googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki

Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki

filter oli suzuki dan yamaha sama

Halo Brosis
Tidak terasa sudah 6 bulan tidak ganti oli di motor jupiter mx saya, ya memang motor lansiran 2007 ini sudah jarang sekali di pakai paling hanya sesekali keluar dalam seminggu, jarak yang di tempuh otomatis juga tidak terlalu tinggi sebulan paling tidak hanya 400-500 km saja bahkan bisa kurang dari itu kalau saya sibuk dengan aktivitas.

Kemarin saya putuskan untuk ganti oli, oli sudah ada (nanti di artikel terpisah), tapi ada yang harus saya persiapkan selain oli, yaitu filter oli. Itu di karenakan saya ganti filter oli kurang lebih setahun yang lalu dan sewajarnya memang di pergantian oli ke 4 ini sudah saatnya ganti oli, terlebih oli terakhir yang saya pakai meditran sx oli HDEO yang terkenal akan daya bilas kotoran yang sangat tinggi dalam mesin.

Tetapi kali ini saya coba pakai filter oli lain, yaitu punya suzuki, kenapa ? iseng saja pingin coba dan gak ada salahnya terlebih filter oli suzuki lebih murah lebih dari separuh harga filter oli yamaha jupiter mx. Filter oli suzuki yang bisa di substitusi di yamaha yaitu punya suzuki shogun FL/ Robot/ Axelo yang dimensinya agak ceking seperti keluaran yamaha, bukan filter oli model gemuk seperti kepunyaan motor suzuki lain seperti smash/shogun 125 old (keluaran pertama) atau suzuki satria maupun gsx.


filter oli suzuki shogun
kode part , di beres suzuki cuma 11 ribuan
Lebih Murah Tapi...
Yap harga filter oli dengan kode part 16510B (cek di gambar) ini harganya tergolong terjangkau hanya 11 ribu rupiah, untuk parts genuine harga tersebut tergolong sangat terjangkau, padahal itu suzuki loh yang “katanya” sparepartnya mahal-mahal, hehehe. Jika di bandingkan dengan punya genuine yamaha terpaut cukup jauh, tahun lalu saat saya beli FO mx saya beli dengan harga 26 ribu artinya selisih mencapai 15 ribu.
Tapi ya ada tapinya, saya beli FO suzuki shogun FL ini harus sedikit berkorban beli agak jauh di Surabaya, karena dealer bengkel/beres suzuki di Sidoarjo Cuma satu itupun stock FO habis, hehehe. Beli di bengkel sparepart biasa pun gak ada. Jadi “tapi” nya ya itu tadi jika beres suzuki di kota lain kebanyakan sudah tutup jadi trimalah agak repot beli FO ini, hehehe.

filter oli suzuki dan yamaha sama
dimensi dan bahan sama persis
Pasang Perlu “sedikit” modifikasi
Secara bentuk filter oli yamaha dengan suzuki shogun fl sama persis baik itu dimensi lebar tinggi maupun bahannya yang masih sama-sama kertas. Perbedaan mencolok hanya pada karet hitam di bagian sisi dalam (yang menempel di dalam mesin/calter) dan bagian luar (tutup filter oli). Pada FO suzuki shogun FL pada sisi luar (tutup kalter) karet FO kecil dan di bagian Fo bagian sisi yang menempel di sisi dalam mesin tidak ada karetnya.

filter oli suzuki dan yamaha sama
cukup pindah karet
Jadi untuk itu lepas karet hitam yang ada di FO yamaha, cukup cukit dengan kuku maka karet akan terlepas, setelah itu ratakan bagian tonjolan dengan mengguntingnya, lalu lap sampai bersih dan keringkan. Setelah kering pasang di FO suzuki dengan merekatkan dengan lem alteco atau perekat sejenisnya sebelum itu lepas karet hitam kecil di FO suzuki. Setelah terpasang tinggal pasang filter oli dan tutup. SELESAI

filter oli suzuki dan yamaha sama
selesai !, hemat 15 ribu
Tidak praktis memang tapi tidak sulit untuk dilakukan, karena selisih 15 ribu tergolong lumayan loh, hehehe
Monggo di coba toh kualitas sama saja

Semoga Bermanfaat
  

No comments:

Post a Comment