googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Sparepart Verza, Mana Yang Mahal ?

Sparepart Verza, Mana Yang Mahal ?



Halo Brosis

Verza yang kini namanya berubah menjadi cb150verza adalah satu-satunya yang mengisi segmen motor sport entry level tanah air berbeda dengan kompetitor sesama pabrikan Jepang yakni  Yamaha dan Suzuki yang Enggan bermain di kelas yang “kata” mereka kurang “prestise”, meskipun setelah 5 tahun berselang secara volume penjualan sudah mampu “ngamplengi” seniornya yakni new megapro dan byson.
So verza memang motor entry level atau bahasa sederhananya motor sport murah, harga Cuma 19-20 juta rupiah fitur seadanya, tampang pas-pasan tapi soal bandel jangan di tanya, bahkan di banding cb150r bahkan new vixion sekalipun verza masih yang paling minim masalah, tak heran buat yang butuh motor sport tangguh, harga bersahabat, nyaman lebih melirik ke verza dibanding new megapro atau byson.

Tidak hanya itu sparepart verza tergolong terjangkau untuk ukuran motor sport dan sudah bejibun di toko-toko sparepart, meski untuk slow moving parts mau tidak mau juga harus inden, hehehe.

Untuk part fast moving sih tidak ada masalah baik ketersediaan dan secara harga pun beda tipis dengan sparepart motor bebek dan matic, seperti kampas rem, gear set, kampas kopling, plat kopling, bohlam lampu.

Meski murah ada juga beberapa part verza yang sebenarnya cukup atau bahkan tergolong mahal, tidak semua sih tapi memang beberapa part memang kualitas tidak bisa kompromi, untungnya saja sparepart itu tergolong slow moving parts atau bisa juga dikatakan “jarang rusak” atau jika rusak pun umur pakainya tergolong lama.

Apa saja sparepart/part tersebut, yuk monggo di simak

Tangki Bensin, kode part 17510K18

sparepart honda
beda warna, beda harga
Meski murah tangki honda verza/cbverza berbentuk besar, tidak kurang tangkinya dapat memuat sekiranya 12,2 Liter BBM. Dimensinya membulat agak bonet dibanding new magapro atau megapro primus pun secara tampilan tangki verza lebih besar. Meski begitu ketebalan platnya tidak lebih tebal dibanding motor sport honda sebelumnya alias tipis.

tangki verza
meski tipis tapi.....
Akan tetapi meski tipis dan berdimensi besar harga part tangki bensin ini ternyata mahal brosis, jika saat awal peluncuran dulu dibanderol 750 ribu rupiah, saat ini sudah mencapai 1,2 juta rupiah lebih !, entah apa yang membuatnya mahal, bahkan harga tangki bensin verza lebih mahal 300 ribu dibandingkan cbr 250RR, hehehe.

Jadi saat ketemu rider cbr250rr,  bisa dibercandain 

“itu harga tangki motormu tidak lebih mahal dari tangki motorku (verza) loh”
Tapi ingat tangkinya doang loh, hehehe


Frame Body/Rangka, kode part 50100K18900
sparepart honda

Verza menganut rangka model diamond yang sudah terkenal akan ketangguhannya, dan hal itu sudah dibuktikan di motor sport honda sebelumnya seperti nmp,mp primus, tiger, gl max, gl pro tentu saja di verza dengan sedikit improve pada bagian belakang yang menungging. Kelemahan rangka ini Cuma 1 yaitu model yang menggunakan rangka ini modelnya (desain) begitu-begitu saja alias kurang bisa di buat motor model futuristis.

Tapi soal kekuatan jangan di tanya, untuk membeli body frame ini harga yang di tebus kurang lebih sekitar 1,3 juta , cukup terjangkau mengingat cb150r yang sering diterpa masalah keropos/patah saja rangkanya mencapai 3,5 juta rupiah. Tapi saat beli rangka tidak semudah beli part lain, karena menyangkut  nomor rangka yang berhubungan dengan surat-surat kendaraan.

Shock Depan, kode part 51500K18911 (kiri) dan 51400K18911 (kanan)
sparepart honda

sparepart honda

Ini adalah bagian paling mahal di verza yaitu shock depan, jika digabungkan kanan-kiri harganya mencapai 1,55 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk segitiga (triple clamp) alias shocknya doang. Mahal bukan, tapi tenang berhubung diameter as 31mm bisa cari barang2 copotan yang dipasaran harganya mulai 800-1 juta bergantung kondisi tentu bisa pakai punya motor honda lain seperti megapro primus, tiger.

rumah kopling verza
shock depan set, serius mahal 
Itu harga shock depan set yang terdiri atas tabung shock (botom shock), as shock, seal shock, oil, spring. Jika di beli per item (bagian) bisa.

Kruk As, kode part 1331AK18900
sparepart honda

Harga kruk as verza masih tergolong terjangkau, dan sudah satu set dengan conrod-nya, akan tetapi belum termasuk dengan bearing askruk. Cukup 770 ribu rupiah saja untuk menebus as kruk honda verza, tapi tenang saja selama perawatan benar dan tangan kanan sudah lulus sekolah, as kruk ini termasuk awet kok.

Jika dibandingkan motor honda lain seperti mesin dohc square honda yang diameter strokenya sama, harga as kruknya sekitar 1,8 juta, jadi punya verza termasuk murah kan.
Cylinder Head, kode part 1220BK18900
sparepart honda

Salah satu kompoenen mesin verza paling mahal adalah cylinder head atau kepala silinder. Mengapa mahal ? karena kepala silinder ini adalah rumah dari segala komponen lain seperti noken as,klep, seal klep, lubang exhaust, lubang busi, rocker arm dan masih banyak lainnya.

rumah kopling verza
cylinder head, sama isi mahal, mending beli copotan
Tidak heran harga part ini mencapai hampir 1 juta lebih. Harga tersebut belum termasuk isinya loh ya, jika komplit dengan isinya bisa menyentuh angka 2 juta rupiah. Jika ingin alternatif banyak yang menjual kondisi bekas/copotan dengan harga 900-1,5 juta itu sudah satu set dengan cylinder blok+piston.

Rumah Kopling, kode part 22100KWF940
sparepart honda

Sparepart ini tergolong jarang rusak tapi dengan catatan jika merawat dan memakai kopling dengan benar. Sering slip kopling alamat umur kopling house lebih pendek. Akan tetapi jika dirawat dan digunakan dengan wajar dan benar 5 tahun atau bahkan bisa lebih baru ganti. Sering kali banyak yang mengakalinya dengan mengganti karet nya saja (di pantek).

rumah kopling verza

Memang sih bisa tapi gak akan bertahan lama, dan yang perlu diingat tidak ada produsen motor yang menjual part karet kopling house, jika ada sudah pasti itu palsu atau part aftermarket. Tidak terkecuali dengan kopling house verza yang harganya mencapai 760 ribuan.


Knalpot, , kode part 18300K18900
sparepart honda

Part ini termasuk juarang sekali rusak, tapi seringnya dijual, hehehe, karena suaranya dianggap kurang menggelegar, hehehe ya knalpot atau bahasa teknisnya muffler. Harganya merujuk katalog hgp mencapai 1,2 juta rupiah, tapi knalpot ini termasuk jarang sekali rusak jika bukan karena sebab seperti penyok, bocor, atau keropos itupun sebenarnya bisa di repair.

rumah kopling verza
knalpot, seringnya dijual daripada rusaknya, hehehe
Tapi yang paling sering yah di jual, apalagi ada yang jual knalpot verza 400 ribu itu sudah murah jika membandingkan dengan harga barunya.
Velg Palang Set Depan Belakang, kode part 42601K18902 (R) & 44601K18901 (F)
sparepart honda

sparepart honda

Sparepart ini juga jarang sekali rusak tanpa suatu sebab, baru ketika mengalami accident (kecelakaan) yang membuatnya pecah baru mau tidak mau harus diganti. Yap velg, di verza ada 2 tipe spoke whell dan casting whell. Untuk velg cw verza banderol harganya tergolong standart untuk motor sport yaitu 680 ribu belakang dan 600 ribu depan.


Konsolmeter, kode part 37100K18941
sparepart honda

Konsolmeter verza itu minimalis, cuma ada speedometer, indikator N, lampu mill injeksi, lampu jauh, bar bensin, odometer, dan tripmeter, tapi meski minimalis harganya lumayan mencapai 675 ribu rupiah. Tapi tenang konsolmeter ini jarang trouble/ rusak.

rumah kopling verza
konsolmeter, sederhana namun harganya
Untuk sparepart atau part (komponen) lain harganya termasuk wajar seperti shock belakang 1 set yang harganya 500 ribuan, kunci kontak set 500 ribuan, dan speedometer yang mencapai 670 ribuan. Part lain banderol harganya masih amat sangat terjangkau menurut saya untuk ukuran motor sport. Wajar kan motor sport murah harus tetap murah sparepartnya. Tapi sparepart di atas saya cek adalah yang mahal-mahal dan mungkin bisa menjadi referensi apabila dibutuhkan.

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment