googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Bersihkan Thortle Body Verza Pakai Injector Cleaner, Perawatan Hemat

Bersihkan Thortle Body Verza Pakai Injector Cleaner, Perawatan Hemat



SERVIS VERZA

Halo Brosis

Setelah setahun lebih verza tidak tersentuh tangan2 mekanik bengkel, timbul rasa yang mengganggu yaitu susah langsam di pagi hari seperti yang saya sebutkan di postingan sebelumnya. Memang secara pemakaian gak akan pengaruh banyak, kan tingga panasi doang dan hanya saat mesin dingin pagi hari saja.

Tapi saya yang notabene sekarang ogah motor rewel dikit pun nyatanya timbul rasa kurang nyaman, lah gak gimana kalau hidupin motor pas pagi hari harus nunggu 30-1 menit untuk mendapat langsam mesin, sesuatu yang bukan zaman now banget. Sebenarnya penyebabnya adalah thortle body yang kotor karena tidak pernah dibersihkan hampir 20 ribu km adalah penyebabnya, jadinya pasokan udara sedikit terganngu, belum lagi verza belum ada sensor idle stationer.
Tapi bukan bikers namana kalau hanya ngeluh, mau ngelinding motor ke bengkel kok ya nanggung, dan seketika saya pun teringat injector cleaner yang saya beli di supermarket beberapa waktu yang lalu. Ya kebetulan akhir Januari lalu saat ada perlu ke hypermart eh tanpa sengaja main-main ke rak otomotif kebetulan ada diskon, langsung dah borong-borong, hehehe.


Value Plus
Yap merknya seperti yang saya sebutkan di atas, saya beli seharga 14 ribu rupiah, itu sudah diskon dari harga sebelumnya yang mencapai 40 ribu rupiah. Kemasan botol kaleng 300 ml dengan ujung spray (penyemprot) tak lupa ada selongsong selang kecil untuk menjangkau bagian terdalam. Merknya terdengar asing di telinga dan nggak setenar STP, Prestone, Aspira atau merk lain, wajarlah merk lokal baru mungkin.

VALUE PLUS
value plus

Diproduksi oleh PT Dwi Prima Rezeky fungsinya cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan bagian injector system mesin kendaraan dari varnish, carbon, endapan carbon yang menyumbat inection system dengan cepat tanpa mempengaruhi sensor mesin/injection sehingga injection system berfungsi dengan baik.

Cara penggunaanya seperti yang tertera di kemasan adalah sebagai berikut :

  1. Buka saluran filter kendaraan anda
  2. Nylakan kendaraan tunggu sampai 5 menit hingga mesin hangat/panas
  3. Setelah itu semprotkan ke bagian injection dengan posisi kaleng tegak vertikal, pada saat bersamaan tarik/tekan pedal gas
  4. Ulangi penyemprotan sampai mendapat hasil yang maksimal
So daripada kelamaan langsung dah kerjakan

Di Verza begini caranya
SERVIS VERZA

Panasi mesin kurang lebih 5 menit.

  1. Buka cover tengah body bawah tangki yang berupa plastik bewarna hitam, tapi ingat Cuma sisi kanan saja, cara bukanya buka 3 baut + yang ada di tengah, sisi jok dan sisi bawah (vertikal), kemudian tarik lepas.
  2. Kemudian kendorkan klem box filter dengan thortle body, kendorkan klem dan tarik klem ke belakang lalu tekan karet manifold ke arah dalam. Manifold yang menghubungkan Thortle body dengan box filter bahannya karet jadi elastis.
  3. Kocok kaleng injector cleaner dan sambung selang kecil ke spray. Kemudian dalam keadaan mesin menyala semprotkan langsung ke injector cleaner, ingat saat menyemprot dibarengi dengan menarik grip gas secara bersamaan saat menyemprot injector cleaner ke TB.
  4. Ulangi berkali-kali untuk mendapat hasil yang maksimal. Saya semprot sebanyak 6 kali.
  5. Jika di rasa cukup pasang kembali karet manifold seperti semula.
Saat penyemprotan injector cleaner akan masuk ke thortle body dan langsung ke dalam mesin, alhasil saat menyemprot dari knalpot akan muncul asap hitam dan putih pertanda kerak ikut terbakar dan keluar. Ini sedikit berbeda dari instruksi cara pemakaian, hal tersebut karena jika menyemprot lewat box filter udara tidak memungkinkan dalam kondisi kaleng tegak vertikal, jadi cara yang memungkinkan adalah langsung ke thortle body.

SERVIS VERZA
imbangi dengan tarik gas

Impresi

So impresinya setelah semprot injector cleaner ke thortle body adalah
  1. Gas lebih enteng
  2. Lebih mudah dan cepat stationer
Yap hanya 2 hal itu yang saya rasakan efeknya secaa langsung, gas lebih enteng mungkin dikarenakan kotoran di thortle body sedikit/ banyak  berkurang begitu juga stasioner/langsam mesin di pagi hari lebih mudah dan cepat, cukup stater 10 detik an paling sudah stasioner, dan pada kesimpulannya hasilnya lumayan memuaskan.
So cara ini mungkin bisa dicoba, tapi jangan berharap bisa membersihkan sampai 100%, karena injector cleaner model semprot tidak akan semaksimal dengan cara lain semisal digurah (dilepas thortle body/injectornya dan dibersihkan). Tapi dengan cara ahass model semprot mah bisa dikata sama, toh saat saya servis di ahass biasanya ambil paket komplit dengan jasa bersihkan thortle body pun dengan model semprot sama seperti yang saya lakukan.

Bedanya, mungkin kalau di ahass untuk semprot thortle body (sama2 pakai model kaleng tapi beda merk) bayar 20-25 ribu , kalau yang saya lakukan cukup 15 ribu itupun 6 x semprot , dan di kaleng masih sisa banyak, inilah keuntungan do it yourself belajar sekaligus berhemat, hehehe. Tapi jangan lupa setelah semprot thortle body wajib ganti oli.




No comments:

Post a Comment