googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Filter Kertas Dengan Busa Filter Honda Grand

Ganti Filter Kertas Dengan Busa Filter Honda Grand


filter udara honda grand

Halo Brosis

Terakhir kali ganti filter udara di verza seingat saya sudah hampir 10 bulanan, dan saat minggu lalu motor terasa agak berat dan saat pagi agak susah stationer (langsam). Memang si verza sudah setahun 1 bulan belum servis tapi gejala langsam tidak hanya dari thortle body yang kotor jadi dugaan saya pasti filter udara kotor.

Setelah saya cek ternyata benar adanya, filter cukup kotor, pantes susah langsam di pagi hari, langsung dah copot dan niatnya sih mau beli tapi sayang anggaran harus terbagi dengan beli ban buat revo. Puter otak akalin dulu ah jadinya, toh sementara, pakai busa grand.

Yup cara ini memang nggak sama sekali di rekomendasikan karena penggunaan filter kertas di motor injeksi bukan tanpa alasan karena pada kenyataanya dari segi penyaringan dan kepraktisan filter kertas lebih mumpuni, tapi life cycle nya gak sebagus filter model busa seperti motor jaman dahulu.
Langsung melipir ke bengkel terdekat beli busa filter honda grand cukup tebus dengan mahar 10 ribu, setelah itu langsung cabik-cabik kertas filter udara sampai habis hingga menyisahkan rumah filter dan kawatnya saja. agak sulit memang coba dengan direndam air karena kertas jika terkena air langsung lembek dan mudah dihancurkan.


Setelah itu lap sampai bersih dan letakkan busa udara grand pnp kok meski gak rapi di beberapa sisi karena dimensi memang gak sama persis, untungnya sifat busa memang elastis jadi bisa menyesuaikan tempatnya tidak lupa olesi tipis2 busa dengan oli (baru) jangan oli bekas. Setelah itu pasang di box filter lalu tutup.

Impresi dan review 7 hari pakai

Setelah kurang lebih seminggu pemakaian rasanya sudah afdol untuk menulis review atau sebatas impresi penggunaan busa grand di filter udara honda verza, sekadar catatan motor verza 2013, bbm pertalite, oli fastron techno,  spek standart ting ting sebagai pembanding tentu filter udara standart (kertas) honda verza.

+ akselerasi lebih ringan
+ gampang stationer (langsam)

- deselerasi tambah minim
- suara kurang padat (kurang berkarakter)
- putaran atas ampang

Seperti yang saya duga sebelumnya, yang pertama impresinya yaitu akselerasi motor di putaran bawah lebih nampol dibanding pakai filter standart verza, saya coba akselerasi 0- 50 km/jam pakai filter busa grand lebih cepat dan lebih ringan tinggal colek gas dikit enak di buat dalam kota atau bermacet-macet ria. Lalu putaran mesin gampang stasioner di pagi hari saat pertama kali mesin di nyalakan efek filterisasi udara yang lebih plong mungkin, cmiiw.

Tapi tentu ada kurangnya pakai filter busa ini, berdasarkan yang saya rasakan deselerasi lebih minim, yap pakai pcmo fastron saja deselerasi sudah terasa minim, lah pas filter busa tambah lebih minim lagi, sempat kaget saat pertama kali jalan, ketika gas di tutup turunkan gigi eh motor masih nyelonong, mungkin deselerasi yang minim ini bisa di minimalisir jika tidak menggunakan oli pcmo alias pakai oli mco. Efeknya memang harus ekstra pengereman dan main kopling lebih sering dan saya gak suka ini.

filter udara honda grand
pasang
Kemudian suara knalpot saat menggunakan filter busa kurang berkarakter se-pendengaran saya suara motor jadi rada kosong, berbeda saat pakai filter busa suara lebih padet dan enak di dengar, suara mah sesuai selera, tapi suara ngebas agas serak2 basah khas verza itu saya sudah terlanjur suka.

Ini yang paling nggak enak menurut saya, di kecepatan 70 km/jam ke kecepatan 90-100 km/ jam rasanya lebih lama naiknya alias putaran atas kopong melompong seperti tidak ada feedback.  Mungkin ini kompensasi dari ringannya akselerasi di putaran bawah menengah tapi kecepatan atas jadi korban.

Memang tidak sering geber di range kecepatan 70-90 km, tapi tetap sesekali butuh saat menyalip mobil atau kendaraan di depan.

Overall sebenarnya tidak buruk atau istilahnya not bad lah, tapi juga nggak enak juga itulah salah satu penyebab saya Cuma betah seminggu pakai filter busa ini, toh niatnya memang iseng2 coba2 kebetulan juga dana harus terbagi dengan kebutuhan lain. Jadi setelah pakai filter busa ini akhirnya saya coba yang baru lagi yaitu filter udara non original/ non genuine hgp alias filter udara kw model kertas di verza jadi satu-dua minggu ke depan akan coba saya review pemakaiannya.




No comments:

Post a Comment