googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Lumasi Rantai, Pakai Oli Baru Yang Murah

Lumasi Rantai, Pakai Oli Baru Yang Murah



sebotol buat setahun, 3 motor
Halo Brosis
Pelumas rantai memang sebelumnya di anggap sesuatu yang kurang penting, karena ya palingan dulu pakai oli mesin bekas yang bewarna hitam pekat, bukan tanpa alasan memang di samping murah memang ora ribet.
Tapi setelah itu, di pertengahan 2000 an mulai booming pemakaian chainlube untuk melumasi rantai motor. Pun demikian sampai saat ini masih banyak yang pakai chainlube, ya bagi mereka beli sebotol chainlube seharga 20 ribuan bukanlah masalah.
Akan tetapi yang pakai oli bekas pun nggak kalah banyaknya, bahkan coba saja tengok saat brosis servis di bengkel resmi pun, untuk melumasi bagian2 kering/ seret yang butuh pelumasan pasti tetep pakai oli bekas, kalau ini pun bjr ora kaget wong memang bengkel resmi pun sebenarnya yang penting irit tetep untung, meski pabrikan koar-koar haram lumasi rantai atau bagian lain pakai oli bekas !.

Pakai Oli Baru Paling Murah
Ya cara ini bjr pakai sejak beberapa tahun yang lalu, bjr lebih prefer pakai oli baru. Gak eman ? ora brosis coba pakai oli baru yang paling murah saja. Dahulu bjr pakai oli curah yang bjr beli secara literan di pom pertamina, harganya murah kok paling 25 ribuan.
Dan baru kemarin, stock oli untuk melumasi habis, dan bjr putuskan pakai oli yang lebih murah dari oli curah, oli apa ? yup evalube runner, sebotolnya Cuma 20 ribuan, kebetulan saat test buat si mx hitam lalu bjr beli 2 botol, satu untuk mx, satu lagi untuk melumasi rantai.
Mengapa oli baru, memang secara fungsi hampir saja seperti oli bekas, tapi setidaknya oli baru lebih kelihatan “bersih” nggak tampak kemproh (jorok), seperti oli bekas, pun dengan kandungannya yang lebih bersih jadi untuk melumasi lebih licin karena tanpa ada sisa gram2 pembakaran sisa mesin.
Kebetulan juga motor di rumah  ada 3 dan semuanya pakai rantai (beat sudah nggak masuk hitungan, hehehe), paling setahun Cuma habis satu botol,
Monggo di praktekkan, kalau mau yang sip dan wangi bisa pakai enduro racing, atau kalau brosis horang kayaa bisa pakai sheel ultra buat lumasi rantai, wkwkwk
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment