googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Motor Matic, Ngeri Kalo CVT Rusak

Motor Matic, Ngeri Kalo CVT Rusak

Halo Brosis
Motor matic saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, hal itu bisa dilihat dari market share motor mati yang berkali-kali lipat dibandingkan motor bebek apalagi sport.
Salah satu sebabnya adalah kepraktisan, nggak perlu lagi ritual kaki kiri injak injek persneleng, cukup selonjoran tangan kanan betot gas dan jari kanan kiri standby di handle rem motor pun langsung melaju.
Akan tetapi sebenarnya ada hal yang harus dibayar lebih oleh konsumen/ pengguna motor matic untuk kenyamanan dan kepraktisan tersebut. CVT yaitu komponen penggerak roda belakang yang kalau di motor biasa memakai ranta, akan tetapi beda dengan matic yang menggunakan cvt dengan berbagai macam komponen di dalamnya.
Ekstra perawatan
Dari sisi perawatan saja pengguna matic harus ndobel istilahnya ya harus servis/ merawat cvt dan juga mesin, beda ?, tentu saja kedua komponen tersebut berbda. Seperti oli yang juga ekstra untuk oli transmisi/ gardan, ya meski hanya 100ml.
Saat servis pun berbeda perlakuan, servis cvt dan mesin sendiri-sendiri, jadi mbayarnya dobel. Masa ? iya kalaupun beres bisa mengakali biasanya paketan, atau servis komplit yang tentu lebih mahal dibanddingkan motor bebek sekelasnya.

CVT Rusak, kelar dompet lo !,
Meskipun dirawat dan dijaga, yang namanya barang terpakai pasti ada umur penggunaannya (daya tahannya). Begitu pula cvt motor matic ada vanbelt, roller yang wajib diganti maksimal 25 ribu km, ya meskipun roller+vanbelt harganya paling murah Cuma 100 ribuan, tapi ada komponen lainnya loh.


Ada mangkok kampas ganda, kampas ganda, rumah roller, per cvt , sliding shave dan part2 kecil lainnya. Harganya ?, sebagai gambaran kampas ganda beat karbu 110 ribu dengan catatan ITU KAMPAS GANDA ORI MATIC PALING MURAH, tentu motor lain beda lagi harganya. Memang interval penggantiannya lama, tapi ada juga lo pengguna matic yang ogah2 an untuk sekadar servis dan merawat cvtnya.
Lah itu tuh yang bikin tekor, tau2 cvt rusak, dan harus ganti set yang harganya hampir menyentuh satu jutaan. Saat bjr melihara beat dulu, pun bjr siasati dengan nyicil beli satu persatu partnya.
Dibanding motor bebek, tentu jauh sekali, bebek palingan ganti gear set untuk penggantian penggerak roda, ya mentok2 ganti karet tromol yang harganya 20 ribuan, ganti sendiri pun bisa.
Bahkan teman bjr yang pernah kerja di bagian admin bengkel resmi pun geleng2 waktu tahu seluk beluk motor matic, yang harga part cvt katanya bikin mules karena saking banyak dan mahalnya.
Last, memang di setiap kepraktisan dan kenyamanan ada harga yang harus dibayar lebih, mau nggak repot naik motor ya memang motor matic solusinya, tapi nggak mau repot ngerawatnya ya mending numpak jaran ae kari mangani suket, hehehe
Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment