googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Barstep Honda Supra Patah, Ganti Biar Nyaman

Barstep Honda Supra Patah, Ganti Biar Nyaman

honda supra x 100

Halo Sob

Barstep ata pijakan kaki adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai tempat pijakan kaki pengendara sepeda motor. Menurut jenisnya bentuk barstep bermacam-macam mulai dari yang menempel ke rangka bagian samping sehingga bisa di tekuk, ada pula model underbone yang biasa di gunakan di motor balap, atau konvensional yang berupa besi melintang yang terikat di mesin.

Model konvensional yang melintang di bawah mesin ini biasanya yang masih banyak di gunakan di motor bebek dan beberapa motor sport seperti verza. Biasanya sebagai pengikat ke bagian bawah mesin ada 4 baut ukuran 12 berjumlah 4 buah. Akan tetapi bila sering di bongkar pasang apalagi saat pemasangan setelah di lepas kurang presisi bisa jadi lubang  dudukan baut akan patah, bahkan bisa juga baut patah di dalam.

Hal pait itu pula yang saya alami di motor honda supra beberapa waktu yang lalu, sebenarnya masalah ini sudah lama, bukan karena lalai atau kurang presisi, tapi karena dari pemakai sebelumnya yang kurang hati2 dalam merawat bagian ini. Awal mula sudah pasti barstep depan bergoyang setelah di cek ternyata dari 4 dudukan baut pengikat di bawah mesin 1 2 patah di dalam, 1 lobang baut besi barstep patah, dan hanya 1 yang normal.

besi barstep supra
dudukan baut patah

Solusi
Untuk baut yang patah dari 2 baut hanya bisa 1 yang di keluarkan sisa patahannya, sedangkan 1 lagi tidak bisa, sedangkan untuk gantungan baut besi barstep yang patah saya bawa ke tukan las untuk dibuatkan dudukan baru. Solusi ini setidaknya bertahan sampai 2 tahuanan, tentu dengan beberapa kali mengencangkan baut, dan untuk dudukan cantolan aut yang di las juga rawan patah paling tidak sudah 2 kali saya bolak-balik ke tukang las.

Tidak sabar atau memang nggak mau repot lagi, akhirnya saya ganti besi barstep sekalian, dan ternyata setelah saya amati dan bandingkan dengan yang kondisinya baru jauh berbeda, maksudnya besi barstep lama sudah bengkong pada beberapa bagian.

besi fotstep honda
pakai genuine ahm
Besi barstep depan honda supra x 100 saya tebus seharga 85 ribu rupiah di toko sparepart motor merk asli ahm dengan kode KEV-880, mahal ? memang untuk ukuran besi memang mahal apalagi merk asli honda. Alternatif bisa pakai merk lain seperti askipart tentu dengan harga yang lebih murah setengahnya kekuatannya ? kalau yang ini saya kurang tahu. Dan jangan sekali-kali cari/beli di ahass karena sparepart ini tergolong slow moving parts apalagi motor yang sudah discontinue macam supra x 100.

Memperbesar Lubang baut/ drat yang lebih besar

Sebelum pemasangan ternyata oleh mekanik bengkel di sarankan untuk membuat drat baut yang lebih besar karena sebelumnya sudah dol parah. Oke tanpa harus menurunkan mesin ya, caranya ? cukup miringkan motor hampir 90 derajat, jangan lupa ganjal roda depan supaya tidak berputar.

honda supra x 100
miring sambil rebah, ekstra sabar
Memperbesar drat baut memang lumayan susah, apalagi letaknya di bawah crankcase mesin dan tanpa menurunkan mesin dari rangka motor, EKSTRA SABAR, saya pun harus ikut membantu memegangi motor supaya tidak goyang,sedang mekanik sampil merunduk membuat drat baut secara perlahan dengan cara manual.

Ada 3 lubang yang harus dibuat drat baru, diperbesar dari ukuran sebelumnya 12 ke baut 14. Setelah hampir 1 jam akhirnya selesai. Pindahkan karet forstep ke besi barstep plus jagang samping lalu pasang.
besi barstep honda supra
tinggal 1 yang susah di cabut/senai
Impresinya sudah pasti aman dari gejala goyang-goyang, meski hanya 3 baut yang mengikat ke mesin dari 4 baut. So ini merupakan solusi hemat buat yang baut barstep ataupun dudukan baut di besi barstep patah, tenang tidak usah turun mesin, cukup cara hemat seperti cara saya di atas, meski harus sedikit ekstra tenaga dan ekstra sabar saat pengerjaannya.

Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment