googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Sedikit Tips Riding Di Lautan Pasir Bromo

Sedikit Tips Riding Di Lautan Pasir Bromo

 bangjoru.net
riding di lautan pasir bromo perlu sedikit tips

Halo Brosis
Cukup banyak yang menyebut jika masih newbie riding di lautan pasir bromo adalah “momok” yang menakutkan, ya menakutkan karena rawan selip, rawan mogok, rawan trouble, bahkan kalau ektrem bisa nlodor (jatuh). Bahkan pemandangan motor naik motor bukanlah hal aneh, ya memang motor yang “mogok” sudah pasti harus rela digotong si ojek GL untuk naik ke atas.
Memang riding di lautan Bromo menurut bjr “gampang-gampang susah”, bjr sendiri cukup sering, riding di bromo, sering sih nggak tapi 4 tahun terakhir ini entah sekali setahun atau 2 kali dalam setahun.

Oli Prima XP 10W-40 API SM

Review 4 Kombinasi Sprocket Honda Verza
Tidak hanya naik verza, tapi naik bebek yang pasti nggak pernah, bahkan pertama kali dulu bjr masih ingat pertama kali riding di lautan pasir di tahun 2013 awal mengendarai old beat karbu biru yang “unyu”. Bisa brosis bayangkan beat yang bobotnya saja nggak nyampai 100 kg, dinaiki bjr dan teman yang jika di total beratnya lebih dari berat motornya, hehehe.
Alhamdulillah saat itu riding pagi buta sebelum subuh di lautan pasir, niatnya memburu sunrise, eh ternyata di tengah lautan pasir motor supra x 125 teman bjr mancep di genangan pasir yang lembek terkena air, sempat was2 gak bisa keluar karena roda depan supra saat itu sudah terendam sampai piringan cakram, akan tetapi setelah diangkat 4 orang akhirnya bisa mengeluarkan motor dari lubang pasir basah.

Touring Nggak Harus Pakai Motor Sport

7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
Dan si beat memang sukses menaklukkan lautan pasir bromo, tapi saat itu harus rela takluk di penanjakan karena akselerasi ngrenjel karena roller yang sudah waktunya ganti.
Baru setelah itu kesempatan berikut-berikutnya bjr tak mengulangi kesalahan yang sama, dan sukses baik itu dengan beat yang ke dua kalinya atau verza yang juga 2 kali ke lautan pasir Bromo, intinya ada beberapa cara, yaitu
Pastikan Kondisi Motor Fit 100 %
Hal utama sudah pasti kondisi motor pastikan sehat 100% dan siap untuk digunakan, cek mesin, ketegangan rantai, pengereman, penerangan, cvt (buat motor matic), dan karet bundar (ban) pastikan layak jalan.

Touring Ke Lombok 

5 Tujuan Touring Bagus Di Jawa Timur
Pilih lintasi pasir yang agak basah
Cara ini terbukti cukup ampuh, pilih pasir yang agak basah saja, tapi awas jangan terlalu basah atau yang tergenang air bisa-bisa motor bisa terjebak “mblusuk” ke dalam juglangan pasir. Sebisa mungkin hindari lewat pasir yang terlalu gembur, jika motor trail sih nggak masalah, tapi jika motor non trail apalagi matic sebaiknya pikir lagi.

pusing mikirin kamu , eh ban, hehehe
Cek Alur/ kembangan Ban
Pengalaman riding naik verza ban belakang pakai ban michelin prilot street, hasilnya ? bisa jalan, tapi cukup kewalahan. Yap alur ban sedikit banyak berpengaruh, lupakan pakai ban minim kembangan apalagi ban slick, sebaiknya pakai ban dengan banyak patern atau jikapun tidak, ban standart bawaan motor sudah “cukup” mumpuni.
Sempat juga berpikir verza yang memang kewalahan di lautan pasir, tapi setelah lihat verza dengan ban standart bisa nyaman/ gampang riding, akhirnya bjr sadar alur ban memang berpengaruh.

Touring Ke Ranu Pane

Kode Disc Pad Motor Honda
gunakan kopling seperlunya
Minimalisasi pemakaian kopling
Sudah banyak kejadian motor sport/ motor kopling yang kampas kopling hangus / gosong, dan itu sudah pasti karena sering selip kopling/ narik kopling terlalu sering. Tips jika riding di lautan pasir untuk sport. Motor berkopling sebisa mungkin minimalisasi pemakaian kopling, gunakan seperlunya saja, dan juga jangan sesekali selip kopling.
"Cukup tarik kopling saat up/shift down gigi saja, tak perlu selip kopling terlalu sering"
Jangan Overspeed/ jaga kecepatan
Jika motor non trail lupakan riding overspeed, sebisa mungkin kalem/ cukupan saja kecepatannya, hal ini tidak terlepas dari kondisi jalanan berpasir yang sangat buruk dari segi grip ban, wong yang motor trail ban pacul saja bisa selip kok apalagi motor non trail.

nmax lancar jaya, dengan catatan tentunya, hehehe
Jaga keseimbangan
Sudah pasti saat riding pasti akan terasa selip, karena grip ban standart (khususnya) memang tidak diperuntukkan untuk jalan berpasir. Tapi bisa diimbangi dengan menjaga keseimbangan, kalau terasa “slide” jika tak bisa mengontrol motor, imbangi dengan kaki turun ke bawah.
So riding di lautan pasir memang mengasyikan, dengan motor standart saja sudah beda rasanya, ya bagi bjr senangnya mirip-mirip saat kecil berenang di kolam renang. Tapi yang ini sedikit berbahaya bila tak ada persiapan dengan matang.

Masalah Karet Vakum Mio Imitasi

Patokan Ganti Oli
So bjr bukan menggurui atau sok tahu, hanya berbagi pengalaman riding, bjr bukan ahlinya, tapi murni apa yang bjr siapkan dan terapkan, jika ada salah kata dan tulisan mohon koreksinya.
Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment