googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Yang Hampir Tidak Ada Di Motor Sport Saat Ini

Yang Hampir Tidak Ada Di Motor Sport Saat Ini


sumber

Halo Brosis
Bicara mengenai motor khususnya segmen sport saat ini memang nggak se- bervariasi jaman dulu. Akan tetapi satu hal yang pasti saat ini teknologi yang disematkan pun tampak jauh lebih baik dibandingkan dahulu.

Disisi lain ada loh beberapa fitur yang saat ini tidak ditemui (ada), seperti pada motor sport dahulu, apa, cekidots :

Lampu Bulat,
Jaman dahulu memang rata-rata motor laki yang beredar di tanah air menggunakan headlamp bulat tengok saja tiger, scorpio megapro, last rx king, thunder, ninja r/ss adalah deretan motor yang menggunakan lampu bulat. Tapi bagi yang demen headlamp bulat silahkan salahkan bajaj yang datang di 2006 akhir dengan pulsarnya yang sukses memaksa pabrikan Jepang di Indonesia untuk berinovasi di sektor headlampnya karena pulsar 180 ug3 saat itu menjadi pioner yang menggunakan headlamp non bulat. Saat ini pun hampir tidak ada yang memakai headlamp bulat tercatat hanya estrella saja yang masih memakai headlamp bulat, itupun tak lepas dari desain retronya.


kangen lampu pesek eh bulat


Double Shock Belakang
Fitur ini pun saat ini juga hampir punah di motor laki saat ini, pasca discontinuenya thunder 125 hanya menyisakan estrela dan verza saja yang setia pakai double shock belakang. Verza sih murni karena motor diperuntukkan buat nguli (kerjo abot/ kerja keras), lalu estrela sudah dari desain retronya. Hampir semua saat ini menganut monoshock untuk bagian suspensi belakang, entah itu monocroos (tanpa link), maupun prolink. Tapi untuk daya tahan double shock memang nggak ada lawan, dan untuk racing2 lok monoshock adalah yang paling depan.

double shock, ehhm mulai jarang
Rem Belakang Tromol
Kalau fitur ini mah tambahi satu lagi, karena disamping verza dan estrella masih ada byson fi yang masih tromol pada bagian pengereman belakang. Kalau verza sih memang pure untuk menekan cost produksi alhasil murah, tapi kalau byson dan estrela masa sih byson yang diatas 20 juta masih tromol ?, sedang estrela yang harganya setara sport 250 cc kok masih tromol juga.

Konsol Analog
lah dosanya pulsar pun ternyata nggak hanya mempunahkan headlamp bulat, tapi juga konsol analog juga, tercatat lagi2 pulsar yang menjadi cambuk untuk memaksa pabrikan jepun menggunakan konsol digital. Dimulai dari kombinasi analog di speedometer dan digital di takometer, lah saat ini 22 nya sudah digital.

Velg ruji (spoke wheel)
Lah ini nih yang juga mulai nggak ada, saat ini hanya verza yang ada versi spoke wheel, sedangkan estrella lagi2 karena desainnya yang memaksa semuanya klasik. Loh klx dtracker kan ruji juga, yups tapi masa iya motor trail pakai velg cw !. jadi kangen tiger dan scorpio tahun 2000 an yang masih jual versi spoke wheelnya, hehehe

yang njendol yang njendol
Tutup Tangki njendol
Dahulu honda yang paling setia dengan tutup tangki model njendol, yang disinyalir juga menjadi penyebab tangki motor sport honda cepet bocor karena kemasukan air, tapi sebenarnya memang plat tangkinya tipiss, hehehe. Dan fitur tutup njendol pun perlahan dilengserkan dan berganti dengan tutup tangki rata. Saat ini verza masih setia dengan tutup tangki njendolnya, begitu juga nmp fi (eh emang masih diproduksi ?), hehehe.

Karburator
Memang masih ada motor karburator ?, ada dong, itu klx yang masih karburator, tapi untuk motor naked atau full fairing sudah tidak ada, line up honda sudah injeksi semua mulai 2013. Motor ber kaburator sejatinya masih dirundikan, karena gampang settingnya, pingin ngacir tinggal reamer atau ganti karbu yang lebih gede, (ah jadi inget jaman kecil dulu,)

Last, memang sesuai perkembangan teknologi jadul di atas perlahan mulai akan ditinggalkan, dan hanya akan ada di motor sport murah macam verza yang memang menonjolkan fungsionalitas, kalau mau sporty, kenceng, gaya bisa tengok motor yang lebih mahal, tapi beberapa saat ini masih ada yang demen fitur jadul di atas macam lampu bulet dan velg spoke.


Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Buseed nmp... nmp... nasibmuuu...

    ReplyDelete
  2. Gan.kalo mw ganti jd monoshock p180ug3.enak nya pake apa ya
    Swing arm nya juga
    Brapa total biaya nya

    ReplyDelete
  3. kalau monoshock bisa pakai satria 120 atau jupiter mx, atau byson

    swing arm, custom mungkin bisa

    ReplyDelete