googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Menjelang Umur 5 Tahun, Kualitas Body Honda Verza Ternyata . . .

Menjelang Umur 5 Tahun, Kualitas Body Honda Verza Ternyata . . .


kualitas motor honda
pada bagian tangki bukan memudar, tapi kena bias cahaya
Halo Brosis

Ada yang bilang motor zaman now itu nggak awet atau kualitasnya nggak sebagus motor keluaran lama, tapi apa benar demikian

Ehhhmm, kalau menurut saya sih bisa iya bisa juga tidak, atau iya tapi syarat dan ketentuan berlaku dong. Yap memang tidak bisa di pukul rata sama semua motor, tapi kalau saya sih kembali lagi ke perawatan, karena sebagus apapun motor kalau nggak bisa merawat ya percuma.

Tapi kembali lagi apa benar seburuk itu kualitas motor zaman sekarang ? , iseng-iseng di rumah ada verza yang masih motor keluaran 2013 atau bisa di bilang hampir 5 tahun bulan Agustus esok. Termasuk motor yang paling baru di rumah, karena honda revo di rumah keluaran 2008 dan jupiter mx yang produksi 2007.
Verza ini motor murah, istilahnya motor kasta terendah line up sport honda saat ini, harganya dibawah 20 juta rupiah, fitur seadanya tampang pun sederhana, maklum istilahnya motor pekerja capek. Selama pakai verza pun saya nggak perlakukan terlalu istimewa alias biasa-biasa saja, kotor di bersihkan, setelah kehujanan di cuci, ganti oli 5 ribu km sekali, servis mesin dan injeksi pun sudah jarang-jarang.

Sampai saat ini untuk kebersihan verza saya belum pernah kepegang tukang cuci motor karena saya cuci sendiri, bersihkan sendiri, kenapa ? lebih murah itu saja menurut saya.

Lantas setelah hampir 5 tahun bagaimana kualitas honda verza ?, sejauh ini sih fine2 saja, tapi lebih detail bisa di simak beberapa penampakan bagian motor verza hampir 5 tahun umurnya berselang.

kualitas motor honda

Swing Arm Karat dan Cat Mengelupas
Bagian paling terlihat mata, yaitu pada bagian ujung swing arm sebelah kiri dekat gear belakang, dimana cat hitamnya mulai mengelupas, dan pada sisi ujung kotaknya juga demikian terkelupas. Di sisi kanan pada bagian mur as roda belakang ada bercak karat dan pada sisi bagian dekat tutup tromol pun demikian.

kualitas motor honda
kolong swing arm dominan cat mengelupas
Beranjak ke di kolong depan, cat juga mengelupas, overall untuk bagian swing arm dominan cat mengelupas dan karat.

Holder Stang Warna Memudar
Setidaknya sudah pernah 1 kali saya cat, dan pasca 2 tahun setelah pengecatan warna kembali memudar.

kualitas motor honda

Shuter Key bocel
Rumah shuter key juga dominan ada baret, hal ini menurut saya lumrah mengingat saya sering terkena ujung anak kunci jika tidak tepat memasukkan ke lubang kunci,

kualitas motor honda
knalpot masih oke, no keropos
Knalpot
Pada bagian exhaust overall masih lumayan, baret ada dominan di ujung dan munfler dan cover knalpot, oh iya cover knalpot sudah saya cat 1 kali 2 tahun lalu. Untuk bagian yang menguning hanya di bagian bawah (horizontal) dekat lupang pembuangan air selebihnya seperti di leher knalpot masih terlihat hitam.

Plastik Doff/kulit jeruk
Pada bagian plastik doff atau kulit jeruk di verza ada 4 bagian yaitu konde penutup speedometer, cover body tengah kanan dan kiri dan spakbor belakang, semuanya tampak masih hitam, hal ini karena saya cuci jika kotor dan lap plus kit sampai bersih.

Planger
Planger hanya memudar catnya pada bagian ujung belakang, menurut saya maklum karena sering dibuat pegangan, plus pengikat tali saat memuat barang.

kualitas motor honda


Body & Tangki
Body ada baret di beberapa bagian yakni di sisi kiri itupun karena bergesekan dengan tali saat saya mengikat barang di belakang, slebor depan pun agak belang karena tersiram minyak rem beberapa waktu yang lalu.
kualitas motor honda

Tangki motor so far masih oke, belum pernah kuras atau di turunkan, hanya terdapat penyok di sisi kanan karena terbentur pagar, warna pun masih oke meskipun di punggung tangki agak sedikit memudar karena terkena paparan panas.
Overall , masih tergolong lumayan kalau menurut saya, hanya di dominasi cat yang pudar di beberapa bagian itupun karena terkena umur, lainnya seperti baret dan penyok murni karena human error selama pemakaian.

Semoga Bermanfaat


2 comments:

  1. bjr, veve sy beberapa hari ini cm bisa nyala pake kick starter aja nih, jadi kunci kontak di on itu panel tetep mati dan dipencet starter pun gak terjadi apa2... nah kan bjr sering ksh solusi 'kere hore' nih, apa yg harus sy lakukan nih biar motor kembali sediakala tanpa menguras dompet terlalu dalam ? :l

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aki, kalau tegangan sudah lemah, biasanya salah satu dikorbankan untuk mengalirkan daya untuk fuel pump.
      kalau tegangan aki normal kemungkinan besar dari sekringnya

      Delete