah,

      bohlam kalau di bengkel kecil biasanya selisih maksimal 10 ribuan, kalau cari bisa di toko yang melayani grosiran (tiap kota biasanya ada) biasanya selisihnya gak lebih dari 5 ribu,

      Kalau bohlam buat verza hs1 yang lebih murah dari original hgp bisa pakai punya yamaha new vixion kode 1 PA harga 37 ribuan (osram, sama dengan hgp verza)

      Kalau yang agak bagusan pakai punya yamaha kode 3CI (saya pakai ini sekarang) harganya 69 ribuan (philips, made in jerman)

      Delete