googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Sepele, Tapi Bikin Panik Dan Repot

Sepele, Tapi Bikin Panik Dan Repot

Halo Brosis,
Masih seputaran mio sporty bekas yang baru bjr dapatkan beberapa waktu yang lalu, akan tetapi saat ini bjr ketimpa sebuah masalah. Ya setelah diservis cvt nya beberapa saat yang lalu, selang beberapa waktu kemudian timbul masalah yang sebenarnya sepele.
Saat dipakai oleh nyak dan babe tiba2 ada rembesan oli di dek tengah depan mesin, ya tiba2 saja nyak babe pulang ngrumel , “ ni motor kok belepotan oli di dek”, waduh bjr sudah dak dik duk ser, masah sih bjr dapat motor zonk di dalam.
Mencoba berpikiran positif, bjr standart tengah dan coba gas dan alhamdulillah nggak ada asap ngebul dari knalpot pertanda mesin masih sehat. Kemudian masalah bjr sinyalir ada yang bocor di bagian head sehingga oli muncrat dan merembes ke dek depan.


Ambil kunci2 lalu bongkar dek tengah belakang, dan tararara, ternyata masalahnya sepele masbro, dimana baut yang ada di head kendor sehingga oli muncrat kemana-mana. Posisi baut di head saat bjr cek kendor separuh, loalah ini toh masalahnya.
Lalu coba kencangin baut dengan kunci pas 10, sampai benar-benar rapat, lalu bersihkan dek yang belepotan oli. Serta tak lupa bagian head yang tampak dekil karena belepotan oli bjr bersihkan dengan menyikat dengan dikucur bensin. Tak lupa juga bjr ganti oli yang baru berumur seminggu, hal ini bjr lakukan karena oli yang terbuang lumayan banyak.
Ternyata masalah oli bocor di dek tampak sepele sebenarnya, akan tetapi jika dibiarkan pun pasti volume oli akan berkurang dan menyebabkan mesin overhead, belum lagi cipratan oli yang kemana-mana membuat motor menjadi dekil.
Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment