googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Beli Motor Bekas Dimana ? Langsung Penjual, di Makelar, di Showroom

Beli Motor Bekas Dimana ? Langsung Penjual, di Makelar, di Showroom




Halo Brosis
Motor bekas bagi sebagian orang masihlah menjadi pilihan yang menarik, dibanding motor baru. Apalagi memang yang pecinta motor rondo seperti bjr, hehehe.
Tapi ada satu pertanyaan saat membeli motor bekas, salah satunya yaitu beli dimana ?, kalau jawaban simpel ya beli yang dijual, tapi pilihan agak rumit kemudian adalah langsung penjual, di makelar, atau showroom ?.
Tentu saja ketiganya ada plus minusnya di mata bjr, bukan tanpa alasan, kemajuan teknologi dan lahirnya toko online macam olx memang memudahkan pembeli bisa juga penjual. Dari yang dahulu mesti jalan keliling ke showroom mokas, atau pesen di tetangga yang memang maclaren motor.
Jadi sebaiknya beli dimana ?, yuks simak plus minusnya

 
kalau ini nggak ada di showroom mokas, hehehe
Showroom, tidak hanya motor baru saja, motor bekas juga ada showroomnya juga, ya meski bekas, akan tetapi tentu saja nggak seramai showroom mobil baru, ya tahu sendiri lah kebanyakan orang masih (gengsi) untuk menyambangi showrrom (bekas) lagi.
Bjr sendiri pernah beberapa kali ke showroom untuk lihat2, enaknya di showroom itu pilihan motor sudah banyak bervariasi bahkan lebih lengkap daripada deealer motor baru sekalipun, apalagi yang buka cabang, pasti hampir semua tipe dan jenis motor ada, kalaupun tidak ada maka akan dicarikan di cabang lainnya entah itu satu kota atau beda kota.
Kemudian barang yang dijual tentu memiliki standart tersendiri, ban2 dicek setidaknya layak pakai, body2 pun demikianyang kusam baret di poles di perbaiki agar tampak tak ada cacat dan terlihat memikat konsumen, bahkan bagi showroom bekas yang sudah cukup mapan akan memberi garansi mesin kurang lebih 1 tahun. Belum lagi saat konsumen mau kredit pun lebih simple wes trimo dadi.
Minusnya tentu saja harga yang lebih mahal dibandingkan langsung perorangan maupun makelar sekalipun, selisihnya pun lumayan. Kemudian tidak semua showroom mokas juga punya standart seperti bjr sebutkan di kelebihan, ada juga yang asal jual, dan sebagainya. Yang bikin jengkel juga ada salah satunya memaksa konsumen untuk kredit, kalau ini sih iwb juga pernah bahas loh.


Langsung Penjual, sejak ada toko online seperti olx, kaskus dll, maupun media sosial seperti facebook membeli motor langsung ke penjual saat ini lebih mudah. Bjr pun demikian, tercatat sudah 4 kali beli motor lewat iklan yang dipasang lewat olx.
Keunggulan langsung beli ke penjual (pemiliki kendaraan), tentu saja berdasarkan yang bjr alami adalah harga jauh lebih murah, memang nggak semua, asal jeli dan cepat melihat iklan yang dijual dan langsung melakukan respon dan pergerakan, motor bekas harga miring pun tak jarang langsung hinggap ditangan.
Lalu plus berikutnya adalah mudah mengurus surat2 atau jika terjadi apa-apa dengan motor yang dibeli, semisal saat memperpanjang stnk pinjam ktp asal pemilik pertama pun langsung ke yang jual, sebenarnya showroom pun demikian, akan tetapi kalau di showroom kembali lagi toh kebanyakan nggak semua.
Berikutnya adalah sensasi, apaan itu ? ya hunting motor bekas langsung ke penjual sana-sini merupakan sebuah kesenangan tersendiri, toh cari2 sendiri, nilai barang pakai insting sendiri, tapi ingat itu bagi sebagian orang, dan yang pasti jangan php !, hehehe.
Sisi minusnya adalah tak jarang bagi orang yang awam, beli motor bekas lawan ketipu, tentu saja balik itu berlaku bagi yang kurang teliti dan kurang hati2, kemudian kurang praktis, serta tak jarang pula agak lama mencari motor yang cocok dan sesuai keinginan.

Makelar, baru sekali bjr beli motor lewat makelar dan hasilnya, tarraaa, rada mengecewakan (tapi jangan di generalisasi). Sebenarnya makelar mirip2 dengan showroom maupun penjual langsung, seperti lebih praktis, tinggal request motor apa tentu sang makelar akan bergerilya mencari motor yang kita inginkan, enak toh seperti majikan !. kondisi barang pun terkadang sesuai permintaan.
Nggak enaknya tentu ada, seperti harga yang lebih mahal, terkadang juga ngomongnya gonta-ganti jam ini ngomong harga segini, satu sampai dua jam lagi harga bisa beda !. terus ada juga makelar yang asal-asalan jual motor, terkadang juga diganti dulu beberapa partnya, tapi itu nggak semua loh ya, tapi sih kebanyakan, hehehe.
Jadi pilih lewat mana ?, kalau bjr sih lebih prefer langsung ke penjual (pemilik motor) toh sekarang lapak online sudah bisa memudahkan loh ya, bisa dapat harga terbaik, sekaligus sensasi hunting sana sini. Kalau kepaksa pun beli di showrrom juga nggak masalah lebih praktis tentu dengan sedikit mengorbankan harga yang rada mahal.
Makelar ?, ehhhm, nggak papa sih, tapi saran bjr kalau beli di makelar enaknya yang sudah terpercaya seperti teman atau tetangga sendiri, tapi masalahnya teman atau tetangga ada juga loh yang tega makan teman atau tetangga, lah loh , heheheh.
Semoga bermanfaaat

No comments:

Post a Comment