googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Bosh Dan Bearing Swing Arm Honda Verza

Ganti Bosh Dan Bearing Swing Arm Honda Verza



digoyang, kalau goyang (meski dikit) bosh arm (neadle bearing)  waktunya ganti
Halo Brosis
Apa yang brosis rasakan saat bagian belakang motor tidak stabil, sudah pasti tidak nyaman. Itu juga yang bjr rasakan beberapa waktu terakhir, bagian buritan verza terasa ngebuang saat bjr gunakan untuk berbelok, begitu juga saat digunakan di jalan lurus, melewati pembatas jalan juga terasa oleng. 
Saat memeriksa bearing dan karet dudukan gear, bjr coba goyang arm (lengan ayun), dan ternyata ini dia tersangkanya, saat di bjr goyang ke kanan dan ke kiri arm terasa sedikit bergoyang, lebih tepatnya yang sebelah kiri, kalau ini mah bearing arm & bosh arm nya kocak (aus)/ waktunya ganti.

Bearing/bosh arm merupakan part yang tersembunyi sebagai dudukan penghubung as lengan ayun antara arm (lengan ayun) dengan rangka. Kecil sih tapi kalau rusak buat bikers yang awam tentu jarang mengetahui.
Berhubung saat itu bjr muter2 ke bengkel2 tidak ada yang jual, sebenarnya ada part merk non genuine, tapi saat bjr tanya harganya ngilani mencapai 90 ribu, ya jelas bjr urungkan wong part merk non genuine kok harganya menyamai harga sparepart genuine, disinilah terkadang bikers harus cerdas. Terlebih saat bjr konsultasi ke bengkel langganan di wanti2 kalau pakai part genuine kalau bosh arm, karena kalau nekat pakai part non genuine umur tidak akan bertahan lama.

bearing nedle / bearing arm
 Memang bosh arm verza sudah menganut model bambu (neadle bearing) seperti yamaha vixion, alhasil tidak bisa substitusi dengan motor honda lainnya seperti gl, megapro primus, dan tiger yang masih menganut model bosh arm model lama.
Memang apa bedanya ? secara fungsi tetap sama, hanya model bambu dari beberapa referensi yang bjr baca lebih kuat dan menambah agility (kelincahan) motor. Tercatat spareparpart verza dengan kode 91071-KSP-901 ini pertama kali digunakan di honda new megapro untuk selanjutnya digunakan di motor batangan ahm seperti verza, old cb, cbr.

6,7,15,16
 Berangkat dari situ akhirnya bjr terpaksa inden di ahass “3 minggu” brosis, sekalian juga beli karet dudukan gear, bearing roda belakang (buat jaga2). Ada setidaknya 4 part yang harus diganti yaitu bosh arm (91071-KSP-901), besi collar (52141-KSP-900), seal debu bagian dalam dalam (KS6-003), dan seal debu luar (GC4-003). O iya brosis kanan kiri ya belinya jadi 8 buah (4 x 2).

inden 3 minggu brosis
Untuk harganya sebagai berikut :


bosh arm/ bearing nedle  (91071-KSP-901) – 25000 x 2 = 50000

besi collar/ collar swingarm pivot  (52141-KSP-900) – 32000 x 2 = 64000

dust seal (seal debu dalam) 91254ks6003 – 4500 x 2 = 9000

dust seal (seal debu luar) 52144gc4003 10000 x 2 = 20000


Total : 143000 + pajak 10 % = 156 000 + grease cvt 15 ribu = 171000

Sebenarnya kebanyakan kalau ganti bosh ya Cuma boshnya saja (nomer 15 / nedle bearing), akan tetapi kata mekanik langganan untuk hasil maksimal keempat komponen kanan kiri sekalian diganti saja.
Saat pemasangan hal yang perlu diperhatikan adalah grease / stempet yang dipakai harus yang berkualitas, agar supaya kerja bearing dan bosh arm dapat berfungsi maksimal dan tahan lama, untuk hasil maksimal, bjr gunakan grease cvt terserah mau pakai merk y atau a, yang penting grease cvt, karena grease cvt lebih tahan lama, wong di pulley cvt saja bisa sampai ribuan km, apalagi Cuma melumasi bagian bosh arm.

untuk memudahkan, lepas knalpot
 Selang 3 minggu sejak pemesanan (inden), akhirnya part datang juga, langsung pasang, pasang sendiri ?, ogah brosis selain tidak punya tool untuk membuka, bjr juga ogah ribet.
Tapi langkahnya tetap bjr perhatikan,
pertama lepas knalpot, untuk memudahkan melepas arm
kedua lepas roda belakang kemudian cover body tengah (warna hitam) di lepas (kanan kiri),

lepas plat besi pengunci as arm
 ketiga, buka baut as pengunci arm (lengan ayun)
Setelah as terlepas maka akan tempak bosh arm yang sudah mulai termakan usia, cara melepasnya cukup dengan di getok palu secara perlahan. Setelah itu bersihkan dahulu bagian dudukan rumah bearing nedle arm. Tapi terlebih dahulu ukur kedalaman (jarak) bosh arm sampai masuk ke dalam rumah as arm.

digetok perlahan, dengan alas kayu
 Lalu beri grease secara merata dan pasang kembali dengan di tekan secara perlahan dengan di getok palu dengan bantuan kunci T dan kunci busi. Kemudian pasang besi collar (bosh) lalu tutup dengan seal debu dalam (kecil) dan luar (besar). Untuk selanjutnya pasang seperti kebalikan saat melepas.
Ongkos pasang di bengkel murah, tidak akan lebih dari 40 ribu rupiah, maka motor akan sehat kembali. Setelah terpasang langsung test ride , Alhamdulillah sembuh, tidak ada lagi gejala oleng di bagian belakang, pun saat digunakan berbelok gejala ngebuang sudah tidak bjr temukan lagi.
So untuk motor usia hampir 4 tahun mengganti bosh arm (bearing nedle)  merupakan sesuatu yang wajar, bahkan ada beberapa rider yang mengganti lebih cepat. Indikator utama sudah pasti ada gejala limbung dibagian belakang, dan rantai yang sering cengdor (kenceng kendor) yang juga berakibat umur rantai tidak lama.
So gimana, sudah cek bosh arm motormu belum, buruan 
Semoga Bermanfaat

jika tidak ada baret masih bisa digunakan

13 comments:

  1. Wah masbro ganti tampilan blog nih.
    Kayaknya sering kena jalan rusak/bergelombang ya?

    jadi bosh & bearing arm harus diganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan sering lagi, tapi sudah semakin mesra dengan jalan yang makin rusak, hehehe, masih nyicil dikit2 tampilan (dibaca bingung), hehehe

      Delete
  2. Wahhh motor ane juga mulai minta jajan nih hufftt

    ReplyDelete
  3. Wah Verza ane sudah waktunya minta jajan nih

    ReplyDelete
  4. Gan mau nanya ne,apa mmg made in china bearing nedle/arm ny verza???sy td br ganti bearing nedle verza n merk yg terbaca made in china...

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan beli merk apa ?
      kalau nggak salah ingat oem honda genuine part pakai merk lhk/skf , kalau ada tulisan lhk/skf di bearing nedle nya aman kok toh lhk/skf juga ada yang produksi di china

      Delete
  5. Wah..mantap & trim's share infonya. Pas benar saya hari ini jg ganti bosh arm complete set (collar swing arm, bearing needle & dust seal luar dalam) tp bukan genuine part sih soalnya kantong lg tipis, smntara kondisi motor udh gak enak kali bawaannya (goyang/gak stabil).

    ReplyDelete
  6. Pagi bro , verzaku (2015) juga sdh pernah ganti Bosh arm komplit pada September 2018 , di AHASS , spare part asli , hanya saja di bulan February 2019 ini minta ganti lagi , terlalu cepat durasinya bro , apa itu memang kelemahan verza ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kruang dari setahun kok rasanya terlalu cepat ya,
      rerata umur bearing nodle dan bosh arm verza 2-3 tahunan baru ganti, bahkan ada yang 4 tahun, tapi bergantung pemakaian juga kalau menurut saya bisa juga sering hajar lubang/ muat beban berat, profil ban yang kurang tepat, setelan shock belakang yang nggak pas juga sedikit banyak mempengaruhi umur bearing arm, kalau di bilang kelemahan verza rasanya nggak banyak juga yang mengalami masalah ini,
      tapi menurut saya dengan asumsi pemakaian berkendara agan normal dengan rentang umur pasang september 2018-february 2019 (6 bulanan) bisa jadi ada kesalahan dalam pemasangan. karena saat pemasangan sebelum di lepas (bearing nodle) akan diukur kedalamannya dan saat pemasangan harus sama kanan kiri. Sekali lagi (bukan bermaksud suudzon) tapi kemungkinan demikian

      Delete
  7. gan..kalo bosh arm verza sama new megapro sama gak ya??

    ReplyDelete
  8. Gan...motor tiger revoku armnya gampang goyang meski udah di ganti boshnya.
    Bosh arm tiger revo kalau pakai bosh arm mega pro new (bearing bambu) apa cocok?

    ReplyDelete