googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Aki Honda Verza, Setelah Umur 57 Bulan

Ganti Aki Honda Verza, Setelah Umur 57 Bulan

aki motor honda

Halo Brosis

Setelah berumur 57 bulan akhirnya aki honda verza yang sehari-hari saya pakai, saya ganti. Hal tersebut karena sudah tidak kuat untuk mengangkat double stater. Gejala ini sebenarnya sudah terasa sejak 2 bulan lalu, double stater sulit bekerja saat kondisi mesin dingin, dan hanya bekerja setelah mesin panas.
Padahal sejak dulu saat pagi hari saya menyalakan verza mamakai kick stater karena memang ingin memperpanjang umur aki, dan its work lumayan awet juga sih sebenarnya. Odometer sudah menginjak 68 ribuan di usia motor 57 bulan dan saya rasa ini lebih dari cukup mengingat rata-rata aki koit di usia 3 tahunan.

Aki verza bertipe GTZ5S/YTZ5S dengan tegangan 12 V dan daya 3,5 ampere sebuah aki yang mungil untuk mensuport motor sport terlebih di jaman sekarang yang sudah AHO tentu kerja aki akan double  (ganda) di saat menyalakan motor. Untung saja verza sudah terbantu dengan sistem kelistrikan full wave DC plus pengapian yang sudah 3 phase.


Untuk mencari aki gtz5s tidaklah sulit, dan ini adalah aki dengan pilihan banyak merk, karena semua merk aki mempunyai tipe aki ini, saya sendiri juga sudah akrab dengan tipe aki ini sejak masih mengendarai beat, beli aki gs abal-abal, lalu aki aspira, dan terakhir aki federal quantum di honda revo pertengahan tahun lalu. Harga di pasaran pun bervariasi mulai 100-250 ribuan mulai dari merk terkenal sampai merk yang belum akrab di telinga. Kebetulan kali ini saya ingin mencoba merk lokal dan produksi lokal juga, setelah wira-wiri mencari di lapak online akhirnya saya putuskan beli merk yang belum tenar-tenar amat yaitu “baht”.


aki murah


Murah, Merk & Produksi Lokal
Aki ini berjenis mf alias maintenance free dengan tegangan standart 12 V dengan daya 5 ampere, 5 ampere ? yap bener di kemasan sih tertulis demikian. Produksi CV Surya Mandiri Jayatama, harganya pun murah 110 ribu rupiah saja. kebetulan juga ada credits saldo bukalapak yang saya dapat dari cashback belanja sebelumnya, jika di hitung2 sih ini aki saya beli dengan harga 80 ribuan saja, termurah yang pernah saya beli.
Di label kemasannya sih made in Indonesia dengan label SNI, gak takut bro beli merk abal-abal ? biarlah sekali-kali beli merk dan produksi lokal kurang terkenal asal namanya gak nyontek itu itu yang dari merk saja sudah terkenal dan berpotensi mengecoh konsumen. Bagi saya kali ini murni coba-coba bagus dan awet sih alhamdulillah, nggak ya sudah relakan mau gimana lagi, itung2 tulis impresi dan review aki ini karena memang masih minim referensi.

Aki baht ini berbeda dengan aki federal maupun aspira yang tinggal pasang dan pakai di motor, aki baht ini terlebih dahulu harus menuang aki zuur yang sudah di sertakan dalam paket penjualan, jadi di dalam box ada unit aki, botol air zurr, baut pengikat dan buku petunjuk.
Step by stepnya :

  1. Buka segel tutup lubang aki
  2. Kemudian posisikan botol aki zur pas dengan lubang di body aki sejajar vetikal
  3. Kemudian tekan, air akan turun ke badan aki
  4. Tekan botol hingga air turun ke bawah seluruhnya
  5. Setelah itu biarkan 30 menit dengan posisi tutup segel di letakkan di atas
  6. Selang 30 menit tutup lubang dengan rapat
  7. Siap dipakai
aki motor honda murah
tuang aki zuur terlebih dahulu
Saat saya tanyakan ke seller perlu di stroom nggak, seller menjawab tidak perlu di struum cukup pakai kick stater saat pertama kali pasang dan diamkan menyala stasioner selama kurang lebih 5 menit.

Pasang di Verza Gak Ribet Kok
Pasang di verza gak ribet kok cukup buka cover body tengah yang bewarna hitam di sisi kiri cukup bermodalkan tool obeng plus. Lepas 3 baut yang mengikat ke body dimana 2 baut posisi tegak, dan satu di bawah sisi dengan shock belakang kiri, kemudian tarik. Pengikat aki nya pun hanya di ikat satu baut plus juga.

Setelah itu lepas aki dengan melepas kutub negatif terlebih dahulu baru kutub postitif (merah). Setelah itu pasang aki yang sudah siap digunakan lalu pasang kembali kali ini saat memasang terlebih dahulu kutub positif barum kemudian kutub negatif. Setelah itu pasang kembali baut seperti saat melepas.

Motor pun siap digunakan, oh iya pertama saat aki baru gunakan kick stater kecuali motor lain gak ada kick staternya cara ini bisa di abaikan.


aki motor honda murah

Lantas bagaimana impresi aki baht seharga 110 ribu ? excactly work, sebagaimana mestinya  untuk seminggu ini gak ada masalah. Kalau ditanya awet nggak ? saya juga belum tahu, untuk itulah saya beli aki merk ini untuk menjawab rasa penasaran seberapa kuat aki murah 110 ribuan ini.  

Semoga Bermanfaat





3 comments:

  1. klo sy pake merk motorcell, 100rb pas di toped, udh beberapa bulan gak ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya juga yang merk aneh2 murah seperti motorcell, tapi di jawa timur rata2 sudah up di 130-140 an ribu, mau beli di online 100 ribuan tapi di jkt berat di ongkos kirim, alhasil pilih ini, hehehe

      Delete
  2. 1 tahun ini gimana hasilnya min? Oh iya mau tanya. Kira2 untuk verza diganti dengan full led atau dibuat saklar off (di siang hari lampu2 off semua) apakah bisa menyebabkan overcharge aki ya? Soalnya dulu saya pernah kok aki blendung pas pakai full led

    ReplyDelete