googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Merk Sparepart Motor Alternatif, Nih Yang Terpercaya

Merk Sparepart Motor Alternatif, Nih Yang Terpercaya



Halo Brosis
Bagi sebagian bikers mengganti sparepart merupakan ritual yang wajib dilakukan, ya karena memang beberapa komponen kendaraan motor pasti ada usia pakainya dan wajib untuk diganti untuk menjaga fungsi tetap maksimal.
Saat mengganti sparepart entah itu rusak/ atau sudah habis masa pakainya, tentu sebagai bikers tak jarang dihadapkan dua pilihan mengganti sparepart “Orisinil atau Non Orisinil”.
Tentu saja pilihan itu tak berlaku di bengkel resmi yang “sudah pasti” hanya menjual sparepart dengan label orisinil. Akan tetapi tidak semua bikers merawat motornya di bengkel resmi toh.
Ketakutan/ jippernya sebagian orang saat memakai sparepart non orisinil pasti adalah kualitasnya, bahkan sebagian besar orang masih menganut paham “Ono Rego Ono Rupo” kalimat bahasa jawa yang kurang lebih artinya “Ada Harga Ada Rupa”. Setuju ? bjr sih ogak sepenuhnya setuju.

Bagi bjr sparepart non orisinil adalah sebuah alternatif, alternatif dari mahalnya sparepart label orisinil yang harganya semakin ngilani mahalnya, padahal beberapa bahannya sama saja, bahkan untuk part tertentu bisa dikata lebih baik dibanding part orisinil. Akan tetapi cari part non orisinil/ aftermarket tentu bukan sembarang merk, setidaknya ada beberapa merk yang bjr rekomendasikan, karena sudah sering bjr menggunakannya, dan tentu merknya jelas dan kualitasnya jelas.
Indikator jelas dan kualitasnya apa ?, indikator jelas dalam artian info sparepart tersebut mudah didapat baik dari cot by cot (mulut ke mulut), maupun internet, sedangkan kualitas tentu impresi pemakaiannya.
So merk non orisinil apa saja yang terpercaya, ini dia


Aspira , merk kebanggaan Indonesia , bagi bjr kualitas aspira sudah tidak perlu di ragukan lagi, sparepart aspira yang bagian dari astra otoparts tidak hanya menjual sparepart motor tapi juga mobil. Sparepart motor aspira bagi bjr kualitasnya bisa dikatakan tidak kalah dengan original merk pabrikan, bahkan ada beberapa sparepart yang oemnya aspira, “alias beda bungkus isi sama harga beda” hehehe.
Sparepart motor aspira pun bermacam-macam, dan sampai saat ini bisa dikata “paling banyak” jenisnya (cmiiw) mulai dari baut, kampas rem, aki, kampas ganda, bohlam lampu, rantai, klep, piston, kampas kopling dan masih banyak lainnya.
Harganya pun bervariasi tapi ”tidak akan lebih mahal” dari sparepart merk pabrikan, tapi selisihnya dengan sparepart orisinil berkisar antara 20-30 persen, bjr pun sudah sering pakai sparepart aspira mulai bohlam lampu, kampas ganda, kampas rem, aki, sampi ban pun bjr pernah pakai.

 Indopart, hampir mirip dengan aspira akan tetapi dari perusahaan yang berbeda yaitu Indomobil yang terkenal dengan “Suzuki” nya,  dan memegang beberapa merk di Indonesia. Kualitas sparepart Indopart sendiri sudah terpercaya dan tidak perlu diragukan lagi.
Jenisnya pun juga hampir sama banyaknya seperti aspira, sparepart motor yang paling terkenal awet merk indopart yaitu rantai motor, ya dalam sebuah uji tarik, rantai produksi/ merk indopart adalah yang terkuat  dibandingkan merk orisinil 4 pabrikan Jepang (Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki).
Harga sparepart indopart pun tergolong terjangkau, jauh lebih murah dibanding merk orisinil, tapi kualitasnya bisa di adu, bjr juga demikian, tercatat bjr pernah beli bohlam lampu, rantai, gear set, kampas rem, komstir dan semuanya bjr bilang badak ! (kuat), bahkan jauh lebih awet/ kuat dibanding merk orisinil.
Bahkan merk sprocket premium yang terkenal dengan kualitas dan warnanya yang eye catching dahulu pernah pakai indopart sebagai part oemnya kemudian di rebranding. Tapi entah mengapa di toko-toko sparepart indopart tidak sebanyak aspira variasi jenisnya.

terkenal murah,
Federal parts , merk yang masih satu pabrik dengan aspira ini pun juga terkenal dengan harga yang murah meriah, mulai rantai, kampas rem, seal shock bjr pernah pakai. Harganya paling murah dibanding aspira dan federal, tapi kualitasnya sedikit dibawahnya.
Masih satu pabrikan dengan aspira federal parts, ada sejak tahun 1993, dan bagi sebagian masyarakat federal parts lebih familiar dibanding aspira.
Tapi soal kualitas tak perlu diragukan lagi mulai kampas rem, rantai sampai bearing pun pernah bjr pakai impresinya ? awet bandel, harga kaki lima kualitas bisa diadu dengan bintang lima menurut bjr, tapi yah sama seperti indopart sparepart federal yang bjr temui di bengkel ya itu2 saja seperti kampas rem, bearing, padahal masih bejibun, oh iya kampas rem (disc pad) verza masih setia pakai federal part loh, impresinya disini. 
 
action 1, merk baru
Duration/ Action 1 ,  masih tergolong baru, tapi di sebagian toko sparepart mulai sering di temui, bagi yang belum tahu selidik punya selidik ternyata merk sparepart Duration/ Action 1 adalah merk baru yang diproduksi oleh Top Indo Atlas Asia yang juga distributor oli Top 1.
Produknya pun bervariasi mulai dari ban, kampas rem, vanbelt, gear set, busi dan masih banyak lainnya. Harganya manurut bjr bersaing dengan indopart, pun demikian dengan kualitasnya juga mirip2.
Pernah 2 kali beli kampas rem /disc pad ,harganya saat itu 25 ribu merk duration, lumayan awet sampai setahun pakai kalau tidak salah (berarti bener).

So sebenarnya masih banyak merk2 lain yang masih belum bjr sebutkan seperti npp, orisin,zsw, tapi paling banyak dan sering bjr pakai ya keempat merk di atas, tentu sebagai bikers kita tetap harus kritis dalam memakai dan memilih sparepart tidak harus pasrah beli sparepart orisinil yang harganya mahal, mentang2 motor H sparepart harus H atau Y sparepart harus Y.

Kalau bjr sih nggak harus, motor H sparepartnya bisa A bisa I bisa F bisa D selama tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan harganya lebih “ramah” tentu tidak ada salahnya, ora usah jipper loh, hehehe
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment