googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Vario Vs Aerox = Nama Besar Vs Kaya Fitur

Vario Vs Aerox = Nama Besar Vs Kaya Fitur



Halo Brosis
Sejak resmi diperkenalkan di Imos beberapa waktu lalu, calon matic penantang vario 150 dari yamaha memang menandakan bukan isapan jempol semata. Di luar sudah launching dengan nama nvx, tapi di Indonesia menggunakan nama yang sebenarnya agak baru di pasar roda dua tanah air.
Tidak main-main sederet fitur yang di sandangnya di gadang-gadang membuat honda vario tampak selangkah tertinggal. Meski hadir dengan 3 pilihan tipe dengan harga termurah sama dengan vario 150 yaitu di angka 20 jutaan jelas secara market memang yamaha ingin merongrong pasar vario 150.
Aerox menggunakan mesin yang sama dengan nmax, yaitu 155 cc dengan teknologi VVA 4 Klep, klaim tenaganya mencapai 14,7 dk, jauh meninggalkan vario 150 yang hanya 12,5 dk. Tentu sektor mesin mutlak vario KO, lah memang vario 150 masih teknologi konvensional 2 klep, meski sama-sama masih SOHC.

Kaya Fitur
Oke urusan mesin fix yamaha unggul telak, akan tetapi tidak hanya sampai di situ, yamaha pun juga menjejali aerox dengan segudang fitur. Mulai dari kaki-kaki yang lebih besar, bayangkan saja ban depan ukuran 110 belakang 140 dengan ukuran 14 inch, nmax saja kalah gambot apalagi vario 150 !?.
Tidak hanya di situ, shock belakang aerox menggunakan shockbreaker ganda (meski rupanya agak aneh), dengan opsi tabung pada tipe R, vario ? masih setia dengan single shock pada bagian belakang.
Kemudian konsol speedometer sudah full digital dengan ukuran 5,8 inch (hape ane aja Cuma 4,5 inch, wkwkwk) yang memuat berbagai macam fitur seperti VVA indicator, fuel meter, battery indicator, odometer, trip meter, average fuel consumption, real time consumption, digital clock dan rpm meter (verza saja nggak punya takometer, hehehe).
Fitur-fitur standar lain pun sama seperti lampu-lampu sudah full led, hanya letak tangki bensin yang kali ini berbeda aerox di dek tengah seperti nmax, sedang vario 150 masih harus turun saat isi bensin karena letaknya di bawah jok walau begitu volume tangki vario masih lebih besar 0,9 L di banding aerox.
Lantas Apa Keunggulan Vario
Bicara fitur dan mesin memang sudah sangat jelas vario kalah telak, akan tetapi nama besar vario menurut bjr adalah keunggulan yang sulit untuk di tumbangkan. Apalagi aerox masihlah anak kemarin sore yang versi 125 cc nya saja super langka di pandang mata di jalan.
Terkadang memang sebuah nama yang familiar memang sangat mempengaruhi penjualan, karena di balik nama besar vario ada image -> honda, astra, dan segerombolan makelar mokas yang amat demen berdagang vario karena cepet lakunya.
Terlebih memang nama vario sudah amat sangat melegenda, karena merupakan matic honda pertama di indonesia, yang di produksi di Indonesia, bahkan nama vario lebih tua dibanding raja motor belasan juta umat honda beat sekalipun.
Last menurut bjr vario tetaplah vario, jadi dengan motor yang lebih advance dan kaya fitur serta desain yang lebih baik sekalipun yamaha dengan aerox 155 belum tentu bisa seperti vario dalam hal penjualan. Atau dengan adanya aerox 155 ini vario 150 akan berbenah alias facelift ? belum tentu juga wong pesaing nmax dari honda saja belum ada batang hidungnya sampai saat ini, hehehe.
Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Seperti biasanya, taktik Yamahmud mengalahkan Jhanda bagai Megapro dibantai Vixion. Awalnya nama tsb sulit dikalahkan, namun lambat laun keok juga.


    Paling nama Vario hanya akan merajai di segmen 125 cc aja deh bro.

    ReplyDelete