googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Melepas Penat Di Telogo Sewu Pandaan

Melepas Penat Di Telogo Sewu Pandaan



Halo Brosis
Jengah dengan hiruk piruk kehidupan perkotaan, renang adalah salah satu solusinya, ya memang itu hampir menjadi rutinitas bjr yaitu renang, minimal sejak bulan lalu sebulan 2 kali renang, tentu saja selain olahraga juga menjaga agar badan ini tak overdosis amat.
Tapi masalahnya kalau renang di tempat bjr itu susah, "loh katanya sidoarjo banyak kolam renang,?" iya banyak, tapi yang seger banget gak ada, karena memang untuk mendapat dan menjaga kualitas air kolam renang ya di campur kaporit, bahaya sih enggak tapi agak gimana gitu di kulit dan mata.

Setelah sibuk mencari kolam renang bebas/minim kaporit akhirnya bjr nemu di Tlogo Sewu. Ya wisata pemandian di kawasan Pandaan desa Durensewu, dari tempat tinggal bjr (Sidoarjo) kurang lebih 30 km- an. Untuk menuju ke tlogo sewu tidak sulit, dari arah Surabaya bisa lewat taman dayu, atau putar balik setelah melewati pom bensin di jalan  kemudian berbelok ke arah barat.

Bjr berangkat hari Kamis (16/3) sekitar pukul 1 siang, lah kok siang? Memang karena partner si Wakid bisanya siang. Sampai di Tlogo Sewu sekitar pukul 2, cukup 1 jam naik motor, tentu dengan kecepatan sedang (normal), karena jalan Surabaya – Malang penuh dengan jerawat (lobang).
Siang hari dari luar nampak tidak terlalu ramai, setelah membayar parkir 3 ribu rupiah, kemudian kami membei tiket masuk seharga 10 ribu rupiah untuk 1 orang termasuk terjangkau dibanding kolam renang di kota.

Setelah masuk, menu utama sudah tersaji di depan mata, di tlogo sewu ada 4-5 kolam renang. 1 kolam renang untuk dewas dengan kedalaman 1,5-1,8 meter, sisanya kolam ukuran dan kedalaman sedang untuk anak. Ternyata tidak hanya kolam renang di sisi utara setelah pintu masuk ada kolam pancing dan di sediakan pula perahu  kayuh yang bisa di naiki berdua .

kolam pancing
 Setelah masuk bjr langsung ke ruang ganti, untuk kemudian melakukan pemanasan sebelum berenang di kolam renang utama, dan ternyata setelah masuk ke kolam sueeeger asli. Tapi yang cukup di sayangkan kedalamannya menipu, lah gimana nggak nipu kelihatannya nggak dalem ternyata kelem, hehehe.

“Lupakan kolam renang cantik dengan view pegunungan atau ada tulisan2 yang ngehits seperti di blessing hills, karena kolam renang utama di tlogo sewu bukan untuk itu (foto2), tapi kolam dengan air alami asli sueger tapi dengan hawa sejuk khas di kaki pegunungan”

Bjr berenang di kolam renang utama yang memiliki luas lebar kurang lebih  15 meter dan panjang 55 meteran, cukup untuk digunakan berenang ke sana-kemari. Yang paling asyik sih airnya menurut bjr segeer bener, serasa air prigen asli, bisa dikata zero kaporit, wong bjr renang tanpa atau memakai kacamata renang saja hampir tak ada bedanya kecuali visibilitas di dalam air, artinya gak ada gejala perih dimata.
 Airnya tampak kebiruan dari atas karena bias keramik kolam renang, bersih asli, tidak ada kotoran macam dedauanan meski di sisi selatan ada taman dan bumi pekemahan, hal itu karena di atas kolam renang ada jaring pelindung tipis untuk mencegah dedaunan masuk ke kolam renang, sebuah solusi cerdas dari pengelola menurut bjr.

pinggiran kolam
 Kebetulan juga suasana saat itu siang menjelang sore, yang menjadikan kolam renang sepi pengunjung, hanya sekitar ada 5-7 orang saja berenang di kolam renang utama, inilah salah satu kelebihan refresing di week day.

“refreshing / liburan paling tepat itu saat weekday, lebih privat, tidak padat dan ramai, gampangnya di saat orang lain bekerja liburanlah, disaat orang lain liburan bekerjalah,”, wkwkwkwk, tapi tetap hidup tak semudah itu bung,

Fasilitas di tlogo sewu juga terbilang lengkap, ada ruang bilas yang terpisah laki-laki dan perempuan, hanya di ruang bilas laki-laki saat bjr gunakan setelah berenang terasa agak gelap ruangan bilasnya, sedikit horor karena lampu penerangan banyak yang mati , mungkin karena ruangannya di pojok sebelah tenggara, tapi kelengkapannya bisa seperti tirai yang rapi, dan gantungan baju, begitu juga keran airnya yang mengucur deras.

kolam anak
 Setelah berenang jangan lupa ibadah, mushola ada di sisi barat sebelah barat pujasera, cukup unik, tidak seperti halnya mushola pada umumnya, di tlogo sewu Mushola tampak klasik bergaya rumah panggung, dengan ruang wudhu plus kamar mandi di sisi selatan-nya, ada juga kolam ikan di depan mushola.
Sayang sekali saat bjr ke pujasera banyak yang tutup, entah sudah sore, atau bukan hari libur, jadi niat makan di pujasera tlogo sewu bjr urungkan.


Murah Komplit
Sebenarnya bjr niat ke Tlogo sewu cuma untuk renang, tapi setelah selesai dan mengitari dari sudut sampai ke sudut, ternyata dengan tiket masuk 10 ribu, tlogo sewu sangat worthed sebagai tempat wisata.

Mushallah unik, bersih
 Tapi sebagai tempat wisata di dalamnya sangat banyak yang bisa di lakukan, kolam renang ada, pujasera ada, mau mancing ada, tempat mengayuh perahu ada, terapi ikan ada, camping ground luas, arena outboun,  flying fox ada,  arena berkuda pun ada plus bonus juga hawa yang sejuknya bisa di nikmati gratis nggak dingin kok, sejuuk.
Semoga Bermanfaat 

No comments:

Post a Comment