googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Pemakaian Oli Meditran Sx di Honda Supra X 125 Fi, Positif

Review Pemakaian Oli Meditran Sx di Honda Supra X 125 Fi, Positif



Halo Brosis
Oli sesat memakan korban, oli sesat memakan korban, oli sesat memakan korban hehehe
Bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini lagi trendnya motor memakai oli mobil bensin maupun oli mesin diesel atau bahasa gaulnya yaitu oli sesat. Ketika bjr pertama memakai oli sesat yaitu msx, dan celakanya setelah membeli msx saat itu bjr tak langsung pulang, tapi mampir ke rumah teman bjr.
Rasa penasaran pun sontak timbul dalam benak teman bjr namanya “deny” alias mbah (jangan tanya kenapa dipanggil mba), teman bjr sejak sma ini penasaran kenapa bjr hendak memilih sesat pakai oli diesel saat itu.
Bjr pun gak bertele-tele jawabnya “lebih long drain, saat itu (katanya) lebih baik dibanding oli mco (motor), harga murah dibanding oli sekelasnya, dan saat itu masih  (katanya) lebih bersih membersihkan daleman mesin” jawab bjr mantap, tentu saja itu bukan jawaban yang singkat, hehehe.

Penasaran Coba
Selang beberapa kemudian atau kalau tidak salah di bulan Januari minggu kedua, ternyata si mba mendadak tanya lewat bbm
Mba “boy oli diesel kae sing mbok gawe opo jenenge ?”
Bjr “msx mbah, arep nyesat yoh ?”
Mba “iyo, iki arep ganti oli, sisan nyobak bekne bener iso suwe penak e koyok jaremu”
Bjr “sip, meditran sx mbah wadahne biru, ojo msc, ojo meditran s, ojo meditran bio (diesel)”
Itulah kurang lebih percakapan singkat bjr dengan si mba, kenapa bjr rekomen meditran sx, tentu karena saat itu bjr yang sudah merasakan meditran sx di honda verza kurang lebih 2 minggu, impresinya positif ini oli enak pake banget. Kenapa bjr kok melarang mba pakai meditran sc, s, maupun bio, karena meditran sc atau s masih dibawah meditran sx, sedangkan meditran bio belum banyak reviewnya.
Setelah bertanya lewat bbm ke bjr, si mba hari itu juga langsung ngacir beli meditran sx, dan saat itu juga resmi motornya yaitu old Honda Supra x 125 fi yang sudah berumur tahun resmi sesat pakai oli hdeo (oli mesin diesel)


Selang 1 bulan lebih pemakaian
Kemarin lusa, saat bjr senggang niatnya iseng bbm si mbah, sekadar mau tanya bagaimana feedback/ review meditran sx di motornya tentu juga komparasi dengan oli sebelumnya yang ia pakai. O iya brosis si mba ini sebelumnya pemakai setia sheel Ax 7.


Bisa dilihat di capture bbm, ternyata review pemakaian oli msx bisa dikatakan positif. Menurut mba berikut impresinya
-> tidak sehalus oli sebelumnya (ax7), akan tetapi kualitas pemakaian atau rasa pemakaiannya lebih konsisten dibanding ax7. Msx sedikit lebih kasar
->oli sebelumnya (ax7) enaknya Cuma 2 minggu, sedangkan meditran sx setelah sebulan lebih pemakaian peformanya masih konsisten.
->Enaknya perlu waktu agak lama, menurutnya meditran sx setelah berkendara kurang lebih 15 menit peforma sesungguhnya mulai terasa.
-> Terkadang tepak-tepak’an msx bisa langsung enak juga
-> Akselerasi sedikit agak berat
So reviewnya secara keseluruhan hampir sama dengan meditran sx di honda verza bjr, yang paling mencolok memang peforma msx konsisten dan akselerasi sedikit agak berat.
Beratnya akselerasi tentu karena base msx yang masih mineral lain lagi dengan oli sebelumnya (ax7) yang sudah semi sintetik. Perbedaan mencolok dibanding sebelumnya (mco) adalah peforma yang konsisten dalam rentang waktu yang lebih lama.
Jika merunut datasheet meditransx memiliki TBN (Total Base Number ) sebesar 10  tergolong angka yang tinggi dibanding ax 7 yang dalam data sheetnya bjr tidak temui berapa nilai TBN nya. TBN sendiri bjr kutip dari total oil merupakan ukuran jumlah kadar basa (alkali) yang menetralkan kadar asam pada pelumas mesin. Sebagian besar oli hdeo (heavy duty engine oil) nilai TBN nya di atas 10, hal ini karena tingkat keasaman dalam pembakaran mesin diesel lebih tinggi, sehingga kualitas oli lebih dapat terjaga dibanding jenis oli lainnya (disamping pnambahan aditif lainnya), jadi tidak heran di mesin motor sekalipun oli msx dapat konsisten peformanya.
So secara keseluruhan , memang meditran sx bisa dikata positif lebih baik dibanding oli sebelumnya di motor old supra x 125 fi milik teman bjr, so yang perlu diingat review ini jangan disama ratakan, dengan motor sejenis sekalipun.
Saat bjr tanya lanjut apa nggak (sesatnya), dengan mantap rupanya si mba menjawab “lanjut, mungkin nek enek duwek lebih (ada uang lebih) arep munggah koyok sing mbok gawe saiki ( mau naik seperti yang bjr pakai sekarang)” ujarnya.
O ternyata bakat sesat ni orang , dan si mba penasaran dengan racun bjr yang kedua yaitu si pft hulk, hehehe.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment