googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ekspedisi Wahana Logistik, Solusi Kirim Paket Lebih Murah

Ekspedisi Wahana Logistik, Solusi Kirim Paket Lebih Murah


Halo Brosis
wahana logistik

Belanja online saat ini sudah sangat di gandrungi oleh masyarakat, harga yang lebih murah dari toko konvensional, kepraktisan saat berbelanja, dan tak jarang juga diskon yang di berikan toko/ situs juga lumayan menggiurkan. Saat belanja online tentu saja harus menggunakan jasa pengiriman untuk menggirim barang, memang di beberapa online shop besar macam lazada sudah memiliki ekspedisi sendiri, tapi untuk lainnya masih bekerjasama dengan kurir luar atau pihak ke tiga.

Jasa pengiriman/paket di Indonesia saat ini sudah sangat bejibun mulai sang maestro perusahaan plat merah Pos Indonesia, atau swasta seperti JNE/TIKI, J&T Express dan masih banyak lainnya, dan jangkauannya tentu seluruh Indonesia dan luar negeri. Untuk servic/ pelayanannya memang oke sesuai standart paket pengiriman yang di pilih, mau cepat ya mahal, agak lama lebih murah.

Pernah saat belanja online biaya kirimnya hampir setengah dari harga barang yang di beli ? saya pernah, dan itu sumpah nggak enak alias berat di bensin. Apalagi saat beli barang semisal jaket seharga 75 ribu dari Jakarta/ Bandung di kirim ke Sidoarjo ongkos kirimnya berkisar 18-25 ribu alias lebih dari 30% harga barang. Di sinilah diperlukan jasa pengiriman dengan harga yang lebih murah, dan ada loh yang lebih murah alias paling murah yaitu Wahana Logistik.

Ongkos kirim seperti contoh di atas dengan wahana logistik bisa lebih hemat sampai 50-60% dari kompetitor jasa pengiriman lain, jadi untuk berat 1 kg Jakarta-Sidoarjo biaya pengiriman hanya 8-10 ribu rupiah saja, tentu jauh lebih murah kan. Maka dari itu saat saya belanja online yang harganya maks 150 saya lebih memilih wahana logistik sebagai jasa pengiriman.


Lebih murah, tapi SEDIKIT lebih lama
Ya harga yang di tawarkan jauh lebih murah di banding ekspedisi lain, tentu saja hal itu karena barang di kirim lewat jalur darat yang sepertinya cost-nya lebih murah di banding udara. Jalur darat bisa lewat truk maupun kereta api yang di pulau Jawa sudah terbentang mulai timur sampai barat.

Lantas untuk pengiriman jarak pendek antar kota seperti Surabaya-Sidoarjo, Sidoarjo-Mojokerto selama saya gunakan TIDAK ADA perbedaan dengan lainnya seperti JNE maupun pos, untuk jarak dekat antar kota tetangga seperti contoh di atas waktu pengiriman cukup 1 hari pengiriman, bahkan ekspedisi besar tak jarang bisa 2 hari baru sampai. Sedangkan untuk pengiriman antar provinsi seperti yang sering saya gunakan yaitu Jakarta/Bandung – Sidoarjo waktu barang dikirim sampai sampai di tangan pembeli berkisar 3-5 hari kerja, artinya untuk kecepatan jarak jauh bisa di bilang lebih lama.

wahana logistik

Jadi menurut saya, untuk barang yang sifatnya “urgent” untuk dipakai/ digunakan baiknya gunakan ekspedisi lain yang lebih cepat dan tentu lebih mahal hehehe.  

Tapi yang perlu di perhatikan, berhubung pengiriman lewat jalur darat tentu saja tidak bisa antar pulau, sebenarnya service wahana logistik tidak hanya jalur darat tapi juga laut dan udara bukan hanya jawa bahkan antar provinsi maupun luar negeri. Tapi berhubung saya hanya menggunakan untuk rute pulau jawa jadi review ini hanya khusus pulau jawa.

Satu lagi keunggulan lewat jalur darat yang saya dapatkan yaitu bisa kirim barang cairan seperti oli, aki yang sulit jika lewat ekspedisi lain. Hal itu karena ekspedisi lain kebanyakan lewat jalur udara yang sudah barang tentu sortir barangnya lebih ketat, karena paket cairan seperti oli-aki di anggap membahayakan penerbangan.

wahana logistik
progres tracking sama saja


Tracking sama saja, outlet so so lah
Untuk tracking barang juga bisa dilakukan lewat web wahana logistik, update trackingnya standart seperti jasa pengiriman reguler lain, tapi masih kalah jauh dibanding J&T yang update trackingnya paling Jempolan menurut sepengalaman saya.

Kemudian outlet wahana juga terbilang minim dan sedikit di banding ekspedisi lain. Di tempat saya Sidoarjo saat ini outlet wahana ada 1-2 di tingkat kecamatan kota, dan ada 1 di beberapa kecamatan pinggiran, service counternya juga lumayan sesuai harganya tidak mewah tapi cukuplah. Mungkin karena jumlahnya yang minim ini banyak seller di tokopedia/bukalapak tidak semua menyediakan jasa pengiriman wahana.


wahana logistik
minimalis, tapi lengkap & sudah ada barcode 
Nota resi pengiriman pun minimalis mirip struck belanja di toko/indomaret tapi bagi saya gak masalah toh yang terpenting info keterangan jelas terbaca dan tentu sah sebegai alat bukti pengiriman.

So overall wahana logistik menurut saya adalah ekspedisi pengiriman alternatif buat yang berat di ongkos sedangkan nilai barang yang di kirim tidak seberapa. Servicenya menurut saya sesuai harganya istilahnya “ada harga ada rupa”, mau cepat ya bayar lebih mahal tapi mau yang standart2 saja dan barang yang di kirim tidak sedang urgent untuk digunakan wahana bisa menjadi alternatif, tapi untuk jarak dekat antar kota tetangga kecepatan pengirimannya SAMA saja dengan pengiriman lain.





No comments:

Post a Comment