googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Lindungi Bagian Tangki Verza Ini Biar Aman

Lindungi Bagian Tangki Verza Ini Biar Aman


CBVERZA

Halo Brosis

Tangki bbm di motor sport merupakan komponen atau part yang rawan sebenarnya, berbeda dengan matic atau bebek yang ada di bawah jok dan tertutup terlindungi tangki motor sport ada di atas dan merupakan bagian dari garis body motor secara keseluruhan. Mengapa saya sebut rawan, itu  karena tanpa perlindungan apapaun tangki motor sport  terpapar panas matahari, hujan ya kena hujan tak jarang pula saat crash pun resiko tangki rusak pun besar dibanding motor yang tangkinya ada di bawah jok atau dek depan.
Begitu juga dengan verza, lagi-lagi verza, hehehe harap maklum memang motor sendiri paling enak buat dijadikan bahan tulisan. Tangki verza tergolong lumayan besar, bukan yang paling besar memang tapi untuk ukruan sport (murah) 150 cc dapat memuat 12 liter bbm tergolong besar, apalagi secara bentuk tangki verza gak kecil.

Dimensinya mengikuti garis body tengah agak pipih di belakang, dan membulat bagian depannya. Tebal plat tangki khas motor sport honda paling tipis dibanding pabrikan lain bahkan di banding motor non Jepang seperti tvs atau bajaj soal ketebalan plat tangki ahm pasti kalah.


tangki honda verza
mengelupas (lingkaran kuning)

Selama 5 tahun sejak diluncurkan 2013 silam sebenarnya verza cukup sedikit yang mengalamai masalah tangki bocor, memang secara konstruksi ahm sepertinya sudah belajar dari gen megapro primus dan tiger revo, yang kerap bermasalah di tangki yang bocor selang 2-3 tahun pemakaian.
Akan tetapi meski begitu bukannya verza bebas masalah tangki bocor loh, kali ini bocornya verza bukan di bagian cekungan bawah seperti kebanyakan di megapro primus dan tiger revo, akan tetapi di bagian lain, yaitu bagian ujung belakang tangki yang bersentuhan dengan jok tempat duduk.

Rawan Lecet dan Berpotensi bocor
Sebenarnya sejak beli verza 4 tahun lalu 6 bulan berselang, saya baru sadar akan potensi masalah di tangki verza, saat itu sudah saya lapisi, dan baru saat ini saya bahas dalam postingan blog.
Ya bagian rawan tangki verza ada pada bagian belakang yang bersentuhan dengan jok. Lebih tepatpnya bukan bagian landai atau horizontal, akan tetapi bagian yang agak miring persis yang bersentuhan dengan shape jok depan pada bagian tangki verza di sisi cekungan.

Pada bagian ini sebenarnya yang sedikit membuat tampilan body tengah verza lumayan mengalir dan enak dilihat yaitu sambungan tangki dengan jok, berbeda dengan gen motor sport honda sebelumnya yang terkesan ada celah, akan tetapi sejak generasi old cb dan verza kesan itu dirubah seolah-olah jok motor memeluk tangki sehingga garis desain dari depan sampai belakang terlihat mengalir dan singkron.
tulang jok bagian shape depan tajam dan keras
Pada honda verza bagian cekungan yang dipeluk jok tersebut sebenarnya tidak masalah, akan tetapi masalah timbul saat pada bagian jok di ujung yang menempel pada tangki konstruksi atau kawat jok bahannya keras, sehingga bisa menyebabkan goresan yang lama kelamaan bisa mengikis tangki motor, akibatnya jika terus menerus dibiarkan cat tangki bagian tersebut akan tergores, setelah itu berpotensi untuk merobek plat tangki.


Solusi
Solusi sederhana adalah dengan melapisi bagian tangki yang bersinggungan dengan jok tersebut dengan scotleet (skotlet).

  • Pertama lap pada bagian yang bersinggungan dengan jok sampai bersih,
  • Potong kecil kertas skotlet seukuran 15x10 cm, sebaiknya warna kertas di sesuaikan dengan warna tangki motor.
  • Kemudian potong sesuai cekungan area yang bersinggungan dengan ujung jok, sebaiknya tutupi sirama shape tangki yang menempel di jok, pada bagian ini agak sulit menempel rata 100%, bisa dibantu dengan digosok pakai kuku jari atau koin pada bagian cekungan agar skotlet menempel sempurna
  • Setelah menempel lapisi sampai 3-4kali karena lama-kelamaan kertas akan sobek jika hanya 1 lapis (saya sebelumnya 3 lapis ,2,5 tahun pemakaian baru sobek).
  • Pada bagian yang landai seperti sekitar baut pengunci rangka ke tangki juga sekalian di lapisi, bagian ini cukup 2 lapis saja.
Tingkat kerapian bergantung skill yang pasang, hehehe , jika tidak ingin repot bisa serahkan ke tukang skotlet saja palingan 10-15 ribu rupiah, kalau pingin DIY ya tinggal beli skotlet 1Mx45 cm Cuma 20 ribu rupiah.  Di verza saya lapisan 3,5 tahun lalu baru sobek di akhir tahun lalu dan 2 bulan saya biarkan mengakibatkan sisi yang bersinggungan dengan jok menjadi sobek catnya.

tangki honda verza

Selain untuk melindungi dari gesekan skotlet tersebut juga agar terhindar dari air yang terjebak ketika kena hujan, yang juga berpotensi menimbulkan karat, karena dengan lapisan skotlet jadi anti air, yang perlu diperhatikan adalah pemasangan yang presisi agar tidak ada udara yang terjebak yang menjadikannya malah mudah sobek.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment