googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Oli Evalube Runner 4T Pasca 45 Hari

Review Oli Evalube Runner 4T Pasca 45 Hari




Halo Brosis
Sebulan yang lalu bjr di kagetkan dengan adanya oli murah seharga 20 ribu di toko, memang bukan hal baru sebenarnya, tapi bjr yang bary tahu, hehehe. Ya Bjr yang penasaran sudah bjr cekokin di jupiter mx di sini.
Selang 45 hari pemakaian, atau kurang lebih hampir 1000 km pemakaian, rasanya bjr penasaran ama ini oli, langsung dah bjr ganti oli. Dan saat baut tab oli terbuka mengucurlah oli dari crankcase mesin.
Warnanya tentu saja hitam, tapi bisa di kata tidak terlalu pekat hitamnya, saat bjr taruh di tutup botol, dn berpendarkan cahaya matahari, samar-samar warna oli masih terlihat kuning. Volume oli setelah di tampung ternyata susutnya normal sekitar 100 ml, jadi tinggal 700 ml, padahal kondisi lagi bermasalah di seal klepnya yang mengakibatkan saat pagi, mesin ngebul, tapi saat anget mesinnya, nggak ngebul lagi.

Kenapa kok Cuma 45 hari/ hampir seribu km ?, bjr penasaran saja seperti apa oli yang (kata orang bengkel), nggak bagus ini. Memang menurut pabrikannya sendiri, oli evalube merupakan oli daur ulang alias oli bekas yang diperbarui dengan proses penjernihan dan penambahan zat aditif sehingga layak di gunakan kembali.

hampir 1000 km
 Jadi bagaimana review pemakaiannya berikut dah bjr coba singkat saja

  1. 100 km pertama, normal saja nggak ada masalah, sama seperti lazimnya ganti oli baru, was wes, nggak ada gejala slip kopling atau mesin panas dan sejenisnya.
  2. Sekitar 500 km, peforma oli hampir sama seperti 100 km pertama, hanya saat panas memang terkadang selip kopling, plus mesin nggak sehalus seperti pertama kali ganti oli.
  3. Akselerasi motor biasa saja nggak istimewa, normal setara lah dengan oli 20w-40 lainnya yang berharga di bawah 30 ribu.
  4. Saat sebelum bjr ganti oli, motor terasa mbrebet, susah di hidupin pakai kick stater (double stater mx koit)
  5. Dari sekian impresi di atas adalah yang terakhir, dimana motor sangat sulit sekali di hidupin, entah memang dari oli atau memang mesin yang agak kurang sehat, tapi dibanding oli sebelumnya yakni enduro 4t yang bukan racing terasa beda, enduro bukan racing gampang-gampang saja, itu dalam kondisi mesin dingin, anget, maupun panas loh ya gan.
  6. Selip kopling juga menganggu, lah gimana nggak menganggu waktu rolling mau nyalip mau naik ke gigi 4 tiba2 selip.

Last, maka dari itu bjr kasih nilai 6,2 dari 10 lah untuk oli evalube runner x 4t ini, toh memang harga nggak pernah bohong, beli oli 20 ribu rasanya nggak berharap lebih adalah pilihan yang bijak, tapi jangan di sama ratakan review ini, soalnya motor mx knalpot brong, dengan spek standart hanya blok sudah boringan diesel menurut bjr terlalu kejam untuk evalube runner x 4t.
Entah kalau di motor cc lebih kecil standart ting ting, mungkin lebih cocok,


Semoga bermanfaat   

No comments:

Post a Comment