googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Tips Beli Motor Matic Bekas

Tips Beli Motor Matic Bekas


Halo Brosis,
Sebenarnya masih lanjutan dari artikel yamaha mio sporty lalu. Sebenarnya saat hunting motor matic beberapa waktu lalu bjr agak sedikit keder (takut), saat beli motor bekas matic.
Lah kok takut, jelas sekali brosis dibandingkan motor bebek atau batangan, motor matic punya sesuatu yang ditakutkan, yap cvt.
Nggak seperti motor bebek atau batangan yang menggunakan rantai gear untuk menggerakkan roda belakang, matic lebih sulit terlihat karena komponen cvt tak bisa dilihat dan hanya bisa dirasakan, harga untuk gear set dan cvt set pun jauh banget, maklum di dalam cvt ada banyak komponen yang harga totalnya memang nggilani.
Yup beli motor matic bekas, sebaiknya cek beberapa komponen ini

Sebentar sebelum masuk ke komponen, sebelum cek fisik, tentu harus keabsahan surat, sederhana banget sebenarnya, tinggal cek nopol kendaraan ke dipenda provinsi, kalau dicek ada dan terdaftar, jadi motor sah, aman surat2nya.
1.Cek bagian cvt, seperti yang bjr di awal, di dalam cvt motor matic terdapat puluhan komponen yang saling berhubungan, guna mentransfer daya dari mesin. Cek apakah suara cvt kasar, nggak perlu dibuka cukup didengar, jika kasar, bisa dipastikan perlu beberapa perbaikan lebih.
cek cvt, nggak bisa dilihat tapi bisa dirasakan
2. standart tengah, lalu gas, perhatikan putaran roda belakang, jika  ada jeda yang cukup lama/ perlu puntir gas lebih dalam baru roda mulai berputar, dapat dipastikan secondary pulley bermasalah, bisa dari kampas ganda dan mangkoknya yang sudah berumur, atau bahkan yang terparah sliding shave yang harus diganti.
3. cek putaran roda belakang, perhatikan apakah roda belakang geal-geol, jika iya kemungkinan terbesar velgnya bisa jadi retak, peang atau sebagainya, pastinya perlu biaya lebih untuk perbaikan. Sekadar catatan, jangan percaya kepada penjual jika roda belakang geal-geol karena bannya, karena kecil kemungkinan roda belakang geal-geol karena bannya.
mesin jangan lupa, perhatikan bunyi2 aneh
4.  cek mesin, jangan lupa mesin juga perlu diperhatikan, cek dengan cara geber minimal 80 lebih dikit , jika bisa mesin terbilang masih sehat, kalau gas bandang mungkin dari karet vakum karburator yang musti diganti. Jika di rasa tenaga motor serasa ngempos dan kurang bertenaga maka perlu perbaikan lebih, bisa juga kerak di mesin yang menumpuk. Dan jangan sekali-kali beli motor matic yang keluar asap putih bisa dipastikan mesin harus oversize, biayanya pun nggak main2 ya hampir sama dengan cvt.
5. Cek kelistrikan, cek lampu2, cek double stater apakah masih bisa, jika susah pasti aki sudah lemah, untuk matic injeksi perlu diperhatikan lebih untuk sektor kelistrikan khususnya aki, jangan dibiarkan soak, karena injeksi sangat bergantung sekali dengan daya dari aki.
Last, mungkin itu yang bisa bjr bagi tips untuk membeli matic bekas, jangan terbuai dengan barang body mulus, tapi mesin dan cvt bermasalah. Mahal dikit nggak papa yang penting motor kondisi sehat.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a comment