googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Harga Motor Sport Bekas Ini Tak Lebih Mahal Dari Matic Entry Level

Harga Motor Sport Bekas Ini Tak Lebih Mahal Dari Matic Entry Level



Halo Brosis
Bagi sebagian orang motor bekas memang bukan sebuah pilihan, akan tetapi kalau dana memang pas-pasan tidak ada salahnya memang untuk melirik motor bekas, daripada beli baru tapi kredit, mending bekas tapi cash biar gak puyeng mikirin angsuran tiap bulannya.
Begitu juga motor sport bekas, meski tidak setenar atau selaris motor matic, akan tetapi (setidaknya), motor sport bekas masih lebih mendingan dibanding motor bebek yang saat ini perlahan mulai tenggelam pamornya. Terlebih saat ini harga motor baru khususnya motor batangan sudah melambung tinggi, hampir semuanya di atas 20 jutaan, hanya honda verza saja yang tetap murah, bahkan lebih murah dibanding matic 150 cc sekalipun, hehehe.

Bagi bjr atau menurut bjr paling reliable memang beli motor sport itu kondisi bekas saja selisihnya lumayan, hanya memang perlu sedikit jajan, tapi bisa di siasati dengan cari yang dalam kondisi terawat.
Harganya ?, ehm paling menggiurkan memang 10-14 jutaan alias tidak lebih mahal dari motor matic entry level baru yang saat ini barunya mencapai 14 -15 jutaan, memang ada motor sport 10-12 jutaan, ada loh, berikut bjr sudah pilihkan beberap motor sport ganteng di harga 10-14 jutaan.
Yamaha Byson Karbu
Meski masih mengandalkan karburator, motor yang di pasarkan sejak 2010 ini masih value untuk dibeli dalam kondisi rondho (bekas). Bahkan verza saja kalah kalau head to head dari segi fitur apalagi kegantengan.
Lihat saja kaki-kaki yang serba besar, ban besar, fork (suspensi depan) paling besar di kelasnya (41 mm), tampang macho, engine 153 cc, tenaga ? ya ini yang harus berkompromi, tapi untuk tampang dan fitur byson bekas adalah yang paling value di kelasnya.
Harganya pun sangat terjangkau, mulai 9 jutaan untuk yang tahun awal (2010), sampai 12 jutaan untuk tahun di atasnya (sampai 2014).

 Honda New Megapro Karbu
Untuk para fbh, di harga 10-12 jutaan, new megapro masih menjadi pilihan menarik, meski secara tampang masih kalah dibanding byson, tapi keunggulan mutlak ada di sektor mesin 150cc, nya. Meski secara kubikasi lebih kecil, tapi terbukti baik akselerasi maupun top speed New Megapro karbu mutlak unggul.
Eiits bukannya mesinnya sama dengan verza?, secara basis sama, tapi karburator new magapro yang besar (28mm) membuatnya mampu ngacir di segala rentang kecepatan, belum lagi suspensi monoshock yang bisa di stel dengan 3 tingkat kekerasan, plus ergonomi yang nyuaman karena joknya yang empuk.
Harganya pun tergolong murah karena nmp dianggap inferior dibanding pendahulunya, jadi harganya tergolong anjlok berkisar antara 8 jutaan sampai 13 jutaan, asyiknya ada yang versi spoke whell cocok, tuh gak akan lebih mahal dari harga matic entry level kan.

Honda Verza
Dalam kondisi baru verza sudah murah, apalagi bekas/second nya, muraaah bingits, umurnya pun nggak tua2 amat, karena baru launching 2013 silam. Tercatat verza paling minim fitur di banding nmp karbu maupun byson. Tengok saja minus takometer, kaki cungkring, suspensi masih stereo.
Tapi dibalik tampang cupunya, motor ini tergolong minim masalah, mesin sama bandelnya dengan nmp, sistem kelistrikan sudah DC, dan sudah injeksi close loop pula.  Suspensi belakang stereo yang berkarakter keras cocok buat nguli atau angkut2 barang, konsumsi bensin irit, dan pasti akselerasi 0-80 km, bisa diandalkan.
Hanya saja secara speed motor ini paling lambat, dibanding byson sekalipun putaran atas verza terasa kedodoran, maklum Thortle Body Cuma (26 mm). Harga second verza bervariasi mulai 9 jutaan untuk keluaran awal (2013) sampai 12 jutaan ke atas untuk tahun 2014-2015 , tergolong muda dibanding byson karbu maupun nmp karbu, mau yang lebih murah cari yang versi spoke wheel 8-9 jutaan mah dapet.

Yamaha Vixion/ New Vixion
Buat yang demen vixion, sebelum versi NVL, bisa dilirik tahun-tahun 2010- 2011 an, di tempat bjr, harganya berkisar 10 sampai 14 jutaan (bergantung kondisi dan kelengkapan). Bahkan untuk new vixion keluaran awal (2013) dengan budget 14 jutaan sudah bisa di dapat.
Dibandingkan ketiga kompetitor di atas, vixion mutlak unggul peforma dapet, tampang slimnya terkesan long lasting, belum lagi sudah injeksi. Hanya untuk tahun yang sama dengan byson dan nmp karbu vixion butuh ekstra jajan, karena sudah injeksi dan radiator maka kemungkinan “jajan” nya sedikit lebih mahal, belum lagi blok diasilnya, jika baret, tentu harus ganti karena nggak bisa di overize.
Tapi semua bisa disiasati dengan cari unit yang terawat.
 Honda Old Cb150r
Demen motor sport yang gesit tanpa mikir konsumsi bbm, old cb150r bisa menjadi alternatif, bodynya slim mirip old vixion. Harga bekasnya pun lebih murah dibanding new vixion, untuk keluaran awal tahun 2013-2014, bisa di dapat di kisaran 13-14 jutaan, selisih kurang lebih 1 juta untuk tahun yang lebih muda, masih lebih murah dibanding matic entry level loh.
Kelebihan old cb ada di akselerasinya, tercatat  untuk akselerasi 0-60km/ jam cukup 3,8 detik, tercepat untuk sport 150 cc sampai saat ini, tentu saja itu tak lepas dari bodynya yang slim (kecil), dan ban nya terbilang cungkring meski lebar velg sama dengan verza.
kelemahan ? , tidak bisa di bilang irit untuk ukuran motor 150 cc, tentu kompensasi dohc overbore, belum lagi old cb gen awal termasuk (banyak masalah) seperti noken kemlotok, cover monoshock pecah, mika lampu depan leleh. tapi itu semua bisa di siasati dengan memeriksa terlebih dahulu. tipsnya cek terlebih dahulu sebelum membeli, atau unit setelah 2013 sudah minim masalah 
 
rondonya sudah murah (sumber)
Yamaha New Scorpio Z
Diluncurkan bersamaan dengan byson yaitu 2010 silam, generasi ke empat dan terakhir dari yamaha scorpio ini masih layak untuk di beli bekasnya. Tentu saja dibanding tiger scorpio ini tergolong minim masalah.
Mesinnya paling besar 225 cc, dengan fitur yang lumayan lengkap, cocok buat yang demen touring, akan tetapi itu semua harus di bayar dengan konsumsi bbm yang tergolong boros, tapi sesuai lah dengan peformanya.
Harganya tergolong gelap di pasaran, karena motor ini jarang yang suka, dan hanya “orang yang demen dan suka + tau motor bagus saja” yang beli ini motor, tapi di tempat bjr untuk tahun awal (2010-2012) tak jarang pula yang menawarkan dengan harga 12 jutaan.
Tapi bergantung kondisi juga, karena new scorpio ini memang spesial, yang beli otomatis wani perih, wani kenceng, wani boros, berani beda, lan wani nrimo shock mburi sing ambles, hehehe   
Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. nmp ane brrti termasuk murah nih apalagi udah 5 tahun plus km nya udah 90an ribu wkwkwkk

    ReplyDelete