googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Penutup Rantai Model Tutup, Fungsinya Maksimal (Sebenarnya)

Penutup Rantai Model Tutup, Fungsinya Maksimal (Sebenarnya)



Halo Brosis
Iseng-iseng saat menunggu ibuk yang lagi belanja di pasar, eh ada motor bebek yang kemungkinan nunggu istrinya belanja di pasar. Nggak ada yang spesial sebenarnya hanya motor bebek honda awal 2000 an, honda karisma tepatnya tapi nggak pakai X.
Satu hal yang menarik perhatian bjr adalah model tutup rantai yang full tertutup, berbeda dengan karisma x yang half (bagian atas saja), kebetulan bjr dulu pernah pelihara karisma x selama 4 tahunan sebelum akhirnya dijual karena ada kebutuhan.
Ya model penutup rantai full seperti halnya karisma memang nggak banyak yang mengaplikasikan, sepengetahuan bjr motor yang pakai tutup rantai full begini nggak banyak seingat bjr karisma, legenda 2, kirana, suzuki smash, bajaj pulsar ug3, dan bebek jadul yang bjr lupa, heheh
 

Fungsi maksimal, tapi kalah dengan kepraktisan 
Ya fungsi penutup rantai sebenarnya agar nggak bergesekan dengan boncenger, kemudian agar pelumas rantai nggak meluber ke body motor. Akan tetapi penutup rantai model full punya satu hal kelebihan lainnya, yaitu mencegah rantai kotor.
Dengan tutup rantai full atas bawah tentu kotoran macam debu, pasir dan sejenisnya nggak bakalan hinggap di rantai. Akan tetapi terkadang bagi sebagian besar orang (termasuk bjr), penutup rantai model full begini nggak praktis sama sekali, alias ribet saat rantai kendor, dan nyetel rantai harus copot bagian penutup bawah.
Belum lagi soal tampilan, bahasa gaulnya ora eye cathcing blass, nggak gagah, hehehe. Berbeda dengan penutup rantai model half yang teteap mengekspose gear dan rantai. Apalagi bagi yang modif rantai dan gear.
Bayangkan saja, misal brosis pakai gear set sinnob yang harganya lumayan mahal dan pastinya eye cathcing terus di tutup rantai full atas bawah, walah eman ora terkspose kan, hehehe
Last, mungkin inilah uniknya indonesia sesuatu yang lebih fungsional akan kalah dengan kepraktisan dan keinginan show off.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment