googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Bohlam Lampu Honda Verza

Ganti Bohlam Lampu Honda Verza



 Halo Brosis
Sepertinya baru beberapa waktu yang lalu bjr menulis postingan mengenai lampu halogen, lah kebetulan atau memang sudah waktunya kok kemarin bohlam lampu depan verza mati.
Bohlam lampu memang ada umurnya, di samping itu banyak faktor yang mempengaruhi seperti bahan dan goncangan yang di terima. Belum lagi aturan bohlam lampu utama wajib menyala (AHO) menjadikan lampu otomatis menyala tanpa ada opsi saklar on/off.

Langsung saja ambil bohlam cadangan yang bjr waktu beli bebarengan saat beli kampas ganda mio, memang nggak ori hgp, tapi setidaknya merk Aspira sudah cukup mumpuni.

kaki 3
 Oh iya tipe socket lampu verza adalah HS1 (kaki 3) 35 Wat, sama juga dengan socket H4 yang 55 wat macam di old cb maupun cbr injeksi thailand. Akan tetapi bjr sarankan pakai yang 35 W saja, kalau dipaksa 55w sih bisa, tapi dengan resiko mika kaca yang meleleh.
Harga lampu verza orisinil 55 ribu di ahaas, mau lebih murah ? pakai oem nya saja yaitu Osram cukup setengahnya, atau bisa juga pakai punya Yamaha New Vixion yang harganya berkisar di 35 ribuan, atau super ngirit seperti bjr yang pakai aspira, bjr sih dapet dengan harga 18 ribu.
 
cuma butuh 2 benda ini
Tutorial
 Cukup mudah mengganti sendiri bohlam lampu honda verza, cukup sediakan obeng +/ kembang plus kunci L hexagonal.

Langkah pertama lepas baut L hexagonal di samping bawah headlamp, baut ini adalah baut yang mengikat dudukan plat nomor di headlamp ada dua di kanan dan kiri.
langkah ke 2
Kedua lepas baut + yang juga berdekatan dengan batang panjang dudukan plat nomor, ada dua juga di kiri maupun kanan.

Ketiga, lepas baut di bagian samping, dekat dengan kupingan lampu atau riting, letak baut agak masuk, lebih mudah gunakan obeng yang agak panjang, baut ada dua di kanan dan kiri.
Keempat tarik perlahan headlamp, lepas socket lampu kaki tiga yang berbentuk kotak, cara melepasnya di tarik, nggak usah di puter, karena itu socket, setelah itu lepas socket putih lampu kecil 5 wat juga. 
Kelima tarik perlahan karet bundar yang mengelilingi bohlam lampu, pelan saja agar karet tidak sobek.
cukup tarik ke bawah pengait (lingkaran kuning)
Keenam buka tuas pengunci lampu, sebelah kanan cukup tarik ke bawah sedikit, lepas lampu, kemudian masukkan lampu yang baru ingat lampu baru “JANGAN PEGANG KACANYA DENGAN JARI,CUKUP PEGANG KAKI bohlamnya saja”
Ketujuh, cara pasang sama seperti cara melepas. Sebelum itu setelah socket terpasang coba test dengan meng on kan kontak nyala tidak lampunya
sekalian dibersihkan


Mudah kan, hanya tujuh langkah saja, o iya brosis yang patut di perhatikan adalah sebaiknya sekalian membongkar pasti area dalam kotor, seperti gambar di bawah, baiknya bersihkan dahulu dengan kuas halus, atau kalau ada kompresor semprot saja debu yang menempel sampai bersih.

ganti sekalian
Lampu senja kecil 5 w yang di bagian bawah juga sekalian di cek, karena biasanya umur 2 tahun juga sudah putus, karena lampu kecil ini menyala beberengan dengan lampu utama, kalau putus ganti saja 5w kecil, bjr sih ganti warna merah kecil, harganya murah meriah Cuma seribu sampai dua ribuan saja di toko.

Bagi bjr bohlam lampu ini sudah yang ketiga kalinya ganti, dimana headlamp bawaan putus kurang lebih setahun setengah pakai, kemudian oemnya osram Cuma 6 bulan, kemudian bjr ganti ori hgp dan kemarin putus (1,5 tahun juga), dan kali ini Aspira, entah tahan sampai berapa lama, bjr sih gak ngarep seawet ori hgp, wong harganya saja Cuma 1/3 nya, hehehe.
Last, gimana penunggang verza, lampu putus, monggo coba di ganti sendiri, mudah loh, dari pada di bengkel harus keluar uang lagi, hehehe.
Selamat Mencoba.
bonus, hahaha
Semoga Bermanfaat

12 comments:

  1. Klo mau pake yg led bisa gak? Rekomendasinya jenis dan merk apa? Harga gak penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kan kelistrikan verza sudah dc (ikut aki), pakai yang socket H4, merk macem2 tapi kebanyakan pakai luxeon, osram, philis sudah bagusan.

      Delete
    2. Pake yang berapa watt? Led kan biasanya lebih kecil wattnya

      Delete
    3. terserah , penting maksimal 35W, banyakan pake yang 20/30W udah terang

      Delete
  2. ban, ane tanpa sadar pake yg 55w udh setahun, pas ane liatin reflektor nya melepuh dikit dan atas nya kyk pecah gitu... kira2 betulin nya abis berapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mika + reflektor sekitar 200-an ribu, next jangan lupa periksa sebelum beli bohlam lampu

      Delete
  3. beli dimana bang aspira 18rb ?
    kalo merk mokini ditebus 45rb skaligus pasang worthed gak ? dapet di deretan toko sparepart yg deket mcs buaran ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tokopedia banyak gan, mokini ? belum pernah denger saya gan, tapi (kemungkinan worthed), secara jasa pasang kan beda2, ngirit pasang sendiri, hehehe

      Delete
  4. Makasih infonya gan. Tanya sekalian. Berarti kalau pakau lampu yang selain kayak aspira (selain AHM osram) itu umurnya kurang awet? Kalau verza saya, lampu headlamp aslinya baru ganti setelah 12rban km (ngukur lewat odometer karena jarang dipakai motornya) terus kalau pakai kaya aspira itu sampai berapa km ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur saya kurang tau gan, tapi berkaca pada aspira yang saya pakai ini mati di umur menuju 6 bulan sedangkan oem osram yang 25 ribuan (bukan osram ahm) juga 6 bulanan, jadi untuk harga dibawah 30 ribuan umurnya rata-rata 6 bulanan. kalau punya agan 12 ribuan itu sudah bagus gan, saya pakai asli ahm (osram honda) yg harga 50 ribuan baru mati hampir 1,5 tahun (kalo patokan odometer ya kurang lebih 12-15 ribuan km,). nb, motor tiap hari saya pakai. kalau pingin ngirit gakpapa pakai aspira (dengan asumsi budget agan lagi nipis), tapi kalau ada uang 50 ribuan lebih baik pakai asli ahm, atau bisa substitusi pakai bohlam yamaha byson atau new vixion (ygp) yang sama2 hs1 35W biar gak capek2/ repot tiap 6 bulan ganti lampu.

      Delete
  5. Gan mau tanya, kalau tanpa copot plat nomor pake kunci hexagonal apa headlamp masih bisa dibuka?soalnya ada yg bilang gausah pake L hexagonal
    Trus kalau lampu senja mau diganti sama led, kira kira yang cocok dan aman merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lepas kan cuma baut dudukan plat nomor ke headlamp (saya lepas soalnya iseng buat foto, hehehe), lampu senja pakai led ehhm biasanya /kebanyakan sih pakai luminos, atau merk lain pun gak masalah

      Delete