googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Planger Kotor Kusam, Yuk Semprot Pilox saja

Planger Kotor Kusam, Yuk Semprot Pilox saja


Halo Brosis

Planger atau bahasa kerennya behel (bukan behel gigi), yang menancap di bagian belakang jok memang memiliki fungsi yang sangat memudahkan pengenadara. Bisa berguna untuk menggeser motor di kala parkir, maupun sebagai pegangan buat boncenger.
Tapi tampilan planger/behel yang kusam tentunya nggak enak dipandang mata, mesti secara fungsi tidak mengalami kendala. Hal itulah yang bjr alami di mio sporty yang bjr dapat beberapa waktu yang lalu.
bersihkan, dan keringkan

Bagian tengah paling ujung planger tampak kusam termakan jaman, agak kusam kekuningan. Bentuk behel mio sporty sendiri merupakan salah satu yang terbaik di kelas bebek/ matic dengan bentuk menyerupai huruf V, tapi yang agak di sayangkan memang bahan besi yang dicat silver memang warnanya nggak bertahan lama, berbeda dengan kompetitornya yang setia menggunakan bahan karet keras yang lebih longlasting dan tidak pudar.


Oke deh ambil langkah sederhana untuk mengusir kusam di behel, yaitu dengan cat semprot. langkah pertama yaitu lepas behel dari dudukan motor, lalu cuci dan lap sampai bersih, usahakan jangan sampai ada noda, minyak atau debu. Bisa dicuci dengan air lalu dikeringkan.  
Kemudian , agar hasil maksimal terlebih dahulu behel di gosok dengan amplas kertas gosok. Cukup pakai kertas gosok yang halus saja (jangan terlalu halus), nggak perlu yang kasar.
Gosok sampai rata, terutama permukaan yang kusam, usahakan menggosok rata dan permukaan kasar agar cat menempel maksimal. Setelah itu langsung dah cat, pilih tempat yang untuk menggantung cat, ya agar mudah dan hasil maksimal sebaiknya planger di gantung, kalau bjr sih pilih di gantung di tiang penyangga, (alternatif bisa dengan menggantung dengan tali).
Setelah itu kocok cat semprot terlebih dahulu kurang lebih 30 detik, lalu semprot dah, aits jangan terlalu dekat menyemprot, kasih jarak 20-30 cm dan untuk tahap pertama tipis saja semprot catnya.

Ya lebih baik tipis tapi diulangi 2-3 kali agar hasil cat merata, dan sebisa mungkin hindari langsung mencat tebal karena dijamin hasil nggak maksimal. Bjr sendiri lapisi sampai 3 kali.dengan jeda antar lapisan cat sekira 3-5 menit. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

taraa, rasa seperti baru, ceeen look
Dan finishing atau tahap terakhir yaitu dengan menyemprot dengan pernis, agar permukaan terlihat mengkilap seperti baru. Pernis/ clear bisa pakai merk apapun, bjr pakai suzuka dengan harga cukup terjangkau 27 ribu, semprot pernis secara merata, dan seperti mengecat tipis saja, akan tetapi berlapis, bisa lapisi 2-3 kali, sampai permukaan terlihat kinclong mengkilap.
Untuk tahap terakhir, keringkan dibawah sinar matahari sampai permukaan kering. Dan kemudian siap pasang dah, gimana hasilnya ? tentu saja maksimal tapi masih kalah sama tukang cat profesional, hehehe.
Akan tetapi minimal, behel tak tampak lagi kusam dan enak dipandang, hehehe
Semoga bermanfaat


1 comment:

  1. sebenarnya supaya long lasting mending di-chrome behelnya. tapi kalau dana terbatas ya semprot it's ok buat setahun.

    pegennya sih dilapis karet. tapi belum ada modifikator pelapis karet ke behel/planger yak?

    ReplyDelete