googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Pemakaian Yamalube Carbon Cleaner di Honda verza, Menolak Servis

Pemakaian Yamalube Carbon Cleaner di Honda verza, Menolak Servis


Halo Brosis
yamalube carbon cleaner

Kurang lebih genap setahun ini honda verza kendaraan saya tidak servis atau terakhir servis ya setahun yang lalu. Jika dikalkulasikan kilometer yang ditempuh sejak terakhir servis mencapai 14-15 ribu km bukan angka yang tinggi untuk 1 tahun berjalan di umur motor yang menginjak 4 tahun 4 bulan dengan total odometer saat ini 61 ribu kilometer.

Lantas apakah ada masalah yang ditemui saat si verza tidak servis rutin ? alhamdulillah sampai saat ini belum ada masalah, treatment khusus pun hampir tidak ada hanya ganti oli saja rutin tiap 3500-4000 km selebihnya tengah tahun lalu ganti kampas kopling tapi sektor mesin head yang mencakup setelan klep dan tensioner keteng tidak tersentuh. Begitu juga sektor pengkabut bahan bakar yakni injektor juga belum dibersihkan setahun terakhir.
Sampai pada akhirnya minggu lalu saat indikator bensin tinggal 2 strip saya melipir isi bbm di pom bensin , dan lagi2 tanpa sadar salah isi bbm yang seharusnya pertalite eh malah di tuang premium malah 5 liter lagi, hehehe. Memang premium tak sekejam pertabo (pertamax turbo) yang bisa menyebabkan fuel dilution dan buat oli cepat eol, premium lebih membuat tarikan motor berat dan sudah pasti lebih mudah menimbulkan kerak di mesin karena sifatnya yang “lebih mudah/cepat terbakar” dibanding bbm pertalite maupun pertamax.


Benar saja sejak pakai premium akselerasi terasa lebih berat dan kurang pol, dari situ saya inisiatif untuk mengembalikan peforma seperti sedia kala (saat pakai pertalite), yaitu pakai yamalube carbon cleaner. Si verza bukan yang pertama menenggak carbon cleaner setidaknya seingat saya ini yang ke dua, terakhir kali kurang lbih 2 tahun yang lalu.
Langsung meluncur ke bengkel yamaha beli 2 botol carbon cleaner dengan harga satu botol 28500 (termasuk pajak 10%), setelah itu melipir ke pom bensin sebelum isi bensin tuang terlebih dahulu carbon cleaner setelah itu baru isi bensin 5 liter (maksimal, kurang lebih baik), karena di tangki masih ada 2 liter maka saya tuang lagi setengah botol carbon cleaner. Jadi kurang lebih hitungannya 35ml+75 ml di 7 liter bahan bakar.


yamalube carbon cleaner

Cara tuang carbon cleaner sebenarnya nggak harus saat isi bensin, di info yamaha pun nggak ada aturan pakem seperti itu, hanya ada campurkan ke tangki bahan bakar. Sebenarnya dicampur sebelum isi bensin dengan harapan saat bensin tertuang di tangki proses pencampuran lebih maksimal. Pun saat tangki penuh dan isi carbon cleaner pun gak masalah, hasil maksimal bisa disiasati dengan sedikit mengoyangkan motor supaya bensin+cc tercampur maksimal.

Impresi
Fungsi utama carbon cleaner saya kutip dari yamaha adalah membersihkan, melapisi, dan melindungi dari endapan carbon yang menempel di ruang bakar, saluran intake dan injector. Setelah pemakaian tenaga mesin akan pulih karena endapan carbon akan rontok, juga emisi gas buang akan menurun.
Lantas setelah saya pakai di verza impresinya bagaimana 1-3 hari pemakaian adalah proses perontokan karbon dan rasanya gak ada yang istimewa dan tetap seperti biasa. Baru pada hari keeempat saat kondisi bensin di tangki sisa 2 bar (sebelumnya 6 bar) mesin terasa lebih responsif dan lebih smooth.

Dari situ saya simpulkan hasil maksimal dari pemakaian CC jika bensin+cc telah habis kurang lebih 80 persen, jadi fix carbon cleaner ampuh untuk mengembalikan peforma motor lebih baik dari sebelumnya. Mungkin memang ini menjadi solusi praktis jika gak sempat atau males servis motor tapi tentu dengan catatan setelan klep dan rantai keteng masih normal loh.

Conclusion
So dari pemakaian ini ritual “menolak servis” kembali berlanjut, toh memang gak ada hal2 goib di mesin yang butuh untuk perawatan paling Cuma ganti busi, filter udara, dan oli eits lupa setel rantai yang semuanya masih bisa saya tanggani sendiri. So tapi tentunya cara ini tidak bisa disamaratakan di motor lain, atau motor verza lain sekalipun karena memang kondisi motor berbeda-beda meskipun sama.

Tapi servis paket lengkap di bengkel masih lebih baik dibanding pemakaian Carbon cleaner ini, karena servis mencakup semua hal lah kalau pakai CC ini mah istilahnya memperpanjang waktu atau menunda sedikit lebih lama untuk servis. Kalau saya mah bisa-bisa menolak servis, hehehe

Note, pemakaian carbon cleaner bisa diterapkan menjelang ganti oli, karena beberapa pendapat mengatakan  kotoran mesin sebagian turun bercampur di  oli mesin, cmiiw.




No comments:

Post a Comment