googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Aki Federal Quantum

Ganti Aki Federal Quantum


aki federal quantum

Halo Brosis
Beberapa waktu yang lalu saya meminang motor bekas yaitu honda revo 100 artikel/ postingan bisa di baca di sini. So yang namanya motor bekas memang ada saja kurangnya, mulai inilah itulah, tapi alhamdulillah tidak ada masalah berat yang menjadi PR, tetapi selang kurang lebih 3 minggu pemakaian ternyata double stater tidak kuat saat digunakan, tanpa tudung aling-aling ke komponen lain saya mantap memvonis Aki atau baterry nya yang sudah soak dan sudah waktunya ganti.

Sampai seminggu saya biarkan dahulu toh ini motor masih karburator belum injeksi yang sangat bergantung pada kelistrikan untuk menggerakkan fuel pump (pompa bensin), kalau karburator sih Cuma modal gravitasi doang bensin sudah ngucur ke karburator. Inilah salah satu enaknya karburator tidak perlu khawatir kalau aki koit, toh masih ada engkol (kick stater) itung2 olahraga kaki.

Tapi yang naik tuh motor orang tua tentu sebagai anak muda tidak akan tega terlalu lama di biarkan. Hunting aki di toko ternyata mahal. oh iya aki honda revo adalah tipe MF alias maintenance free alias orang jadul menyebutnya aki kering meski di dalamnya tetap ada air zur nya (beberapa merk aki menggunakan gel).


Besaran ampere nya adalah 3.5 Ampere dengan ketegangan 12 volt tipenya adalah YTZ5S (yuasa) atau kalau keluaran GS GTZ5S bukan aki yang langka malah aki jenis ini adalah aki yang paling banyak di gunakan di Indonesia !, kok bisa ? ya iyalah honda beat sebagai matic terlaris & supra x 125 sebagai king of duck  aki yang di gunakan adalah tipe ini.

Pilihan Banyak
Setelah saya cek di toko harga aki MF jenis ini tergolong mahal untuk keluaran GS sudah di angka 200 ribuan kecil, sedangkan Yuasa ada di rentang 180-200 ribuan, di ahass entahlah kemungkinan besar juga sama dengan GS. Sebelumnya punya pengalaman beli aki jenis GTZ5S merk GS abal-abal alias (gold shine) di honda beat dulu Cuma bertahan 10 bulan, lalu Aspira lebih baik lagi berkisar 2 tahunan.

aki GTZ5S
ipe GTZ5S banyak pilihan

Ada berbagai merk di pasaran untuk tipe aki GTZ5S ini ada GS, Yuasa, Aspira, Toyo, Motobatt, NS, Indobaterry dan masih banyak merk2 lainnya. Niat awal beli aki Aspira yang sudah pasti lebih murah dari GS maupun Yuasa tapi kualitas gak jauh beda.

Tetapi setelah saya search di Tokopedia maupun Bukalapak ada satu merk Aki yang bikin buat penasaran yaitu Federal Quantum, oh ini aki keluaran federal yang masih satu grup dengan Astra Otoparts toh, harganya sangat mengiurkan hanya 120 ribu, alias lebih murah 30 ribu dibandingkan merk Aspira.

Tanpa berpikir lama kemudian saya pesan, aki seharga 120 ribu, secara kebetulan juga pakai voucher diskon 20% dari bukalapak, plus ongkos kirim jadi saya hanya membayar Rp.118.000 sangat terjangkau bukan.

Buka kardus dan Pasang
Setelah 5 hari barang baru sampai cukup lama, karena pilih jasa pengiriman yang paling murah, hehehe. Setelah di buka tara ya isinya aki, wkwkwk.

Aki FEDERAL

Dari bungkus/ kemasannya bewarna merah dengan tulisan Quantum Power di bawahnya ada tulisan dan logo “Federal Parts”, lalu di buka, tampilan aki bewarna hitam ukuran sama persis dengan aki tipe GTZ atau YTZ yang sudah menjadi standart untuk tipe ini.

Dari gambar aki di atas dan kemasan plus apa yang tertulis saya berasumsi bahwa aki ini bukan pure buatan federal parts, tetapi lebih tepatnya di rebranding oleh Fedral Parts dan di distribusikan oleh Astra Otoparts jadi ini sebenarnya adalah oli merk Quantum produksi lokal ( Indonesia). Tapi saya tidak underestimate toh ini di distribusikan oleh Astra Otoparts yang sudah pasti sudah lolos seleksi standart astra otoparts alias tidak sembarangan me-rebranding dan mendistribusikan barang dari pabrik lain.
Aki Quantum
perhatikan yang di kotak kuning
So secara kemasan dan bentuk gak ada masalah, bahkan setelah saya jejerkan dengan aki aspira 100% persis dari luar dengan kelengkapan dua buah baut kecil sebagai pengikat di kepala aki. Tidak ada aki zur yang harus di tuang sebelum di pakai seperti pada aki MF yuasa, aki ini sudah siap pakai, kalau di tanya awet mana ? entah lah saya juga belum tahu.

Aki kering murah
Sama Persis

Proses pemasangan di honda revo sangaat mudah, bahkan bisa di bilang ini proses pasang aki paling mudah seperti jupiter mx 135 1st generation. Cukup buka jok keluarkan isi dalam jok (kalau ada isi/ barang). Kemudian congkel tutup aki yang njendul kotak ada tulisannya, lalu buka dan sudah nongol kepala aki tinggal lepas aki eiits saat lepas jangan lupa lepas kutub negatif dulu baru positif.

Aki Honda Revo 100
cukup lepas cover penutup aki
Setelah lepas tarik ke atas kemudian pasang aki baru, saat memasang kutub positif (warna merah) yang pertam kali di pasang baru kemudian kutub negatif, mengapa demikian ? untuk mengindari hubungan arus pendek yang membahayakan. Setelah terpasang pastikan baut pada kutub aki bersih kalau kotor bersihkan agar aki berkerja maksimal.

Setelah terpasang coba nyalakan motor dengan kick stater, biarkan bekerja atau aki mengisi terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan kelistrikan motor, setelah itu matikan mesin dan coba stater elektrik (double stater). Kemudian tutup cover aki dan selesai.

Aki Honda Revo 100
jangan lupa saat pasang + dulu baru -

So untuk harga 120 ribuan aki Federal Quantum menurut saya layak untuk di beli praktis tanpa isi aki zur terlebih dahulu alias tinggal pasang. Kalau ada pertanyaan awet tidak ? sudah pasti saya belum tahu dan benar2 tidak tahu aki ini tahan di gunakan sampai jangka waktu berapa tahun.

Tetapi setidaknya untuk aki MF GTZ5S dengan label Federal Parts dan ada label Astra Otoparts tentu ini bukan aki sembarangan atau abal-abal yang di pasaran sudah banyak beredar.

Semoga Bermanfaat

“menurut saya aki merk baru gak terkenal tapi asal-usulnya jelas setidaknya lebih bagus tidak menipu konsumen dari pada NDOMPLENG/ NJIPLAK merk lain yang sudah pasti bisa mengecoh atau menipu konsumen”

6 comments:

  1. Ini barusan tanya, Tapi coba browsing, ketemu artikel ini :) di coba dulu de, muda"Han awet mudah hehehe. Di Kupang NTT 155ribu harganya...

    ReplyDelete
  2. sudah 1 thun bru drop kosong akinya di cas ngak mau ngisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru beli.Rp 175,00 Smoga gak ngecewain. Kayaknya sih oke..
      Smoga awet lah ya... 😁

      Delete
  3. Bang gmn aku nya apakah masih awet atau sudah mati?

    ReplyDelete