googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Disc Pad Federal, Bersihkan Kaliper Plus Kuras Minyak Rem Honda Verza

Ganti Disc Pad Federal, Bersihkan Kaliper Plus Kuras Minyak Rem Honda Verza




Halo Brosis
Akibat dari pemilihan yang bisa dikatakan (kurang tepat), maka bjr putuskan untuk kembali ke disc pad langganan yaitu merk “federal” keluaran astra otoparts, ya discpad yang sudah 2 kali bjr pakai ini memang sangat value, reviewnya bisa brosis disini.
Setelah ke toko membeli disc pad federal seharga 19 ribu, bjr lalu pasang, niat ke bengkel akan tetapi bengkel langganan di hari jum’at tutup, akhirnya bjr putuskan pasang sendiri di rumah.
Ha galau ? ya bisa keluar nekan disc pad tapi nggak mau balik lagi, hehehe, oalah niat awal Cuma ganti discpad tapi merambat juga. Dengan modal tekad membara bjr putuskan bersihkan kaliper.
Langkah pertama setelah lepas kaliper kemudian tekan tuas rem hingga piston rem keluar, tapi hati2 pasti akan muncrat minyak rem. Dan setelah piston rem terlepas maka tersangka utama memang piston yang bagian dalamnya kotor menjadikannya bisa nekan ogah balik.

pakai kunci pas 12,
 Setelah itu lepas selang rem yang nempel di kaliper buka dengan kunci 12 pas. Bjr putuskan untuk mengganti minyak rem sekalian. Setelah itu lepas pangkon kaliper sekalian, gak perlu kunci cukup tarik perlahan. Setelah semua terlepas bersihkan kaliper dari sisa2 minyak dan kotoran lalu lanjut membersihkan dengan sabun colek dengan air dan sabun colek.

Maaf langkah pembersihan tidak bjr foto karena tangan lepek karena minyak rem
Setelah membersihkan dengan air dan sabun colek lap sampai kering, atau angin2 saja, atau semprot dengan kompresor. Setelah kering piston kaliper bisa dipasang kembali. Sebelum pasang cek dahulu seal2 kaliper terutama seal kaliper piston, kalau sobek/ rusak segera ganti. Tapi kalau hanya kotor setelah dibersihkan cukup masukkan piston ke rumahnya, susah ?, tekan pakai ujung gagang palu secara perlahan.
dorong perlahan
 Setelah piston kaliper terpasang rakit kembali seperti semula, lalu pasang ujung bawah selang rem ke kaliper, lalu tuang minyak rem. Bjr gunakan minyak rem merk jumbo seharga 18 ribu kemasan 200 ml tentu saja tidak semuanya di tuang. O iya brosis untuk motor honda minyak rem bisa pakai merk apa saja asalkan DOT 3/ DOT 4.

kuras minyak rem sekalian
 Perlu diingat juga tidak disarankan untuk mencampur minyak rem apalagi beda jenis  DOT, jadi awalnya minyak rem di verza bawaan ahm pakai DOT 4, kemudian bjr kuras terlebih dahulu sampai bersih tanpa sisa minyak rem bawaan, baru kemudian tuang minyak rem baru. Jika rem masih mbegel, artinya minyak rem belum turun tekan terus sambil sedikit mengendorkan lubang pernafasan di kaliper (sedikit saja), sampai ada muncrat minyak rem yang tandanya oli telah masuk ke kaliper, lalu kencangkan kembali dan tutup tabung minyak rem.

Setelah itu coba tes, akhirnya normal kembali, hehehe. Malah bjr merasa kok ini rem tambah empuk yah, wkwkwk.
selingkuh berujung masalah, kembali ke federal, hehehe
Tapi rasanya tetap discpad federal memerlukan adaptasi karena sebelumnya sempat khilaf bjr selingkuh ke merk lain. So jadinya memang menservis kaliper sendiri sebenarnya lumayan ribet (baru pertama soalnya), hehehe. Tapi tetap ada suatu kebanggaan tersendiri melakukannya sendiri, bagi yang hora mau ribet bisa mengeluarkan uang puluhan ribu di bengkel.
Jadi biaya kali ini habis
Discpad federal -> 19 ribu
Minyak rem -> 18 ribu
Ongkos -> freeee
So buat yang remnya macet alias galau, tak ada salahnya di cek kalipernya, monggo coba2 sendiri di rumah, resiko bjr emoh nanggung, wkwkwk

No comments:

Post a Comment