googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Initial D, Anime Yang Memberi Banyak Pengetahuan Tentang Mobil

Initial D, Anime Yang Memberi Banyak Pengetahuan Tentang Mobil



Halo Brosis
Anime atau bahasa sininya cartoon, tapi di lafalkan menjadi kartun biasanya identik dengan imajinasi dan senang-senang, tak jarang juga orang Indonesia masih banyak yang mengidentikkan dengan anak-anak.
Tapi sebenarnya sih nggak juga, bjr yang sedari kecil demen kartun sampai saat ini pun demen juga tapi nggak semua loh. Mulai dari Doraemon, Detective Conan yang sampai saat ini belum tamat-tamat, narto eh naruto, dan masih banyak lainnya.
Tapi ada satu anime yang sebenarnya memberi pengetahuan lebih khususnya tentang mobil, ya memang genrenya drama yang digabungkan dengan balapan jalanan yaitu Initial D.
Awal muncul di tv kalau nggak salah pernah tayang saat pagi di stasiun tv swasta, tapi nggak sampai tamat sih eh keburu menghilang (dihentikan). Anime yang ada sejak 1995 sampai 2013 dan terdiri atas 6 stage ini sebenarnya sangat menarik.

Ya hampir semua orang tahu kalau bicara Initial D ikonnya ya 86 atau lebih tepatnya AE86 tipe mobil yang di produksi oleh merk paling laris di dunia saat ini Toyota.
Initial D menceritakan tentang Fujiwara Takumi yang mengendarai mobilnya Trueno alias AE86 untuk mengantarkan tahu saat pagi-pagi buta. Takumi sudah menyetir mobil mulai kelas 7, meski awalnya dipaksa ayahnya untuk mengantar tahu sampai pada akhirnya secara tidak langsung dari tugas mengantar tahu itu ia berevolusi menjadi pembalap jalanan tercepat di lereng Akina.
Tidak puas dengan Akina saja sampai pada stage terakhir diceritakan bersama dengan Project D, Fujiwara Takumi mampu menguasai seluruh wilayah kanto dan rekornya tidak terkalahkan.


Pengetahuan Tentang Mobil
Ya manfaat nonton ini anime yang utama bukan adegan salip salipan di jalan, tapi bagaimana pengetahuan tentang mobil secara keseluruhan. Jenis2 mobil, layout, tipe kelemahan, kelebihan dari jenis2 mobil.
Seperti contoh sistem penggerak, jauh sebelum ada google ini anime sudah memberikan jpengetahuan jenis pengerak dari mobil ada yang FR (front engine Rear wheel drive), FF (Front engine Front wheel drive), MR (Mid engine, Rear wheel drive). Atau apa itu mobil 4 wd, sistem penggeraknya, dan masih banyak lagi.
Satu hal lagi yang bjr suka, dalam anime ini jarang sekali disebutkan merk seperti penyebutan toyota ae86, cukup di sebutkan ae86 atau 86 juga seperti mazda rx7 cukup disebutkan rx7 atau fd. Entah memang nggak ada yang mensponsori ini anime atau memang nggak mau menonjolkan merk cukup mobil itu sendiri.

sumber
 Japanise Car Oriented
So pasti ini anime yang di tonjolkan Cuma mobil buatan jepang saja, ya maklum lah mungkin memang ingin mengkomersilkan mobil-mobil eksotis dan kencang racikan Jepang, ada sih satu yaitu Mercedez Benz itu pun Cuma muncul sekali  nggak buat balapan juga tapi malah buat kencan dengan cabe-cabean, hehehe.
Mungkin bila sudi melirik sebenarnya mobil nggak hanya mobil Jepang saja toh masih banyak mobil2 eropa dan amerika yang pastinya nggak kalah. Akan tetapi so kembali ke yang buat mungkin memang ini anime ingin menonjolkan mobil2 super buatan nippon.
Akibatnya sih ada, so anime ini berhenti di 2004, entah sudah kehabisan stock mobil jepang kencang dan ikonik yang layak di tampilkan atau memang di pertengahan tahun 2008 pabrikan Jepang sudah nggak ada lagi yang buat mobil-mobil kencang seperti jaman akhir 80 an, tahun 90 an , sampai awal 2000 an.
Ah itu ma isu, iya isu toh mitsubishi saat ini sudah nggak produksi lagi lancer, toyota baru launching new 86 2012 lalu, dan mazda malah downgrade rx8 yang tampak inferior dibanding pendahulunya. Hanya Nissan yang tetap setia dengan GTR sampai saat ini, toh di anime mobil ini malah hampir nggak pernah menang sama sekali, hehehe.
Akan tetapi secara keseluruhan, initial d tetap mngajarkan banyak hal bagi yang menontonnya khususnya pengetahuan tentang mobil secara mendasar, lupakan adegan2 mustahil di anime ini, tapi buat yang kangen mobil-mobil ikonik jaman dahulu mungkin saja anime ini bisa menjadi obat kangen loh, iya nggak.
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment