googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Membuat Jok Verza Lebih Empuk, Tambah Busa Dan Ganti Kulit Jok

Membuat Jok Verza Lebih Empuk, Tambah Busa Dan Ganti Kulit Jok


modif jok motor honda

Halo Brosis

Sedari lahir 5 tahun lalu jok honda verza memang terkenal keras disamping suspensinya yang punya karakter keras juga ini tentu menjadi sebuah kelemahan di honda verza. Suspensi belakang sih masih  bisa di stel dengan pilihan 5 step tingkat kekerasan, dan saya rasa step pertama dan kedua adalah yang paling smooth dan manusiawi rebound-nya untuk pengendara, sedangkan step 3 (tengah2) sangat berguna untuk beban berat seperti angkut barang dan boncengan, dan step 4 dan 5 adalah yang paling keras.
Kembali ke jok motor, untuk jok yang membuatnya kurang nyaman adalah kulit jok yang kasar dan busa jok yang tipis. Kulit jok yang kasar amat sangat berguna untuk memberi cengkraman/grip terhadap tubuh pengendara, tapi kompensasinya dalam waktu lama bisa membuat celana sobek di sisi slangkangan, karena gesekan antara kain celana dan kulit jok yang kasar akan membuat celana robek, khususnya celana dari bahan jeans, itulah yang sudah saya rasakan 2 kali celana jeans saya robek.

Lalu busa jok tipis, sebenarnya ini tidak hanya di honda verza, akan tetapi hampir di semua motor honda zaman now, kecuali honda new megapro yang baik kulit dan busanya satu-satunya yang terbaik di motor honda. motor honda lainnya hampir sama busanya tipis.

Penampakan Busa Jok
Setelah hampir 5 tahun umur motor, rasanya minggu lalu saya sudah tidak tahan lagi dan saya putuskan untuk membuat jok motor honda verza saya menjadi lebih manusiawi. Langsung meluncur ke tukang jok, setelah konsultasi permasalahan kerasnya jok akhirnya di putuskan ganti kulit jok dengan karakter lentur dan tambah busa jok eks yamaha mio di sisi pengemudi (depan). Mengapa hanya bagian depan karena jika bagian belakang di tambah i busa juga maka tampilan akan aneh, kecuali modif bagian dudukan busa menjadi lebih tipis.

Terlebih dahulu nego harga, lalu disepakati harga 60 ribu sudah biaya pasang, tambah+ modif busa, plus kulit jok. Setelah jok motor dilepas, lalu perlahan tukang jok membuka kulit jok bawaan verza, dan ternyata memang ini kulit jok kasar dan nggak ada lentur-lenturnya tepat seperti dugaan saya.
Kemudian saat saya pegang bagian busa jok ternyata sangaaat tipis hanya sekitar kurang lebih 10 milimeter pada bagian tertipisnya dan 15 mm-20 mm untuk bagian paling tebal. TAPI, itu dalam keadaan tidak ditekan, saat di duduki otomatis akan menyusut entah tinggal berapa mm saat di duduki beban.
busa jok motor honda
tipis sekaleee
Menurut penuturan tukang joknya, memang motor honda zaman now adalah yang paling tipis busa joknya dibandingkan pabrikan lain macam yamaha, suzuki, bahkan kawasaki. Belum lagi karakter kulit jok yang keras karena mengejar keawetan yang menjadikannya juga kurang nyaman. Saat saya tanya motor honda busa & kulit joknya yang nyaman sontak jawabannya seperti dugaan saya “megapro series mas” baik itu yang seri primus maupun new. Sedangkan saat ini Yamaha adalah yang paling nyaman baik busa maupun kulit joknya.

Tambah Busa
Penambahan busa jok di honda verza tidak serta merta tinggal menumpuk ke atas, akan tetapi terlebih dahulu sisi yang ingin ditambah di papas dulu, papasnya sesuai kontur jok dan tipis saja, karena papasan jok ini hanya untuk mempaskan busa jok yang akan di tambah. Setelah papasan selesai potong busa jok yang akan di tambah menyesuaikan kontur jok, setelah selesai di haluskan bagian yang kasar lalu beri lem dan jemur.

Selang 5 menit tinggal lem busa tambahan ke jok lalu rapikan selesai. Jok verza hanya di sisi pantat pengemudi saja yang ditambah i, sedangkan sisi pinggir tangki tidak perlu, karena tidak cukup mengganggu dan sebenarnya untuk jok tipikal lebar seperti verza sisi samping adalah yang paling sulit  jika ingin menambah i busa.



Setelah busa selesai lalu pilih kulit jok, saya memilih yang polos dan lentur, bisa di bilang mirip-mirip seperti punya megapro primus lentur dan tidak kasar pas dengan karakter busa yang empuk. Setelah itu urusan pasang kulit jok tinggal menstaples saja.

Impresi.
Setelah 6 hari  impresi yang saya rasakan adalah, lebih baik dibanding sebelumnya terutama saat digunakan di kemacetan perkotaan, pantat terasa lebih nyaman dan tidak terasa kebas terlalu berlebihan seperti sebelumnya. Kulit jok saat ditekan pun lentur menyesuaikan dengan ketebalan busa jok.

Untuk handling motor sendiri dengan penambahan busa jok ini tidak ada perubahan secara berarti, hanya karena kulit jok yang bertipial lentur jadi agak sedikit selip saat mengerem mendadak. Belum lagi soal tampilan dari sisi samping terlihat lebih tebal dan seperti rata dari jok depan sampai belakang, tapi demi sedikit memperbaiki kenyamananya bagi saya gak masalah, meski dalam hati memang aneh juga ya ,hehehe.

modif jok honda verza
lebih lembut dan elastis
Overall okelah untuk membuat verza sedikit lebih nyaman, dengan dana 60 ribu rupiah masih exceptable dengan apa yang di dapat, kenyamanan lebih, meski harus sedikit mengorbankan tampilan. Mestinya ahm sudi berbenah diri membenahi sektor jok motornya, karena bicara jok bukan hanya tampilan tapi fungsional, dan kenyamanan, mau ngejar durability kok rasanya kurang ajar mengorbankan pantat pengemudi, sebenarnya pegendara masih sadar diri harus keluar biaya lebih untuk merawat jok, misal 4-5 tahun sekali ganti kulit jok toh sebenarnya masih rela-rela saja, daripada awet sampai puluhan tahun tapi pantat jadi rata, hayo , ini masukkan/ kritikan.

Semoga Bermanfaat



1 comment:

  1. daerah cikarang barat - bekasi di mana ya min? motor saya sudah 5thn mau ganti kulit jok motor verza nya, karena kalo kea ujan tembus jd basah

    ReplyDelete