googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Honda Win 100 Kelemahan dan Kelebihan

Honda Win 100 Kelemahan dan Kelebihan

JUAL HONDA WIN

Halo Brosis

Honda win 100 bukan merupakan motor yang dianggap motor populer dan punya nama beken seperti honda cb, gl, maupun megapro. Bahkan bisa dibilang kalah pamor dan sebelas duabelas popolernya dengan honda cg sekalipun, maklum saja melihat tampangnya saja honda win 100 “nggak banget” untuk ukuran motor sport lawas sekalipun, tapi itu hanya berlaku bagi bikers zaman now, tetapi bagi bikers zaman old honda win mempunyai pesona tersendiri.

Di pasarkan sejak tahun 1980 an yang saat itu masih built up honda win di jual bebarengan dengan honda cb dan gl, tapi honda win di posisikan sebagai motor entry level bersaing dengan rivalnya seperti yamaha l2g  dan suzuki a100. Akan tetapi seperti kebiasaan honda sejak zaman old win berbeda dengan rivalnya karena mengusung mesin 4 tak (langkah), dibanding rivalnya yang 2 tak jelas soal tenaga win paling inferior.
Tetapi berkat efisiensi mesin 4 tak tersebut motor ini populer sebagai motor komuter yang tangguh, tak heran motor ini identik dengan motor operasional instansi pemerintahan tahun 90 an. Juga PT Pos juga memakai motor ini untuk armadanya itu semua karena honda win terkenal efisien dari segi konsumsi bahan bakar, belum lagi tangki di depan tidak merepotkan bagi motor yang pekerja seperti pos karena tidak perlu membuka jok untuk mengisi bensin.


Desain
Desain honda win sebenarnya lebih tepat di bilang “long lasting” dan untuk ukuran motor jaman 80-an sudah mewah. Bodynya kotak khas motor seri GL meski secara gen bukan klan GL. Bodynya ramping dengan aksen mengkotak di beberapa sisi seperti pada tangki berkapasitas 5 liter yang juga mengkotak, lampu depan belakang kotak, jok rata dari depan sampai belakang plus bentuk planger yang memanjang ke belakang mirip bracket box, sampai konsol meter pun kotak sederhana karena hanya ada speedometer, lampu netral dan indikator bahan bakar.

Salah satu hal lain yang membedakan motor ini dengan motor lain adalah pada rangkanya yang sebenarnya bukan model rangka motor sport tetapi mirip rangka bebek yang di beri tulang melintang dibawah tangki. Hal inilah yang membuat honda win 100 ground clearance nya tinggi hal itu ditunjang dengan suspensi belakang yang panjang dengan aksen chrome.


HONDA WIN 100
desain serba kotak
Sayang sektor pengereman masih menggunakan model tromol baik depan maupun belakang, suspensi depannya pun tergolong kecil yakni diameter tabungnya hanya 27 mm seperti ukuran diameter as shock motor bebek.

Mesin
Sebagai penerus honda s90, honda win juga mengusung mesin horizontal alias mesin tidur meski begitu kapasitasnya meningkat menjadi 97,2 (digenapkan 100cc) tenaga yang dihasilkan terbilang besar jika dibandingkan bebek horizontal zaman now yaitu 10,8 HP pada 8000 RPM, dan torsi 9,2 NM pada 6000 RPM artinya untuk kapasitas mesin 100 cc horizontal 4 langkah sampai saat ini mesin inilah yang paling besar tenaga maupun torsinya.

MESIN HONDA WIN
untuk ukuran 100 cc, tenaga tergolong besar (sumber)

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 4 speed maju mundur khas motor sport, oh iya mesin ini masih manual alias belum memakai elektrik stater. Pada honda win produksi 1980-1990 paling di gemari karena meski tua secara umur tapi banyak part mesinnya masih impor dari Jepang hal itu ditandai dengan tulisan made in Japan pada blok mesinnya.
Karakter mesin honda win 100 khas mesin c100 honda yaitu flat di segala rentang putaran mesin, tapi untuk putaran atasnya tetap ngisi alias tidak kehabisan nafas. Konsumsi bahan bakarnya pun tergolong irit jika dalam kondisi standart dan sehat angka 50 km/ liter bukan angka yang sulit dicapai. 

Mesin honda win 100 juga tergolong mudah dalam hal perawatan karena berkat mesin horizontal nya jika hendak servis maupun membersihkan ruang bakar sangat mudah. Sparepartnya pun di bengkel-bengkel masih banyak tersedia, hal itu karena sebagian besar sparepart mesin sama dengan generasi honda c 100 lainnya seperti klep, kampas kopling, plat kopling, bisa substitusi dengan motor honda lain macam honda grand.
“bahkan saking bandel dan mudahnya perawatan honda win, banyak orang menyebutnya asal ada bensin mah motor ini tetap jalan,” hehehe

Harga Jual
Honda win mulai di jual tahun 80 an sampai di discontinue tahun 2004 dan kurang lebih sudah dijual dan diproduksi selama 21 tahun. Untuk harga pasaran honda win saat ini tidak ada patokan pasti. Belum tentu keluaran tahun awal lebih murah dibanding tahun mudah, bahkan honda win 100 ini termasuk motor tua yang SANGAT MAHAL untuk harga bekasnya.

Tapi dipasaran atau situs fjb honda win dijual MULAI 3 jutaan, itupun dengan kondisi apa adanya. Untuk yang terawat apalagi masih Orisinil dan tampilan kinclong bisa menembus angka 9-10 jutaan lebih.

+ Mesin Bandel
+ Irit Bahan Bakar
+ Sparepart Melimpah & Murah
+ Mudah Di modif

- Part Body Susah, agak mahal
- harga jual gelap
- serba manual
-pengereman masih tromol

Kesimpulan

Honda win 100 sampai saat ini merupakan motor yang masih sangat recomended untuk dibeli tampangnya klasik, mesinnya bandel, konsumsi bbm irit adalah sesuatu yang susah di cari di motor zaman now. Tapi untuk meminangnya diperlukan dana yang agak lumayan mahal, dan untuk bikers yang demen ngebut ugal2 an dan tampilan sporty saya sarankan jangan lirik motor ini.

9 comments:

  1. motor favorit ane, cuma ya itu harga jualnya emang lumayan kalo yg standart :v
    dan keqnya ini motor bakal kekecilan kalo ane pake (tinggi ane 175 cm)

    ReplyDelete
  2. klo yg naikin kelas berat bisa patah gak ya motor tua kyk gini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal rangka blm keropos saya kira enggak gan. Di kampung ane buat ojeg balok kayu naik trn gunung kuat2 ajah.,,

      Delete
    2. loe kira motor jaman now.

      Delete
  3. sip gan ane juga pake nih motor enak and safety dan yang penting irit dan nyaman.....

    ReplyDelete
  4. Mau tanya.....
    Berapa sih uang yang harus disiapkan ketika akan restorasi Honda win ane
    Dan part apa saja yang harus di perhatikan ketika restorasi ? Thank you

    ReplyDelete
  5. Bafu restorasi abis 5 jtaan.. bongkar cat sendiri.. kembali ke orinal

    ReplyDelete