googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Komstir Motor Honda, Bisa Saling Substitusi

Komstir Motor Honda, Bisa Saling Substitusi




Halo Brosis
Komstir di sepeda motor merupakan salah satu komponen yang sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Memang letaknya tersembunyi di bawah stang kemudi, jadi tidak banyak orang/ pengendara awam tahu. Si part bernama "komstir" ini punya cara khusus untuk kenalan dengan pengendara yaitu saat stang/stir motor terasa berat/ oleng/ oblak, kalau sudah begini kebanyakan mekanik pasti bilang “komstirnya kena”.

Memang komstir atau bahasa bengkelnya “cones/ kones" ini tidak manja-manja amat, paling normal setelah motor berusia 2 tahun / atau kisaran 20 sampai 30 ribuan km (bergantung pemakaian), si komstir baru minta perhatian lebih ke pengendara.
Tak terkecuali bjr yang sejak dahulu mainan motor sudah hampir tiap motor yang ada di rumah selalu “komstirnya minta jajan/ ganti”, hehehe.
Begitu juga teman bjr  si mba yang motor supra aliran sesatnya (pakai oli sesat) juga beberapa waktu yang lalu juga tanya mengenai komstir motornya, dan baru kemarin saja teman kuliah bjr pengendara vario wtf (what the f*ck) yang juga mengomel karena di usia motornya yang hampir 5 tahun mengeluh komstirnya kena.
Keduanya kompak bjr sarankan ganti komstir grand, yang satu misuh2 motor maticnya suruh ganti komstir motor tua grand, tapi bjr coba jelaskan jika komstir motornya memang sama dengan grand, mau beli sparepart apa saja di bengkel ujung2nya pasti di kasih komstir punya grand dengan kode GN5, eits bukan yang jual bohongi, tapi memang sama !.
So supaya gak bingung di motor honda memang untuk urusan komstir bisa saling substitusi kok atau malah bisa di kata sama, berikut daftar persamaannya
 
all matic, all cub except "sonic"
GN5, komstir honda grand ini sudah amat familiar di jagat permotoran Indonesia, memang motor honda grand sendiri sudah lama almarhum tapi sparepart nya terkenal masih banyak yang jual, tak terkecuali komstir ini.
Seluruh motor bebek dan matic honda kode komstirnya sama semua yaitu GN5 mulai jaman grand, supra series , beat, vario, sampai pcx sekalipun komsitrnya berkode GN5, hampir semua loh ya, bahkan supra gtr yang bumbung (diameter) shock depannya 31 mm, komstirnya tetap pakai kode GN5.

Hanya dua motor jenis bebek yang kode komstirnya bukan GN5 yaitu sonic, baik sonic 125 thailand maupun new sonic 150, kalau cs 1 meski mesin turunan sonic, komstir tetap GN5.  o iya brosis hampir kelupaan ada komstir gn5 versi Jepang dengan pembeda di kemasannya yang plastik dan "made in japan", soal bentuk sama saja, kualitas ? tahu sendiri lah, hehehe
 
sport macam gl,tiger, mp primus, nsr, win pakai "041" (sumber)
041, komstir motor sport honda dibawah 2010, bisa di ketahui dari nomor tengah kode sparepartnya yaitu 041, komstir untuk motor sport honda ini khusus untuk sport di bawah tahun 2010 seperti win, gl series, gl max, gl pro, megapro hiu- primus, tiger, nsr.
Di pasaran atau bengkel komstir ini banyak merk aftermarketnya mulai dari yang murah sampai yang mahal banyak tersedia, sampai model komstir bambu pun juga tersedia.
 
comstir motor batangan honda terbaru under 250cc "ktr"
KTR, kode "ktr" pertama kali ada di motor new megapro (megapro monoshock), perbedaan mendasar antara komstir ktr dengan 041 terletak pada diameternya, di mana di komstir ktr lebih besar. Sejak generasi new megapro kode komstir motor sport honda di bawah 250 cc sama yaitu KTR.
Mulai dari NMP, Verza, Old CB, CBR, NCB, NCBR bahkan sonic 150 kode komstirnya sama yaitu KTR. Di pasaran merk aftermarketnya tidak sebanyak 041, karena memang baru berusia 7 tahunan kode komstir ini (NMP 2010). Bahkan tidak semua bengkel ready stock, tapi belakangan bjr temui merk2 aftermarket macam Aspira untuk komstir ini.
KGH, Sejatinya kode part komstir KGH adalah versi impor dari KTR, kode komstir KGH adalah punya motor honda sonic 125/cbr old 150 produksi Thailand, secara fisik sama persis dengan KTR , tapi produksi  Thailand di yakini lebih awet dibanding KTR.
Memang harganya juga selisihnya 3 kali lipat lebih, dimana komstir KGH harganya berkisar 300 ribuan.  O iya satu lagi perbedaan dengan KTR selain harganya adalah kemasannya, pada KGH kemasannya Plastik biasa, tidak plastik karton khas produksi Indonesia.
So masih pada bingung cari komstir motor honda,  o iya untuk motor sport honda 250 cc seperti cbr 250 dan cbr 250rr berbeda dengan di atas, karena keduanya sudah mengadopsi komstir model bambu khas moge dengan kode (KT8).
Semoga Bermanfaat

53 comments:

  1. selamat siang bang, kalo sudah terlanjur beli Komstir dan Shock Megapro monoshock biar bisa dipasang ke Honda Win gimana caranya ya ? terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  2. Jadi untuk cbr old bisa pakek komstir mp monoshock ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pnp sama persis, cikal bakal komstir KTR ya dari CBR old thailand karbu (kgh), hanya KTR versi hemat karena produksi lokal.

      Delete
    2. Om mau tanya lagi biar gk salah beli.. klo mau ganti komsetir cbr250 apa sama kyk mp monoshock

      Delete
    3. cbr 250 r maupun rr gak ada substitusi lokalnya gan, paling besar soalnya
      bisa pakai merk aftermarket seperti (koyo, nachi,ntn) model komstir bambu sudah banyak di pasaran, gak usah khawair rata-rata awet kok karena made in JAPAN

      Delete
  3. Blog yg informatif jadi ada referensi saat membeli part.
    Terimakasih semoga sehat selalu agar tetap berbagi

    ReplyDelete
  4. Maaf bang mau tanya, klu shock megapro mono dipakek di GL max apa bisa, klu bisa gmna caranya terima kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. shock depan ?
      kalau shocknya doang (gak pakai T/segitiga) pnp kok coz sama2 31mm diameter as shocknya,
      kalau sama T nya ya ngubah dudukan komstir di bubut lebih besar karena komstir mp mono lebih besar

      Delete
  5. Mau nanya suhu, komstir apa saja yang pas biat supra fit, mau di buat trail soalnya, sorry pemula

    ReplyDelete
  6. Bang mau tanya. MakluM bang aq kurang mengerti. Jadi apa komstir astrea grand bisa di pakai untuk Honda GTR 150 ? Terimahkasih penjelasan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebek murni/pure honda kode sama GN5, ayago macam sonic KTR
      supra gtr kode GN5, grand juga GN5 alias PNP

      Delete
  7. Assalam & met sore dokter...
    Mau nanya kalo komstir PCX 150 builtup nya apa tetep sama dgn GN5 jg..?
    Atau mungkin ad rekom pakai bearing mobil/motor apa yg sama & bagusnya?
    Mksh dktr ulasannya ya

    ReplyDelete
  8. di part katalog sih pcx 150 builtup terakhir (sebelum lokal) sterring kitnya 06535-GN5-505 sama dengan bebek/ matic ahm di sini, tapi di pcx ada tambahan washer,dust seal, stem sub plus rumah bearingnya yang di jual terpisah dengan sterring kit.

    ReplyDelete
  9. Untuk honda cs1, mau saya ganti shock depan motor laki, yg sama motor apa ya om?

    ReplyDelete
  10. uk as shock depan cs1 26mm sama seperti motor bebek lain,
    kalau mau hemat bisa pakai sambungan shock untuk motor bebek
    kalau mau pasang shock motor laki harus satu set dengan segitiga atas bawah untuk pilihannya bisa pakai punya all motor laki honda seperti verza,cb150,tiger, megapro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om klo motor crf komstirnya sama dengan apa ya?

      Delete
    2. dengan motor honda lokal lainnya gak ada yang sama, karena standartnya crf150L (kode komstir 53219-K84-900) sudah model bambu,

      substitusi bisa pakai punya cr85 atau crf 230 (impor) atau pakai merk aftermarket (merk Japan) seperti NTN atau Nachi sudah lebih bagus dari komstir lokal ahm

      Delete
  11. Komstir c70 apa persamaannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang berpa ukuran komstir c70 atau c800. Sya susah bgt mau bli.

      Delete
  12. Maaf mas ganggu mau nanya sepeda supra.saya ganti T sm shock depan nya gl max.kira kira komstir apa yg cocok maa.terimakasih

    ReplyDelete
  13. Bang bisa ga kalo c70 pake segitiga supra x 125

    ReplyDelete
  14. Mau nanya ukuran as komstir cbr 250 brp bang
    Sama diameter bearing cbr 250

    ReplyDelete
  15. Kalo untuk crf adakah komstir persamaan dengan motor lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. persamaan sesama lokalan honda belum ada, kalau yang impor ada pakai punya cr85 atau crf 230, model komstir bambu,

      Delete
  16. Mau tanya om megapro lama kalau diganti T atas/bawah punya'nya megapro monoshok apanya yang dirubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bubut dikit sesuaikan rumah komstir dengan T, komstir ikut megapro lama

      Delete
  17. katanya baut komstir honda crf bisa di ganti yg model payung? Ada yg pnp ga? Soalnya penyakit crf ada di komstir yg gampang kemasukan air. Trms

    ReplyDelete
  18. Gan mau tnya segitiga apa aja yg pnp sma honda new megapro karbu???! Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. segitiga atas atau bawah ?

      kalau atas nmp/verza/cb150 sama

      kalau bawah sama dengan verza,

      bisa juga pakai KC5 Glpro/ mp lama, tapi harus ngakal bubut dikit, rumah komstir NMP lebih besar dikit soalnya

      Delete
  19. Mau tanya gan, berarti kalo olc cb 150r (k45) komstirnya sama dengan ncb (k15)

    ReplyDelete
  20. Bang kalau motor supra mau di ganti skok gl brarti komstirnya apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. shock nya doang ya tetap pakai supra,
      kalau shock sama T pakai punya GL ya pakai punya GL

      Delete
  21. Tpi diameter supra lebih besar kalau gl kan kecil diameternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. o yang GL Pro dipasang di supra gitu ?

      - Triple Clamp Bawah Atas pakai punya GL Max/Pro

      - As tetep pakai Supra,
      bubut bagian atas As nya (supra) supaya masuk ke T atas punya GL, (bubut asnya jangan T atasnya, rawan patah atau pecah T atas kalau di bubut)

      -Komstir tetep pakai supra

      Delete
  22. Selamat siang Bg
    Mw nnyak, klo segitiga sonic di pasang ke Honda revo lama itu tinggal pnp atau harus ada yg di ubah ?
    Klo harus ada yg di ubah apa2 saja yg harus di ubah??
    Mohon info nya Bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. as komstir atas (revo) di bubut di sesuaikan dengan segitiga sonic, jangan segitiganya yang di bubut nanti rawan pecah,

      Delete
  23. Apa bener min... kalau motor c50,c70,c700,c800 komstir nya pnp sama GL/Win? Kalau rangka c800/c700 ganti shock win/GL pnp gk?

    ReplyDelete
  24. Siang min, mau nanya, Persamaan Komstir Sonic 150R new dengan motor apa ya persamaan komstirnya ? Mohon solusinya bossku

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai punya newmegapro/cb150 kode tengah KTR

      Delete
  25. Ijin tanya bang.. brarti klo blade, supra, beat, bahkan pcx mau ganti conesteer versi bambu (aftermarket), kodenya bisa samaan juga ya bang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan di samain gan, tapi memang bebek (kecuali sonic) & matic honda sama

      Delete
    2. Iy mksdnya tipenya sama gitu.. jd klo honda blade mau ganti jenis bambu, brarti honda grand mau ganti bambu, bisa jg pke punya blade itu ya kan...

      Delete
    3. iya sama, semua bebek & matic honda sama (kecuali sonic & forza)

      Delete
  26. Shock gl pro bs dpasang ke cs one gak bang...? Trs, tuk T atas bisa pke punya motor ap ya..? Makasih informasinya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. T juga bisa pakai punya GL bubut as komstir bawaan CS1 karena as komstir CS lebih besar dari komstir GL, jangan bubut T nya rawan pecah kalau terlalu tipis

      Delete
  27. Cara ganti as T gimana\dimana om? Tolong pencerahanya hehe

    ReplyDelete
  28. Bang.mau tanya. Berpa ukuran komstir c70 / c800??.
    Trimaksih

    ReplyDelete
  29. Bang mau tanya, komstor cbr 250 apa bisa di substitusi denga punya cbr 150l

    ReplyDelete