googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Samsung J2 Prime

Review Samsung J2 Prime



j2 prime bjr

Halo Brosis
Kali ini bjr coba review hanpdhone samsung j2 prime. Hape baru nih, iya hape baru milik ibuk bjr, hehehe. Maklum di jaman yang serba getz ini mau nggak mau harus mengikuti perkembangan kalau nggak mau ketinggalan, tentu tak pandang muda atau tua, yang penting komunikasi tetap jalan.
Samsung J2 prime merupakan hp baru yang baru di launching samsung indonesia beberapa waktu yang lalu, bisa di kata ini handphone masih anget, saat bjr cari reviewnya saja masih nihil, paling mentok bjr temui unboxing di youtube.
Niat pertama sih beli j2 yang harganya di lapak online saat ini berkisar 1575-1600, akan tetapi tanpa sengaja juga bjr melihat ada yang jual j2 prime dengan harga 1699 ribu rupiah saja, alias selisih kurang lebih 100 ribu saja dengan j2.

Coba searching di gsm arena mengenai spek j2 prime, ternyata perbedaannya cukup banyak, diantaranya
+ layar lebih besar j2 prime (5 inch), j2 (4,7)
+ baterai lebih besar (2600 mah), j2 (2000 mah)
+ j2 prime ram 1,5gb , j2 ram 1gb
+ kamera j2 prime (8 & 5 mp), j2 (5 & 2 mp)
+ kamera depan ada flash
Akan tetapi ternyata ada sisi yang downgrade dibandingkan dengan j2, yaitu pada sisi layar j2 prime hanya sebatas IPS, tanpa panel super amoled seperti di J2, tapi keduanya sama-sama belum ada pelindung seperti gorilla glass begitu juga dengan resolusi layar yang masih sama yaitu qhd (540x960).
Setelah membaca perbedaan di atas, tampaknya bjr masih mau kompromi soal harga yang selisih 100 ribu dengan perbedaan yang cukup banyak. Kemudian langsung dah beli di lapak online langganan, dan hanya selang 1 hari handphone sampai di rumah, tentu dengan pengiriman kilat alias JNE YES yang kali ini benar-benar yes karena jakarta – sidoarjo cukup 1 hari saja. dan berikut review setelah test ride selama 3 hari pemakaian.
Desain, Mirip Grand Prime
Saat pertama kali unboxing, nggak jauh beda dengan kebanyakan hape, box samsung j2 prime bewarna puth polos, hanya ada tulisan j2 prime dan data spesifikasi di bagian belakang. Pun kelengkapannya ada handset, baterai, kepala charger 1 ampere, kabel data, dan headset, dan kartu garansi.

Warna yang bjr pilih yaitu gold (emas), memang agak sedikit norak, akan tetapi tentu sedikit terpancar kesan mewah walau device termasuk low end. Untuk varian warna ada silver, gold dan black.
Untuk desain, bentuknya menurut bjr mirip, samsung grand prime yang sama-sama layarnya berdiameter 5 inch, hal itu diperkuat saat bjr beli tempered glass yang memakai samsung grand prime, tapi untuk bagian samping dan belakang sedikti berbeda.
Peletakan tombol2 pun cukup ergonomis, kanan ada lubang jack 3,5 mm, bawah port usb, kanan tombol power, dan bagian kiri volume, bagian back cover pun tampak kesat dan permukaannya kasar, alhasil saat pemakaian lumayan ngegrip di tangan, hanya backcovernya terkesan ringkih, alias tipis. 


Peforma Okelah
Untuk hape seharga 1,7 jutaan tentu kalau merknya samsung tentu tidak bisa berharap banyak, akan tetapi speknya bjr bilang sip lah dibanding andromax A unlock bjr. Procesor menggunakan mediatek quadcore MT6737T 1,4 ghz, dengan RAM 1,5 gb, dan memory internal 8 gb, peforma yang dihasilkan lebih dari cukup untuk pemakaian harian, untuk sekadar sosmed, chatting, dan sesekali streaming pun nggak ada lag sama sekali.
Saat bjr test menggunakan antutu benchmark skor yang di dapat pun tergolong lumayan, yaitu berkisar 29 ribu poin. 
hampir 30 ribu poin

Untuk sensor, tentu tidak bisa berharap banyak saat bjr test menggunakan sensor box, sensor seperti gyroscope tidak ada tercatat j2 prime hanya memiliki 3 sensor.

sensor minim


Begitu juga dengan storage internal, dari 8 gb, yang bisa digunakan hanya 3,58 gb, sedangkan free ram berkisar antara 38-45 % dari 1,5 gb RAM . kecilnya memory internal yang dapat di pakai karena ada beberapa aplikasi yang sudah terinstal di handset, seperti office yang tentu lumayan besar.

Kamera, khas samsung
Meski dibanderol murah, tentu kamera cukup bisa membanggakan, setidaknya kamera 8 mp saat bjr coba lumayan baik, noise minim, hanya memang saat mengunci fokus sedikit agak lama. Pun fitur2 nya pun sudah cukup mumpuni ada berbagai pilihan efek, HDR, dan mode pro, timelapse, panorama dan mode manual
mode HDR
 
mode otomatis
Kamera depan , ehhm ini yang istimewa karena disamping resolusi 5mp juga disematkan fitur flash yang dapat membantu foto selfie di kondisi gelap/ minim cahaya.

sayang kamera depan nggak bisa meningkatkan kegantengan, hehehe
 Untuk perekam video kamera dapat mencapai resolusi hd 720 p 30fps, lebih dari cukup untuk mengabadikan moment dalam bingkai video. Tentu untuk harga sekelasnya j2 prime, bisa diandalkan kamera nya.
Baterai, awet
Untungnya layar yang sedikit lebih besar dari j2 diimbangi oleh peningkatan kapasitas baterai, yap baterai 2600 mah, bisa diandalkan, untuk pemakaian normal sosmed, chatting, sms, telpon , dan sesekali streaming bisa tahan sehari penuh, bahkan kalau untuk penggunaan chatting, pesan, telfon, bisa 1,5 hari.
Last, untuk handphone seharga 1,7 jutaan rasanya j2 prime bisa diandalkan, memang spek nggak segahar hape lain macam flash plus, moto 3, xiaomi, akan tetapi dengan brand samsung rasanya sulit untuk mengatakan handphone ini buruk. Build quality yang ajib, service center yang bejibun adalah hal yang tidak bisa di tandingi kompetitornya. So untuk saat ini handphone samsung di bawah 2 juta bisa di kata j2 prime paling recomended, tentu dengan catatan sedikit mengorbankan layar yang minus panel super AMOLED.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment