googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Oli Prima Xp 10w-40 API SM di Honda Verza, Suhu dan Peforma Stabil

Oli Prima Xp 10w-40 API SM di Honda Verza, Suhu dan Peforma Stabil

si "tanggung"
Halo Brosis
Masih dalam pencarian oli sesat yang pas, setelah fastron ijo tembus di atas 2500 km lebih dikits, sebelum akhirnya mengalami fuel dilution gara-gara minum pertamax turbo, sedikit melesat memang dari target awal yang minim 3000 km. Akhirnya setelah menimang-nimang maka untuk sesat ke-3 di honda verza bjr menggunakan prima xp.
Perlu diketahui Prima xp 10w-40 juga ada 2 jenis yaitu yang API SL dan API SM, meski kekentalannya (viskositas) sama, tapi standart API nya lebih tinggi SM, dan secara spek hampir mendekati fastron tekno yang API SN. Harganya juga berbeda dimana API SL ada direntang 50 ribuan dan API SM kemarin bjr dapat di harga 60 ribu.
Ke depan (kemungkinan) prima xp hanya akan ada yang API SM untuk versi 10w-40 itu kata penjual toko yang bjr beli, waktu beli fastron ijo lalu. Lantas kenapa milih prima xp 10w-40 API SM ? kenapa bjr gak kembali memakai fastron tekno yang sudah jelas-jelas secara value for money nya dapet?.
Alasan pertama tentu namanya masih dalam tahap pencarian oli yang tepat, bukan fastron tekno nggak tepat tapi murni bjr masih (pingin) mencoba oli lain, tapi saat bjr beli di toko kebetulan stock fastron tekno habis, lantas bjr berpikir nggak ada salahnya coba prima xp 10w-40 yang secara harga di toko Cuma beda 8 ribu.

mendekati pft
Spek Mirip-mirip Fastron Tekno
Secara viskositas memang prima xp 10w-40 sama dengan fastron tekno hijau, pembeda keduanya adalah sertifikasi API yang lebih tinggi pft, kemudian pft sudah ada nano guard, atau partikel nano yang membantu oli melumasi bagian dalam mesin sampai ke bagian terkecil.
Sedangkan prima xp 10w-40 standart API- nya satu level di bawah pft dengan aditif smart shield technology dengan embel-embel X-tream power dan protection, artinya melindungi mesin dengan suhu dan keadaan ekstrem. Baik pft maupun pxp keduanya sudah Semi Synthetic multi grade, secara fisik keduanya mirip2 kuning bening, hanya pft ada bulir2 kecil seperti “nano”, sedangkan pxp tidak.

Saya coba lihat di datasheet keduanya juga mirip-mirip, terlihat pada screenshot di atas, pxp memiliki tbn lebih rendah dibanding pft (7,05 berbanding 10,2). Selain itu pft lebih unggul, tidak heran banyak yang bilang pxp 10w-40 API SM ini adalah versi downgrade dari pft.

60 ribu kemasan 1 liter
Review 7 hari pemakaian
Selama seminggu ini setelah digunakan di honda verza, rasanya cukup buat bjr me-review atau bila ada yang tidak terima maka firs impresion saja nggak papa lah, hehehe. Bjr gunakan sehari-hari khas jalan/rute perkotaan saja, panas iya, hujan iya, dan pastinya di motor yang sama yaitu veranda  verza , spesifikasi mesin standariyah, bbm pertamax.
Pertama, suara yang dihasilkan sedikit lebih garing, masih ngebas saat memakai pft bahkan pfd sekalipun, istilahnya kurang renyah (bulet).
Kedua, akselerasi mirip pft, tapi tidak secepat pakai pft, bisa dikata akselerasi saat memakai pxp ada diantara msx dan pft. Akan tetapi setelah beberapa jam digunakan peforma akselerasi dengan pft gak ada bedanya.
Ketiga, panas mesin yang dihasilkan juga mirip dengan pft, alias sama plek, tetep adem ayem, atau istilahnya nggak seberapa panas seperti pakai oli genuine ahaem. Digunakan bermacet-macet ria gak ada gejala overheat, so verza gak ada kipas radiator tapi sejauh bjr gunakan pxp betis kaki kanan kiri tidak terasa anget, tanda extream protection bukan sekadar bualan.
Keempat, deselerasi/ engine break tidak seminim pft, mirip2 mco malah yang bjr rasakan.
Kelima, Top speed ? ora jajal, disinyalir gak ada beda seperti saat memakai pft, belum coba sih tapi sejauh gonta-ganti oli memang bedanya tipis2 kalau soal top speed.
So,kalau ditanya apa sih kelebihan pxp dibanding pft maupun msx ? yap seminggu lebih bjr pakai rasanya ada beberapa perbedaan, suara mesin garing saat stasioner tapi digunakan running di kecepatan rendah motor terasa enak dan suaraya senyap. Kemudian deselerasi/engine break yang mirip2 mco bagi bjr lumayan membantu kerja tangan kanan sedikit lebih rileks.
Durability ? ehhm kemungkinan juga mirip2 pft, berdasarkan referensi jarak tempuh maksimal pxp memang sama dengan pft (maksimal 8-10 ribu km)
Overall, pxp selama seminggu impresi cukup positif, tidak seenak pft tapi masih lebih baik dibanding msx apalagi mpx, sesuai harganya yang ada di antara msx dan pft, ada yang bilang “nanggung” dengan harga 60 ribu ? bener banget, nanggung banget secara selisih “Cuma 8 ribu.”
"harus sejajar" tanda oli ASLI
Semoga Bermanfaat



4 comments:

  1. Artikel yang bermanfaat bang,

    ReplyDelete
  2. pake castrol power 1 di verza uda mumpuni mas bro. Harganya terjangkau. Tarikan/akselerasi lumayan lebih enteng daripada pake oli AHM ataupun enduro racing. Top speednya juga dapet sampe 115km/h. Dipake sampe 3500 km, juga masi enak.

    ReplyDelete
  3. toko oli mana itu om ? dri rawamnagun deket apa jauh ?

    ReplyDelete