googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Oli Meditran Sx di Yamaha Jupiter Mx 135, Mantaf

Oli Meditran Sx di Yamaha Jupiter Mx 135, Mantaf



si item

Halo Brosis
Selamat hari libur brosis, kebetulan hari ini bjr ada waktu senggang untuk merawat (kembali) motor yang sedikit agak terlantar, yaitu si jupiter mx hitam. Motor yang telah menemani (ciyee, hehehe) bjr selama hampir 10 tahun ini adalah secondary motor bagi bjr di rumah.
Memang intensitas berkendara dengan mx kini tak sesering verza yang memang merupakan motor utama bjr saat ini. Treatment untuk mx kali ini ringan2 saja, sedikit di bersihkan bodynya, dan bjr putuskan pakai knalpot standart, menggantikan knalpot brong yang setahun ini bjr pakai.
Kemudian box filter kembali bjr pasang, dan yang terakhir ganti oli, saatnya nyesat, oli terakhir yang bjr pakai yaitu evalube runner 4t yang peformanya biasa2 saja. kebetulan bjr punya seliter olcur (oli curah) yang bjr beli beberapa hari sebelumnya, oli hdeo meditran sx.

curah mania
 Saat itu bjr beli dengan mahar 27500 saja untuk seliter, juauuh lebih murah dibanding versi botol.yang mencapai 44 ribu. Ambil tolkit kunci as 17 untuk membuka baut tab oil mx, lalu mengucurlah oli evalube yang sudah hampir seribu km an.
Kemudian setelah semua oli keluar tutup kembali lalu tuang msx, untuk sesat pertama di mx bjr tidak mengganti filter oli, barulah nanti di pemakaian ke 2 filter oli bjr akan ganti. Setelah lubang oli ditutup rapat, lalu stater motor, ehhm bunyi khas jupiter mx old kering2 gimana gitu suaranya (udah lama gak ngarasain suara sutandar knalpot mx, hehehe).
Ternyata eh ternyata setelah bjr coba rasanya
+ suara mesin halus
+ Shifting gigi halus
+ Mesin lebih adem
+ akselerasi maknyuss
Minusnyaa, belum nemu
Ternyata rasanya khas meditran sx, akan tetapi berbeda dengan saat menggunakan di verza. Di jupiter mx bjr rasanya lebih enak saja, akselerasi ngisi alias nampol, dan sudah klik sedari awal, berbeda dengan di verza yang nunggu panas dulu baru terasa enak.


Spek mx bjr sendiri standart, tapi sudah mengaplikasi boring di cylindernya atau sudah tidak diasil cylinder lagi, tapi seher ukuran standart, selebihnya masih standart. Kemungkinan celah mesin yang sudah berumur 10 tahun ini sudah tidak serapat motor keluaran baru, jadinya dengan base mineral dan viskositas yang cenderung kental khas oli hdeo msx dapat bekerja maksimal melumasi bagian dalam mesin.

 Jadi secara garis besar meditran sx di old jupiter mx 135 serasa pas, bahkan paling / lebih enak dibanding oli lain yang selama ini bjr gunakan di mx, dan resmilah sekarang semua motor di rumah sesat semua, supra oli pcmo primaxp, mx meditran sx, dan verza fastron tekno hijau, benar-benar keluarga sesat, hehehe.
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment