googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Sparepart Substitusi Honda Verza

Sparepart Substitusi Honda Verza


Halo Brosis

Honda verza tentu bukan motor tua yang puluhan tahun melintang di jalanan Indonesia, tetapi masih tergolong masih remaja kemarin sore yang baru beredar kurang lebih 5 tahunan. Mengusung engine 150 cc SOHC nyatanya motor sport ini menjadi alternatif di bawah 20 juta, karena rata-rata pabrikan Jepang saat ini sudah bermain di harga yang lebih tinggi.

Memang secara angka total penjualan masih dibawah sport 150 cc lainnya seperti vixion dan cb series, tapi perlahan namun pasti angka penjualan verza tetap konsisten tiap bulannya tak ayal saat ini menjadi motor yang cukup sering ditemui di jalan. Tampang dan teknologi yang diusung sebenarnya sederhana khas motor sport murah tapi bagi yang tidak menuntut peforma dan fitur lebih verza kini menjadi pilihan yang menarik.
Sparepartnya pun berlimpah karena sebagian besar juga bisa comot sparepart motor lain alias substitusi, terkecuali sasis an body yang memang berbeda dan tidak ada yang sama, tapi sejauh 5 tahun beredar dan berkat bongkar DIY (do it yourself) akhirnya saya berhasil mengumpulkan beberapa sparepart yang bisa di substitusi di honda verza.


Apa saja , mari berikut disimak:

Disk Pad Depan. Kode KPP sama dengan CBR 150 thailand jika mau peforma yang lebih tapi ya berbanding lurus dengan harga, hehehe

Kampas Rem Belakang, kode part bawaan verza KGA, bisa disubstitusi pakai punya PCX dengan kode KWN, peforma sedikit lebih baik karena profil kampas rem pcx sedikit lebih tebal.

Bohlam lampu depan, tipe bohlam lampu depan verza bertipe halogen HS1 35 W kaki 3, bisa substitusi pakai punya New vixion dan yamaha byson karbu.

lampu honda verza


Bohlam lampu belakang, bisa substitusi pakai punya suzuki dengan daya yang sama yakni 5w 12 volt , harga lebih murah

Seal Shock depan, bisa pakai punya tiger dengan kode KGA lebih kuat, bisa juga pakai GL KC5 tapi better KGA atau KYE (verza).

Aki, bawaan verza ytz5s 3.5 ampere alias sama dengan punya beat, dan bebek honda lainnya macam 
supra, revo, karisma.
Kampas Kopling,  kampas kopling verza bisa substitusi pakai honda GL, dengan model kaki 8,  bisa pakai punya GL series, Kawasaki Kx85, Yamaha New Vixion. Yang harus diperhatikan hanya jumlah kaki 8 buah.

kampas kopling GL

Per Kopling, per kopling verza sebenarnya sudah mumpuni karena sama dengan punya new megapro yang tekanannya pas, tapi jika sulit di dapat bisa pakai punya tiger atau smash yang berprofil lebih keras.

Gear Depan, bisa pakai GL 100, GL pro, atau CB150R

Gear Belakang, gear belakang motor sport honda dibawah 250 cc bisa saling substitusi 

Rantai, rantai bawaan verza ukuran 428 bertipe H, tipe H plat lebih tebal dibandingkan 428 biasa, yang harus diperhatikan adalah panjangnya/ mata rantai. Dengan gear standart 14-41 panjang rantai adalah 124 mata solusi paling mudah dan terjangkau pakai punya scorpio atau suzuki satria 120 R (bukan FU) yang keduanya memiliki panjang 128 mata, jadi bisa leluasa menyesuaikan jika ingin upgrade final gear mau lebih berat atau lebih ringan panjang rantai tinggal disesuaikan dengan cara di potong (note , untuk keamanan potong rantai dalam kondisi rantai baru).

Gear Set, buat yang gak mau repot substitusi gear set verza bisa memakai punya new megapro, tinggal PNP tanpa rubah apapun termasuk potong rantai.

Bearing Nedle, biasa dikenal bosh arm tapi sebenarnya yang cukup diganti hanya nedle arm, harga 25 ribu, punya verza sama dengan new megapro, cb150 bisa saling substitusi.

KARET TROMOL VERZA

Karet dudukan gear, 0410-KSP-900 adalah kode part karet dudukan gear verza part ini made in Thailand alias masih impor, bisa substitusi pakai punya New Megapro / Cb150R dengan kode 41241-KSP-900 yang produksi Indonesia harga selisih 20 ribu lebih murah.

Oli, pilihan oli verza sebenarnya banyak tapi recomend pakai SAE 10w-40 jika ingin yang lebih kental dari bawaan 10w-30, bisa pakai 15w-40 atau 20w-50, maupun 15w-50 tapi akselerasi lebih berat (karena lebih kental). Untuk dalam kota maupun touring lebih nyaman pakai 10w-40 untuk merk bebas terserah kalau saya PertaminaFastron Techno atau jika kemahalan bisa pakai Prima Xp 10w-40.

Untuk part verza yang lainya tidak bisa substitusi, di satu sisi part2 lain ada juga yang sama seperti kabel kopling sama dengan New Megapro, Piston Klep juga sama dengan new megapro, tensioner, rantai kamrat dll. 

Semoga Bermanfaat

15 comments:

  1. untuk part velg verza berarti gak bisa langsung subtitusi ke megapro primus yah..

    ReplyDelete
  2. ini substitusi part verza, bukakn substitusi part buat megapro primus

    ReplyDelete
  3. Mantap soul!
    Verza memang paling irit di kelasnya, mulai dari BBM sampai perawatan dan spare parts pun mudah!

    Masbro, tukeran link blog yuk!
    Nanti ane embed link masbro di blog ane, begitupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  4. bang brow saya butuh pencerahan nih, rencana bulan depan tu saya mau ganti ban verza saya 1set depan ma blakang ma merk aspira premio sportivo, untuk ban blakang dh nemu ukuran yg cocok 110/80-17, nah permasalahanya ada di ban depan, ban depan tu ada 3 pilhan ukuran yg buat saya bingung 80/90,90/90, ma 90/80(rear only), klo saya pakai ukuran 80/90 kira2 kelihatan cungkring/rendah g?, klo saya pakai ukuran 90/90 kebesaran g? soalnya ukuran velg depan cma 1.85, nah klo saya pakai 90/80(rear only) kira2 bahaya g?takutnya licin, soalnya aspira premio sportivo antara depan belakang beda kebangan,maaf klo kepanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ban belakang tepat ukuran 110/80, untuk ban depan

      80/90, kelihatan cungkring iya (saya pakai ukuran ini sekarang soalnya), tapi lebih lebih rendah nggak juga, jadi ban ini cungkring tapi tinggi. enaknya dipakai manuver lincah, tapi untuk cornering gak senyaman 90/80.
      90/80, kalau ini paling pas menurut saya, pernah pakai soalnya fdr genzi pro, handling stabil, cornering oke, grip melimpah (lebar), tapi untuk jalan mix (ancur) gak seenak 80/90/
      90/90, belum pernah pakai, tapi melihat rasio velg dan ban pakai ban ini tampaknya akan berada di antara 80/90 - 90/80
      jadi yang mana ? kalau menurut saya 90/80 paling PAS
      kalau pakai 90/80 rear only bahaya ?
      ban depan di desain untuk handling dan manuver motor, sedang belakang untuk tumpuan beban. meskipun pada kenyataannya DULU nggak ada istilah ban rear only front only alias sama saja, jadi amankah ? kalau dibilang sih aman2 saja tapi gak akan senyaman peruntukkannya. Malah saya pernah pakai ban michelin pilot street 110/70 front use only saya pasang di roda belakang verza, hasilnya ? gak masalah, hampir setahun pakai grip melimpah, stabil, dan gak pernah tambah angin (hanya saya ganti gak betah karena profilnya ceper.
      so kalaupun terpaksa pakai aspira rear use only 90/80 aman2 saja, meskipun di luar sana masih banyak kok pilihan 90/80 yang nggak ada peruntukan/embel2 front/rear use only. pakai ban beda merk ? gak masalah (malah sering saya lakukan) dari irc-fdr,michelin-fdr,sekarang irc-corsa dan gak ada masalah.Kalau ada yang statement "gak maksimal karena beda merk lebih sesuai pakai satu merk depan belakang" ehhm itu sih lebih ke arah marketing, toh ini bukan motor buat balap tapi harian.
      maaf kalau jawabannya kepanjangan, hehehe
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. siiiippp....sangat membantu penjelasanya.....

      Delete
  5. gear set merk NPP kyknya paling murah di online, apakah gak bisa langsung pasang aja atau ada ritual lain dulu ?

    ReplyDelete
  6. Bang kalau as shock depan verza bisa subtitusi ga ya?
    Punya ane kudu ganti kayaknya ada rembesan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai punya sport honda lain sama 31mm

      Delete
  7. Kalo tromol verza depan belakang subtitusi apa aja?

    ReplyDelete
  8. Bang ngomong" soal gear nih. Ane mau beli gear ori verza kemahalan. Kira" kalau pake gear set supra x 125 motor bebek honda apa bisa susbtitusi? Tanpa rantai soalnya jelas kependekan. Cuma gear belakang aja kira" pnp gak ya di verza? Gpp meskipun mata 36. Mohon di balas gan.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda lubang dudukan, motor honda baik gear depan belakang ada dua jenis
      untuk bebek
      untuk sport (maksimal tiger)
      kalo untuk bebek ya substitusi punya bebek sama semua bisa saling tukar
      begitu juga sport, seperti verza pakai punya motor sport honda lain (kecuali cbr 250) sama bisa saling substitusi,
      lantas kalau pakai gear mata 36 di verza pakai punya apa ?
      inilah kelebihan honda, bilang saja di toko sparepart "gear belakang GL uk 36" cuma ya gak ada merk honda (hgp) adanya variasi,
      jangankan uk 36, ukuran kecil 30 mata pun ada biasanya gear belakang mata kecil begini biasa dipakai herek cb/gl dan sejenisnya

      Delete
  9. Bang tanya nih..
    Kalo untuk Seher Mau OS baiknya pakai yg Ori atau Pakai punya Thunder.
    Soalnya ada yg nyaranin pake punya Thunder karena lebih kuat dan tahan lama...apa benar ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu motor mau buat gimana dulu gan, kalau std harian ya mending pakai oversize bawaan verza,
      baru kalau agan misalnya kohar super hemat pakai punya thunder karena lebih jenong dan kompresi bisa lebih padat itupun dengan merk aftermarket seperti NPR,NPP,Riko,FIM karena ada oversize sampai 300 sekalipun, (merk SGP gak ada oversize lebih dari 100, kalaupun ada yang jual pasti palsu)
      ,kalau soal kualitas sepertinya sama saja kalau harganya gak beda jauh yang penting tukang bubut/korternya bagus dan pas pasti hasil mantap

      Delete